3 Proyek Reklamasi Tersukses Di Dunia

Reklamasi Di Dunia - Semenjak kasus reklamasi Jakarta menjadi polemik dan ramai diperbincangkan kita jadi sering mendengar kata reklamasi. Reklamasi yang merupakan proses pembuatan daratan baru diatas perairan tersebut sudah sukses dilakukan di berbagai negara sebelum reklamasi populer di telinga masyarakat Indonesia.

Berikut ini blogger banjarmasin miftahfarid.com hadirkan 3 proyek reklamasi tersukses di berbagai negara yang aku kutip dari situs online .

1. Reklamasi Singapura
Negara kecil ini telah memperluas wilayahnya hingga 710 km persegi dengan reklamasi. Perluasan wilayah ini dilakukan sesuai dengan Concept Plan pada 2001. Tujuannya, antara lain untuk menambah kawasan perumahan, industri dan rekreasi.

Singapura telah memiliki rencana perluasan wilayah melalui Concept Plan ini hingga 50 tahun mendatang.

Proyek reklamasi dunia yang terkenal adalah Pulau Sentosa. Pulau ini dulunya dikenal sebagai Pulau Blakang Mati yang kemudian digabungkan dengan pulau-pulau kecil sekitarnya. Pulau Sentosa seluas 500 hektar ini menjadi pusat wisata yang menawarkan berbagai macam fasilitas hiburan seperti hotel, taman, villa, dan arena permainan. Beberapa tempat wisata terkenal yang terdapat di pulau ini adalah Madame Tussauds, Underwater World, Dolphin Lagoon, Animal & Bird Encounters, Sentosa Adventure Park, dan Universal Studio Singapura.

Pulau sentosa merupakan salah satu resort yang berfokus pada tema sustainable tourism. Melalui website resmi sentosa.gov.sg dijelaskan 10 poin mengenai sustainability plain di Pulau Sentosa. Beberapa di antaranya adalah menjaga ekosistem alam kawasan pulau tersebut, mempromosikan perilaku ramah lingkungan kepada para pengunjung yang datang, efisien dalam menggunakan energi bahan bakar, melindungi aset heritage Singapura.

2. Reklamasi Dubai
Reklamasi Dunia Dubai Palm Island

Negara yang sukses dengan mengadakan proses reklamasi adalah Dubai, Uni Emirat Arab. Reklamasi Dubai yang pertama adalah Palm Jumeirah. Pulau berbentuk palem di Dubai itu dibentuk dengan reklamasi pantai. Pulau ini diciptakan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum dengan tujuan meningkatkan kepariwisataan di negara itu.

Pulau yang terletak lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia itu menambah sekitar 250 km persegi pantai kota Dubai.
Di balik pembangunan reklamasi, pemerintah Dubai sadar bahwa lambat laun tambang minyaknya akan mengering, sehingga bisnis pariwisata dunia menjadi sorotannya saat ini. Dubai tidak memiliki sumber daya alam yang banyak, maka dari itu ia berani melakukan reklamasi daratan untuk menarik turis asing. Pulau ini menjadi pusat hiburan kelas atas dengan fasilitas yang eksklusif. Setelah Pam Jumeirah, proyek reklamasi Dubai yang masih dalam penggarapan adalah Palm Jebel Ali, Palm Deira, dan The World.

Reklamasi Dubai ini dilaksanakan oleh perusahaan pengembang nasional Dubai, Nakheel Properties. Kegiatan pengurukan dilakukan Perusahaan Belanda bernama Van Oord Dredging, salah satu ahli reklamasi di dunia.

3.Reklamasi Di Jepang
Negara Jepang pernah melakukan reklamasi di Kansai di Kyoto, Jepang. Kawasan reklamsi ini dimanfaatkan sebagai perluasan pelabuhan laut dan perluasan Bandara Internasional Kansai. pembangunan Bandara Internasional Kansai. Reklamasi seluas kurang lebih 500 hektar ini, merupakan reklamasi daratan, yang dibuat lepas dari pesisir pantai. Untuk memenuhi kebutuhan transportasi internasional di negara maju ini, Jepang membuat pulau buatan untuk membangun bandara internasional. Bandara Udara Internasional Kansai terletak di tengah Teluk Osaka. Konstruksi pulau dimulai tahun 1987, butuh waktu yang cukup lama untuk membentuk pulau yang anti gempa di Jepang. Konstruksi bandara dimulai tahun 1991 dan tahun 1994 bandara pun resmi dibuka.

Bandara Kansai telah menjadi alternatif terhadap Bandara Narita bagi wisatawan internasional dari arah Greater Tokyo Area. Per Juni 2014, Bandara Kansai telah memfasilitasi 780 penerbangan per minggu ke seluruh Asia dan Australia, 59 penerbangan per minggu ke Eropa dan Timur Tengah serta 80 penerbangan per minggu ke Amerika Utara.

Nah, demikian info Reklamasi Tersukses di Dunia yang keren banget, semoga menambah wawasan sobat semua.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)