Apa Itu Konsep Rumah Islami?

Rumah Islami

Semakin banyaknya pembangunan properti di Indonesia dan semakin banyaknya pengembang yang menawarkan konsep hunian, membuat banyak developer juga harus berinovasi untuk menciptakan hunian diminati masyarakat. Hunian berkonsep islami tentunya menjadi salah satu unggulan para developer belakangan ini. Mengingat Indonesia sendiri merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, tentunya ha ini menjadikan masyarakat islam sebagai pasar yang potensial.

Kini konsep hunian tersebut sedang menjamur di kota-kota besar. Sudah banyak rumah dijual di Jakarta dan sekitarnya yang berkonsep islami. Konsep ini dinilai memiliki pangsa pasar tersendiri. Masyarakat yang tinggal di dalamnya, diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai, aturan, dan prinsip islami yang diajarkan oleh agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari sisi arsitektur juga aktivitas lingkungan di dalamnya.

Bangunan yang dibangun biasanya berkonsep dan mengusung nilai-nilai islami. Bentuk bangunan, transaksi jual beli rumah dan sebagainya dapat membuktikan bahwa konsep islami sangat menonjol. Misalnya, bangunan rumah berkonsep islami biasanya akan dihiasi dengan kaligrafi pada dinding, penempatan musala di dalam rumah, lengkap dengan keran khusus untuk wudu. Posisi tata letak ruangan pun disesuaikan dengan ajaran islam.

Penempatan kloset kamar mandi bahkan dibuat tidak mengarah ke kiblat maupun arah sebaliknya. Bahkan pemilihan furnitur juga dipilih agar tidak terlalu berlebihan namun tetap sederhana. Ini dibuat dengan mengikuti arah ajaran Islam.

Tidak hanya di dalam rumah, dalam perumahan berkonsep islami, hal-hal tersebut juga ditonjolkan dalam fasilitas lain, tidak hanya rumah. Dalam satu lingkungan perumahan misalnya, terlihat adanya Taman Pendidikan Al-Quran atau TPA, musala, dan juga masjid di dalamnya. Jika kompleks memiliki fasilitas untuk berolahraga seperti joging track, lapangan futsal, atau kolam renang, biasanya akan dibuat sedemikian rupa agar tetap menjaga nilai islami.

Dalam lingkungan perumahan tersebut, biasanya masyarakat juga kerap mengadakan kegiatan rutin keagamaan islami. Salah berjamaah, dan aktivitas kegiatan lain seperti pengajian biasanya rutin diadakan. Biasanya, bahkan perumahan ini menerapkan aturan yang melarang penghuni untuk merokok di areal perumahan. 

1 komentar:


  1. wah berita yang sangat menarik sekali, saya sangat suka

    tentang properti, kira kira email saya balik yah,terima kasih.

    Rumah minimalis nya keren banget, saya juga cari disini loh :

    Parkville Serpong

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)