Pasar Terapung Kalimantan Selatan

Wisata Ke Pasar Terapung dengan Blogger Banua dan Kawan dari Blogger Jogja & Jakarta

Rencana ke Pasar terapung berawal dari Nonton bareng final Sepak bola seagames bersama kawan-kawan blogger Banua sekaligus bertemu blogger Jogja yang sedang berada di Kalimantan Selatan. Ditengah obrolan salah seorang blogger Jogja mba Lutfi Retno mengutarakan keinginan besok subuhnya mereka ingin jalan-jalan ke Pasar Terapung. Aku ketika itu mendengar usulan ingin ke Pasar Terapung Kuin langsung meiyaka saja rencana tersebut.


Karena malamnya kita (blogger banua) memang sudah terkumpul di acara nonbar Bpost di Pantai Jodoh jadi merekapun mengiyakan untuk ikut bersama ke Pasar Terapung subuh besoknya, dan sebelumnya bermalam di Rumah Tergaptek.


pasar terapung rumah ayead
Rumah Tergaptek
Pagi jam 5.30 an kita berangkat menggunakan Kelotok dari Kuin, yang ikut totalnya ada 9 orang dari luar kalimantan ada 2 orang yaitu mba Lutfi (jogja) dan Mas Igi (jakarta).
Mba Lutfi - Ayead - Mas Igi




Sedikit unik juga karena aku yang orang Banjar asli justru ini merupakan pertamaku untuk ke Pasar Terapung, Makum gaptek,he.


Suasana pasar terapung ketika kami datang menurutku tidak seramai seperti foto-foto pasar terapung yang kutemukan dari Internet : 


gambar p. terapung hasil searching 1
gambar p. terapung hasil searching 2




2 gambar diatas didapat dari : http://bicarawisata.wordpress.com


Dan ini gambar yang ku ambil sendiri di Pasar Terapung (22 november 2011)
pasar terapung
Pasar terapung pic by Ayead


Semoga saja , pasar terapung tidak akan punah di kota Saribu Sungai ini karena telindas semakin majunya zaman yang membuat orang merasa lebih mudah bila melakukan semua aktifitas lewat darat saja.



Di Pasar terapung kemaren yang paling banyak dijual orang-orang di jukungnya ialah buah-buahan seperti rambutan,pisang, manggis, ramania dll. Puas melihat-lihat di Pasar terapung kita akhirnya mencari makanan. Dan yang tentu dituju kawan-kawan ialah ingin mencicipi yang namanya Soto Banjar. Sensasi makan Soto Banjar ditengah sungai Pasar Terapung merupakan sensasi unik yang hanya bisa kita rasakan di Kalimantan Selatan.


Promosi Gratis euuy di Miftahfarid.com he


Setelah selesai makan, kita pun pulang jam 7.00 pagi Lokasi tempat kelotok kita dari pasar terapung cukup dekat, bahkan kalu jalan kakiku pun bisa ditempuh kok lewat darat, he.


oh iya, selain Pasar Terapung Kuin, di kalsel juga ada pasar terapung lain yaitu Pasar Terapung Lok Baintan yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, Banjar. Namun aku belum pernah kesana sehingga tidak bisa bercerita banyak tentang Terapung Lok Baintan, semoga saja lain waktu berkesampatan ke sana.


Nb : untuk sobat yang ingin ke Pasar terapung muara kuin. Jalan / sarana ke pasar terapung cukup mudah. Apabila sobat ke daerah Kuin di setiap pinggir jalan di kala subuh banyak sekali orang yang menawarkan wisata terapung dengan papan promosi di pinggir jalan. Lewat darat pun juga bisa kok sampai ke pinggiran Terapung.


Budget Untuk biaya ke pasar terapung :
Biaya Kapal (kelotok) = Rp.75.000 - 80.000
Makan di tengah sungai = Rp.15.000 per porsi




Miftah Farid

20 komentar:

  1. Foto hasil serching itu diambil di Lok Baitan. Coba deh perhatiin ukuran dan bentuk kapalnya. Beda kan?

    BalasHapus
  2. wah asik ya, tapi kalu air nya pasang, masih nyaman ga ya ??

    BalasHapus
  3. Kalau mau beli sayur atau kebutuhan sehari hari kita harus punya peahu donk karena pasarnya mengapung dan tidak mungkin jika kita berpindah dari satu perahu ke perahu lainnya ( melompat ) kan bisa dimarahi sama yang punya perahu. Dan satu lagi harus bisa berenang .... bagi yang tidak bisa berenang dilarang berbelanja demi keselamatan sendiri. he ... he

    BalasHapus
  4. Banjarmasin

    Silaturahmi Blogger Banua ke Banjarmasin Post (Kopdar ke 6)

    Blogger Banua

    Seribu Pernak Pernik Ponsel Android
    Seo Paling Awal Paling Penting Paling Gaptek
    Silaturahmi Blogger Banua ke Banjarmasin Post (Kopdar ke 6)
    Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia
    Kopdar Ke 5 Blogger Banua (Kaos Blogger Banua)
    Blogger Banua Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia
    Kopdar Keempat Blogger Banua (Road To Blogger Nusantara 2011)
    Seminar dan Workshop Cyberpreneurship di Iain Antasari Banjarmasin
    Kopdar Ketiga Blogger Banua

    Wisata Kalimantan Selatan

    BalasHapus
  5. Rame banarlah di Pasar Terapung. Salam kenal dari urang Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan : AKHMAD HUSAINI

    BalasHapus
  6. nah yang begini nih berita yang informatif suka sekali saya dengan artikel sprt ini

    BalasHapus
  7. wah unik tuh mesti dicoba...
    kapan kapan ane ksna kayanya..

    BalasHapus
  8. ini nih yang paling ane suka...
    tempat yang unik..

    BalasHapus
  9. sangat informatif dan edukatif,,, saya pribadi terbantu dan tergerak hati saya utk melestarikan budaya "banua" sendiri,,,
    thanks...

    BalasHapus
  10. Pasar terapung menjadi sesuatu yang asik dan menarik

    BalasHapus
  11. Pasar terapung akan menjadikan pengalaman yang berharga

    BalasHapus
  12. kepengen naik perahu,mantaap

    BalasHapus
  13. vote for lok baintan :)

    BalasHapus
  14. enak banget nie gan, klo ada barang yang jatuh langsung ga bisa di ambil, jatuh di air sih...

    BalasHapus
  15. I was lazy to actually go and other people's comments on the web .. but this time I was eager to comment here, after reading his article, go read it!
    ^ _ ^

    bagus, yah.. kalau pasar terapung kaya gini hemat tempat.. haa

    BalasHapus
  16. keren nihh kaya opening di RCTI dulu

    BalasHapus
  17. Keren dah infonya...
    Ada pasar terapung,,, btw itu harga

    BalasHapus
  18. kapan2 ajakin kesana dunk mastah ,,, sekalian traktir ane jalan2 keliling kelsel :v

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)