Inilah Beberapa Penyebab Perut Kram Pada Wanita Selain Haid

Kram perut yang terjadi pada wanita biasanya selalu identik dengan PMS. Akan tetapi rasa kram pada perut ini pun tidak hanya disebabkan karena datang bulan atau PMS saja. Namun saat para wanita sedang tidak PMS pun juga bisa merasakan kram pada perutnya. Meskipun hal ini sering kali diabaikan para wanita, namun hal ini jangan terlalu Anda abaikan karena bisa jadi hal ini pertanda adanya masalah yang serius yang mengganggu kesehatan Anda.

Kram perut yang dikarenakan datang bulan pada biasanya terjadi 5 hingga 11 hari saat menjelang menstruasi. Namun jika Anda merasakan rasa kram bagian perut dengan masa yang melebihi batas normalnya, maka Anda pun haruslah mewaspadai akan hal ini dengan sebaik mungkin. Sedangkan rasa kram perut yang terasa menyakitkan kemungkinan dikarenakan adanya permasalahan panggul, atau bisa juga penyebab perut kram pada wanita disebabkan karena adanya faktor yang lainnya. 

Penyebab Prut Kram Wanita

Berikut ini penyebab adanya kram perut selain menstruasi, yaitu:

1.       Endometriosis.
Endometriosis merupakan kondisi pada saat jaringan yang melapisi bagian rahim tumbuh dan mengalami penumpukan pada bagian organ lain yang ada di luar rahim. Untuk normalnya, endometrium menebal saat menjelang masa ovulasi berguna mempersiapkan diri supaya calon janin bisa menempel di dalam rahim.

2.       Kista ovarium.
Kista ovarium merupakan kantung kecil yang berisi berupa cairan terbentuk pada ovarium. Biasanya wanita yang menderita penyakit ini akan merasakan kram perut meskipun tidak sedang menstruasi.

3.       Fibroid rahim.
Fibroid rahim merupakan adanya tumor jinak di dalam rahim. Gejala yang dirasakannya yaitu kram perut, sakit pada saat berhubungan seks, kembung, dan adanya rasa tertekan dibagian saluran kemih maupun usus.

Ada banyak sekali penyebab perut kram walau tidak haid yang mana jika memang Anda adalah wanita yang sering kali merasakan kram perut meskipun sedang tidak menstruasi, maka ada baiknya jika Anda tidak mengabaikan hal ini, dan segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika Anda sudah mengenali penyebab perut Anda yang sering kram, maka dapat segera melakukan tindakan sebelum terlambat.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)