Opini : Pekerjaan yang Akan Hilang Di Era Industri 4.0


Opini

Banyak sekali opini (Lihat : https://opini.id/community ) berkembang bahwa dengan adanya kecerdasan buatan, itu sama saja akan merenggut pekerjaan Mereka. Benar saja, beberapa perusahaan dan instansi lebih memilih melakukan automatisasi menggunakan robot atau aplikasi untuk menangani berbagai pekerjaan. Hal ini tentu mengancam berbagai pekerjaan yang sifatnya repetisi dan bisa digantikan oleh aplikasi, sebut saja kasir, dimana sistem pembayaran semakin cashless.

Di era revolusi industry 4.0 banyak perusahaan yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menggantikan manusia. Ini berbahaya, jika dulu tenaga manusia di ganti mesin, manusia masih bisa mengisi gap yaitu di kecerdasan dalam berfikir. Namun sekarang, kecerdasan manusia yang bersifat logika dan ketelitian sudah bisa disaingi oleh robot, lalu di sisi mana lagi manusia bisa mengisi gap yang ada?

Pekerjaan yang Akan Hilang Di Masa Depan Karena Kecerdasan Buatan
Karena maraknya kecerdasan buatan yang berimbas pada automatisasi sebuah pekerjaaan. Akan banyak pekerjaan yang hilang di waktu mendatang, terutama yang berhubungan dengan ketelitian, logika, dan bersifat repetisi, hal ini karena aplikasi atau AI lebih murah dan bisa diandalkan.
Berikut adalah beberapa pekerjaan yang diprediksi akan digantikan oleh kecerdasan buatan.

  1. Tukang Pos
Jaman dahulu, orang sering mengirim surat melalui Pos untuk keperluan pribadi maupun melamar kerja. Namun sayangnya, pekerjaan ini lama kelamaan akan hilang karena orang sudah jarang menggunakan Pos untuk berkirim surat. Sekarang banyak yang lebih memilih menggunakan Email ketika berkirim surat, baik untuk keperluan pribadi maupun professional, karena lebih cepat dan gratis.

  1. Penjual Buku
Buku memang gudang ilmu, dan membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang penting. Namun tren jaman sekarang, orang lebih suka men-download e-book secara gratis atau berbayar. Orang sudah jarang ke toko buku karena buku cetak yang mahal. Berbeda dengan e-book yang lebih murah atau gratis. E-book juga lebih fleksibel dibawa kemana saja dan dibaca kapan saja.
  1. Agen Travel
Banyak opini yang berkembang bahwa bisnis ini akan digantikan oleh aplikasi. Dahulu ketika ingin melakukan liburan ke luar pulau atau keluar negeri, kita datang ke agen travel terdekat untuk membantu mengurusi segala keperluan seperti tiket pesawat, booking hotel dan list wisata. Namun jaman sekarang, semua aktivitas booking hotel, tiket pesawat dan lain lain bisa dikerjakan melalui aplikasi.

  1. Teller
Setelah penggunaan ATM (Automatic Teller Machine) menjadi hal yang wajar, nampaknya para pegawai teller bank harus mulai hati hati untuk prospek pekerjaan masa depan Mereka. Dalam 10 tahun ke depan, banyak teller yang akan di gantikan oleh ATM, ATM akan dimaksimalkan penggunaannya. Banyak Bank Bank Eropa yang memangkas pegawainya dan menggantikanya dengan mesin atau aplikasi.

  1. Kasir Toko
Dimasa depan, Kita tidak perlu lagi harus mengantri membayar di kasir apalagi menunggu lamanya kembalian. Diprediksi dimasa depan seluruh pembayaran di toko toko akan menggunakan aplikasi seperti OVO atau cukup scan QR code di label barang dan barang akan di antar. Cara ini sebenarnya sudah ada di era sekarang, dan tinggal menunggu penerapanya secara luas seluruh dunia.

  1. Waiters
Waiters memang menjadi pekerjaan sampingan favorit bagi mahasiswa, dimana mereka bisa bekerja malam hari dan mendapatkan gaji yang lumayan. Namun dalam waktu dekat, pekerjaan ini akan digantikan oleh robot.

Itulah beberapa opini tentang pekerjaan yang tidak akan bertahan lama di masa depan karena akan digantikan oleh robot dan aplikasi. Ternyata adanya kecanggihan teknologi juga menjadi masalah baru bagi sebagian orang ya. Bagaimana pendapat Anda perihal ini?

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)