Cara Sukses Memperoleh Bantuan Dana Dari Venture Capital

Venture Capital

Ada berbagai cara yang dilakukan perusahaan start up untuk mendapatkan pendanaan. Dari sekian banyak cara ada satu yang banyak dipakai yaitu melalui venture capital atau modal ventura. Memang ada banyak pertimbangkan agar bisa mendapatkan dana melalui cara yang satu ini. Lalu bagaimana caranya agar sukses mendapatkan dana dari modal ventura? Simak ulasan dibawah ini.

Cara Sukses mendapatkan Dana Dari Venture Capital


1.     Kunjungi Pameran Start Up
Mengunjungi pameran start up merupakan salah satu langkah penting untuk mendapatkan investor. Alasannya pada acara seperti itu biasanya banyak investor dari venture capital berburu perusahaan rintisan untuk diajak bekerja sama di kemudian hari. Satu hal yang menarik dari acara-acara tersebut adalah adanya sesi tatap muka langsung dengan calon investor. Otomatis Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mencari relasi dan pengetahuan baru tentang bisnis rintisan seperti cara membuat proposal atau membuat rencana bisnis dengan baik.

2.     Siapkan Rencana Bisnis Dengan Matang
Agar dapat menarik investor tentu Anda harus menyiapkan rencana bisnis dengan matang baik dari segi pemikiran maupun proposal usahanya. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ke dalam rencana bisnis. Pertama, proposal yang diajukan memiliki deskripsi lengkap tentang usaha Anda. Kedua, latar belakang serta pengalaman orang-orang yang menjadi tim manajemen perusahaan. Ketiga, pengetahuan tentang pasar seperti persaingan bisnis dan kemungkinan masalah yang dihadapi serta solusinya. Keempat, transparansi keuangan dan cara pemasaran produk  bisnis Anda. Apabila mempertimbangkan hal-hal diatas, Anda bisa lebih meyakinkan calon investor untuk mendukung bisnis yang dijalankan.

3.     Pikirkan Ide Bisnis Unik
Selain menyiapkan rencana bisnis dengan matang, ada faktor tambahan yang juga bisa Anda pertimbangkan yaitu ide bisnis unik. Bukan berarti asal berbeda dengan yang lain, namun juga harus mampu menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat jaman sekarang dan di masa depan. Jadi pikirkanlah sebuah ide bisnis baru yang dapat berkembang dan bertahan di pasaran dalam jangka waktu lama. Dengan begitu calon investor dari venture capital juga akan semakin tertarik untuk memberikan bantuan dana.

4.     Pahami Calon Investor
Memahami calon investor juga merupakan langkah penting agar sukses mendapatkan dana. Anda perlu tahu bagaimana kekuatan keuangan mereka, kemampuan manajemennya, serta timbal balik yang diinginkan. Beberapa hal tersebut perlu diperhatikan agar Anda bisa fokus pada pembahasan tertentu saat melakukan presentasi bisnis.

5.     Gunakan Bahasa Komunikasi yang Baik
Saat melakukan pertemuan langsung dengan calon investor gunakanlah bahasa komunikasi yang jelas dan mudah dimengerti. Cara penyampaian rencana bisnis yang menarik juga akan menjadi nilai tambahan. Selain itu siapkanlah mental terlebih dahulu agar tidak gugup saat pertemuan berlangsung. Jika penyampaian berjalan dengan baik dan lancar tentu investor dari venture capital semakin yakin dengan rencana bisnis Anda.

6.     Tutup Dengan Keputusan Menguntungkan
Setelah melakukan presentasi rencana bisnis, tentu ada tawar menawar dari calon investor dan Anda. Disinilah sebuah keputusan matang dengan mempertimbangkan segala konsekuensinya perlu diambil. Yakinkan calon investor agar dapat memberikan dana dengan jumlah yang menguntungkan untuk bisnis Anda. Selain itu buatlah calon investor tersebut memberikan keleluasaan kepada Anda untuk menjalankan bisnis tanpa campur tangan mereka.

Itu tadi cara sukses untuk mendapatkan bantuan dana dari venture capital atau modal ventura. Salah satu perusahaan modal ventura yang bisa Anda jadikan referensi adalah Convergence Ventures. Untuk lebih tahu tentang Convergence Ventures silahkan kunjungi website convergencevc.com.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)