Black Friday, Promo Belanja Minggu Ini Paling Dinanti


Musim diskon belanja yang biasanya seru di akhir tahun mulai terasa saat ini. Pasalnya, promo belanja minggu ini sudah menggoda kita untuk merogoh kocek. Ya, promo itu tidak lain adalah Black Friday. Kamu tentu sudah tahu kan, Black Friday adalah hari belanja Amerika Serikat yang ditetapkan satu hari setelah Thanksgiving?

Black Friday memiliki sejarah yang menarik buat dipelajari, mulai dari alasan penetapannya sampai dengan berbagai kontroversi yang mengikutinya.

Meskipun merupakan turunan dari perayaan Thanksgiving, Black Friday tidak dikenal sejak Thanksgiving ditetapkan sebagai hari libur nasional Amerika Serikat oleh Abe Lincoln pada 1863. Adalah kebiasaan orang Amerika Serikat untuk berbelanja saat hari libur, sehingga pada awal abad ke-20, banyak pusat perbelanjaan (pasar) yang memanfaatkan momen ini untuk menggenjot penjualan mereka.

Musim diskon Amerika Serikat semakin marak di kemudian hari. Presiden Amerika Serikat kala itu, Fraklin D. Roosevelt, melihat fenomena ini sebagai peluang untuk memulihkan ekonomi Amerika yang terkapar setelah krisis 1930 (Great Depression).

Namun, istilah Black Friday belum dikenal saat itu. Banyak orang menyebutnya The Day After Thanksgiving. Istilah Black Friday baru populer pada dekade 1980-an. Kenapa namanya Black Friday? Pertama, karena momen ini dilakukan sehari setelah Thanksgiving (jatuh pada hari Kamis), yaitu pada hari Jumat. Kedua, karena momen belanja ini mampu mengubah catatan keuangan penjual dari merah (rugi) ke hitam (laba). Gimana, sejarah Black Friday lumayan menarik dan bisa buat jadi bahan obrolan baru kamu, kan?

Seiring perkembangan teknologi, Black Friday sekarang tak hanya merupakan monopoli pasar offline. Online marketplace pun tak mau ketinggalan untuk menyemarakkan keseruannya. Kalau dulu Black Friday biasa ada di retailer besar Amerika (misalnya Walmart), kini online marketplace nomor wahid Negeri Paman Sam, Amazon, juga ikut merasakan berkahnya.

Di Indonesia, keseruan Black Friday mungkin belum semeriah di negara asalnya. Kalau tak percaya, coba saja perhatikan berbagai pusat perbelanjaan di sekitar kamu; hingar bingar Black Friday tak terlalu terdengar. Musim diskon di berbagai pusat perbelanjaan Indonesia biasanya baru terasa menjelang momen natal dan tahun baru, bukan sejak perayaan Thanksgiving yang diikuti oleh Black Friday karena Indonesia tidak merayakan Thanksgiving.

Biasanya, Black Friday di Indonesia dirasakan hanya oleh segelintir orang yang terbiasa berbelanja produk dan layanan asal Amerika Serikat. Seorang programmer yang mau beli software atau aplikasi tertentu, misalnya, bisa menggunakan momen Black Friday untuk mendapatkan harga software yang miring.

Tapi bukan berarti kamu tak mampu merasakan keseruannya, lho! Sebab, beberapa merek justru menawarkan promo belanja minggu ini untuk kita di Indonesia. Salah satunya yaitu PlayStation Network (PSN).

Ya, kamu tak salah dengar. Konsol permainan favorit banyak orang ini tampaknya akan menghidupkan keseruan Black Friday di Indonesia. Melalui langkah ini, para pengguna konsol PS4 di Indonesia bisa membeli game dengan diskon yang menggiurkan!


Dengan memanfaatkan event Black Friday, kamu bisa mendapatkan game di PSN dengan harga yang cukup terjangkau, termasuk game paling baru sekalipun. Game God of War, misalnya, bisa kamu dapatkan dengan harga Rp314.400 dari harga awalnya yang sebesar Rp524.000. Padahal, God of War termasuk game yang relatif baru dirilis.

Selain itu, game favorit sejuta umat, FIFA 19, juga diberikan diskon sebesar 30%. Tadinya, FIFA 19 dibanderol Rp852 ribu. Kini, harganya menjadi Rp596.400.

Horizon Zero Dawn juga termasuk permainan yang didiskon. Game satu ini mendapat diskon sebesar 60%. Semula, harganya Rp429 ribu. Sekarang, ia dibanderol menjadi Rp171.600. Mantap betul, kan?

Sony menjanjikan diskon hingga 80% bagi pengguna biasa untuk beberapa judul game yang mereka pilih. Sementara itu, kalau kamu sudah berlangganan PSN, kamu dijanjikan untuk mendapatkan diskon sampai dengan 90%.

Tidak hanya pada game, terdapat add-on dari beberapa game yang ikut diberikan diskon besar. Dengan demikian, pengalaman main game kamu akan semakin asyik, kan? Makin puas deh, berlama-lama di depan layar.

Bagaimana, sudah siap merogoh tabungan demi belanja dengan harga miring?



Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)