5 Tindakan Ini Efektif Mencegah Gigi Berlubang


Mencegah Gigi Berlubang

Tidak sedikit orang sudah mengalami rasa sakit akibat gigi berlubang. Rasa sakitnya memang luar biasa hingga menyebabkan malas melakukan kegiatan apapun. Agar tidak merasakannya, perlu upaya mencegah gigi berlubang. Bagaimanakah caranya? Anda dapat menerapkan berbagai tindakan yang efektif ini agar tidak terjadi lubang pada gigi.

1.    Memelihara Kesehatan Mulut
Kesehatan mulut adalah hal pasti yang harus dijaga agar terhindar dari gigi berlubang. Cara menjaganya adalah menggosok gigi secara rutin dan berkelanjutan, yaitu dua kali sehari. Alangkah baiknya, Anda juga menggosok gigi setelah makan. untuk menghilangkan plak dan kehidupan bakteri di dalam mulut, Anda perlu menggosok gigi selama dua menit.

Agar hasilnya efektif, gunakanlah pasta gigi mengandung fluoride dan pakailah sikat gigi yang lembut. Gosoklah gigi dengan cara yang benar dan tidak terlalu keras serta tidak terburu-buru. Hal ini diperlukan untuk menjaga lapisan gigi agar tetap bagus dan sehat. Risiko gusi berdarah akibat menggosok gigi dengan cara yang salah juga dapat dihindari.

2.    Menggunakan Obat Kumur
Berkumur adalah kebiasan baik yang mampu menghilangkan sisa-sisa makanan yang ada di mulut. Tindakan ini memang benar dan sangat efektif ketika dibarengi dengan obat kumur. Anda dapat berkumur dengan obat kumur yang aman dan mengandung zat fluorida.

Berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung fluorida adalah langkah tepat yang efektif demi mencegah gigi berlubang. Berkumurlah selama 10-15 detik dengan obat kumur yang aman agar kuman dan bakteri di dalam mulut mati. Plak akibat aktivitas bakteri dan bau mulut juga dapat menghilang. Dengan demikian, Anda dapat membunuh bakteri di mulut.

3.    Mengurangi Makanan Terlalu Manis
Apakah Anda suka yang manis-manis? Tentu boleh mengonsumsi makanan manis yang menggugah selera, terutama anak-anak yang sangat gemar makan permen, cokelat, es krim, dan masih banyak lagi.

Meskipun demikian, semua makanan tersebut punya kadar gula cukup tinggi dan berisiko menyebabkan gigi berlubang. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi terhadap berbagai jenis makanan dengan kadar gula tinggi. Anda juga dapat mengonsumsi gula rendah kalori seperti sukrosa agar risiko gigi berlubang bisa diminimalisir.

4.    Mengonsumsi Makanan Bergizi
Nutrisi yang baik tentunya mampu menjaga kesehatan tubuh. sama halnya dengan gigi. Kesehatan gigi dapat dijaga dengan nutrisi yang bermanfaat menjaga gigi tetap sehat dan kuat. Optimalkan kesehatan gigi dengan mengonsumsi fosfor, kalsium, serta beragam vitamin, meliputi vitamin A, C, dan D.

Anda diharapkan bisa rutin mengonsumsi makanan yang mengandung gizi tersebut agar gigi tetap kuat. Lapisannya tidak mudah terkikis. Nantinya, berbagai persoalan termasuk gigi berlubang akan mampu dicegah.

5.    Menghindari Merokok dan Mengonsumsi Alkohol
Merokok adalah suatu kebiasaan buruk yang berpotensi menimbulkan beragam penyakit. Zat yang terkandung di dalamnya, seperti nikotin dan tar mampu menyebabkan plak dan mengurangi produksi air liur. Mengonsumsi alkohol juga dapat menimbulkan plak dan merusak struktur gigi yang akhirnya akan mudah terkikis hingga berlubang.

Karena berbagai fakta tersebut, Anda harus menghindari dua kebiasaan buruk tersebut. Keduanya juga berbahaya bagi kesehatan tubuh lainnya. Jika belum mampu secara total menghindari kebiasaan merokok, kurangilah sedikit demi sedikit dan lakukanlah secara konsisten, mengingat dampak negatifnya untuk tubuh Anda.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Slogan ini memang benar adanya. Upaya mencegah gigi berlubang tersebut benar-benar membantu Anda agar terhindar dari derita rasa sakit gigi yang tidak bisa dianggap remeh. Hindari kebiasaan buruk yang berpotensi menyebabkan gigi berlubang dengan mengoptimalkan upaya perawatan gigi.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)