6 Manfaat Omega 3 yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah


Omega 3 adalah salah satu zat yang diperlukan tubuh untuk tahap perkembangan otak. Ada banyak manfaat omega 3 yang bisa Anda dapatkan dan itu sudah terbukti secara ilmiah. Zat ini bisa Anda dapatkan dari banyak bahan makanan yang terutama adalah ikan seperti ikan tuna, salmon, sarden dan ikan hering. Lalu, apa manfaat dari omega 3 ini sebenarnya? 

Manfaat Omega 3

1. Meningkatkan Daya Ingat
Salah satu manfaat dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak omega 3 adalah daya ingat Anda akan lebih baik. Omega 3 memberikan asupan makanan ke otak yang akan membantu perkembangan membran sel di sistem neurologis otak dan juga jalan sinyal ke otak.Dengan mengonsumsi omega 3 secara teratur terlebih dari usia kecil, memori otak Anda akan lebih baik. Seseorang yang memiliki cedera otak dan mudah lupa sangat disarankan untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung omega 3 ini. Sebab, bahan tersebut bisa membantu perbaikan sel otak lebih cepat.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata
Selain meningkatkan daya ingat, omega 3 juga bagus untuk meningkatkan kesehatan mata. DHA, adalah salah satu tipe dari omega 3 yang Anda kenal selama ini. DHA ini adalah komponen struktural dari retina mata yang jika mata Anda tak mendapat DHA dalam jumlah cukup, maka masalah penglihatan akan mudah muncul.

Dengan mengonsumsi omega 3 lebih banyak, Anda bisa menurunkan risiko gangguan pada penglihatan. Bahkan, dengan mengonsumsinya sedari kecil, akan menghindarkan Anda dari kerusakan mata permanen hingga kebutaan yang terjadi di usia manula.

3. Mengurangi Risiko Kardiovaskular
Selain itu, manfaat omega 3 lain yang bisa Anda dapatkan adalah bisa mengurangi risiko kardiovaskular. Mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 tinggi bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit ini dan juga bisa mengurangi risiko stroke. Selain itu, omega 3 juga bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah juga.

4. Mengurangi Risiko Kanker
Penelitian juga menyebutkan bahwa mengonsumsi omega 3 dalam jumlah yang cukup setiap harinya bisa mengurangi risiko terserang kanker. Hanya saja, tidak semua jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi omega 3 secara teratur. Salah satunya adalah kanker prostat. Oleh sebab itu, baiknya Anda mengonsumsinya secukupnya saja. Tidak berlebihan.

5. Meningkatkan Kecerdasan Janin
Bagi ibu hamil, mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 sangat disarankan karena bisa membantu pertumbuhan otak janin. Omega 3 yang berbentuk DHA bisa membantu bayi memiliki penglihatan yang lebih baik dari bayi yang tidak mengonsumsi DHA dalam jumlah yang cukup.

Selain penglihatan yang lebih bagus, konsumsi DHA dalam jumlah yang cukup juga bisa meningkatkan kemampuan intelijen serta komunikasi dan keterampilan sosial pada bayi. Selain itu, juga bisa mengurangi risiko bayi ADHD dan perkembangan yang lambat.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 yang cukup bisa membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena bisa menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit kronis yang berbahaya juga.

Itulah serangkaian manfaat omega 3 yang bisa Anda dapatkan bila mengonsumsinya secara teratur. Ada banyak bahan makanan yang mengandung omega 3 ini. Beberapa di antaranya ada di dalam ikan tuna, sarden dan lainnya. Namun jangan salah, Blueband yang selama ini Anda gunakan untuk bahan masakan juga mengandung omega 3 yang cukup kok!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)