Investigasi Tergaptek Blog Penerima Job PPP Idblognetwork

Investigasi Tergaptek


Kemaren malam (13 - 4 - 2011) Idblognetwork baru saja mengumumkan perihal job PPP dari Telkomsel Flash Unlimited, rencananya akan ada 20 blogger berkualitas yang telah terdaftar di Ibn yang akan menerima job review tersebut.
Seperti yang diketahui job PPP dari Idblognetwork itu bayarannya sangat tinggi berkisar di Rp.800.000 - Rp.1.200.000 bahkan lebih. Oleh karena itu blogger yang menerima job ini blognya pun  mumpuni, baik dari konten maupun SEO blog tersebut (Trafik, ketenaran dan lain-lain).

Untuk menghindari anggapan negatif di luar sana yang memandang sinis IBN dan mengangap IBN itu pilih kasih, aku akan sedikit menginvestigasi blog-blog yang akan menerima job PPP untuk membuktikan kalau anggapan IBN itu pilih kasih itu SALAH, karena semua blog yang di pilih itu memiliki keunggulan masing-masing dan memang layak mendapatkan job-job dari IBN  bukannya karena dekat / kenal dengan foundernya Ibn.
Sebenarnya yang menentukan pemilihan penerima job / iklan itu bukan berada ditangan Ibn melainkan sepenuhnya di tangan Advertiser, jadi pihan Adv lah yang menentukan.

Investigasi (blogwalking) ke blog yang menerima job PPP Aku beri nama Investigasi Tergaptek biar lebih keren aja, he
Aslinya sebenarnya hanya blogwalking, semoga bisa terus berlanjut setiap ada job.
Dengan kegiatan investigasi ini tujuan utamaku hanya berbagi info saja tidak bermaksud menjatuhkan ataupun menyanjung orang. 

Selain itu kegiatan ini tujuan utama lainnya ialah bersilaturahim dengan blog2 yang baru aku kunjungi.

O iya perlu dicatat karena ini Investigasi Tergaptek, maka aku hanya memaparkan sedikit yang aku ketahui saja,, aku bukan ahli atau master dalam dunia blog,, aku hanyalah seorang blogger GAPTEK. Yang paling bisa dilihat diantaranya ialah Alexa , Trafik, Konten di homepage dan Admin blog itu sendiri.

Investigasi (Blogwalking) Ke Blog Penerima Job PPP Telkomsel Flash (13 april 2011)

1. http://nike.rasyid.net/
Alexa : 84 ribuan
ngeblog sejak tahun 2004,, dari tahun beliau (mba admin) ngeblog , beliau merupakan senior,, sangat sangat senior di dunia blog.

tulisannya keren,,, dari homepagenya ku menemukan banyak tulisan tentang buku / review buku,,pokoknya keren.

(Blogger Palembang :) ikutan kopdar jg di Palembang)

2.http://www.fikryfatullah.blogspot.com/

Alexa :  6,8 jutaan

Dari alexa yang masih 6 jutaan
Beliau bisa dibilang termasuk dalam tipe blogger yang jarang ngeposting dan blogwalking sama kayak blog ini, he he, dilihat dari Arsip beliau yang mennjukan setiap bulannya tidak lebih dari 5 postingan beliau publish (kecuali di bulan pertama beliau ngeblog)


Dihalaman awal (homepage) aku menemukan 2 postingan tentang Telkomsel Flash,  yang itu artinya beliau memang sangat berkompeten untuk me review layanan FLASH.

Di Point 2. ketentuan untuk job ini tertera : " Bahasan harus dilihat dari sisi PENGGUNA produk ini (User Experience)"
Jadi memang beliau layak / memenuhi syarat untuk dapat job ini.

Dari hasil blogwalking ke blog beliau aku menemukan satu sistem komentar yang pertama kali aku lihat , yaitu 'Echo'




3. http://sandyprayoga.com/
Alexa : 270.000 an

(Ikut Kopdar di Palembang)
Isi blognya bagus tentang info komuter dan juga ada cerita kehidupan,, aku tertarik membaca postingan-postingannya


4. http://sanggarseo.blogspot.com/
Alexa : 1,8 Jutaan
Title Blognya seperti berkaitan dengan dunia Perwayangan, tapi kontennya bagus tidak melulu seputar wayang, tetapi ada juga info umum seperti kesehatan dan kumpulan kata-kata menarik

5. http://sutradara-cinta.blogspot.com/
Alexa : 2,1 Jutaan

Walaupun berflatrform blogspot tapi blog ini tampilan keren seperti konsep tampilan di sebuah website portal berita entertainment.
Blog ini termasuk blog yang aktif banget,, postingan dibulan maret- april saja sudah berjumlah 50 an post. Postingan mayoritas berisi info2 dan juga lowongan kerja


6.http://dunianopy.com/
Alexa 3,6 jutaan
Pr : 3

Dari Arsip blog beliau yang menunjukan tahun 2008, beliau juga termasuk senior dalam dunia blog, yang berkomentar di blog beliau punk aku lihat para blogger senior juga.
Membuka blog beliau aku melihat postingan-postingan yang menyejukan jiwa

7.http://ardansyah.blogspot.com/
Alexa : 3, 6 jutaan

Di halaman awal blog ini aku melihat semua postingan hampir berbahasa Inggris, kecuali postingan terakhirnya tentang hilangnya carissa yang menggunakan bahasa Indonesia, dihalaman awal di kuasai oleh postingan tentang Film, diantaranya film Facebook yang tayang tahun 2010 lalu,


8.http://gratistutorial.com/
Alexa : 2,4 Juta an
Blog ini berisi beberapa tutorial, seperti title blognya 'Gratis Tutorial'. di homepagenya aku menemukan berbagai tutorial dan yang paling menarik untuk kubaca ialah tutorial Tips Trik Menaikan Trafik Baru,.







Update :

9.http://uniqpost.com/
Alexa :83 Ribuan
Kalo blog ini gak perlu diragukan lagi, beragam info ada di sana, blognya keren udate bermacam berita selalu ada di sini.



10.anjari.blogdetik.com
Alexa : 960 ribuan
Beliau merupakan salah satu senior blogger di blogdetik, aku sendiri tertarik ikutan membuat blog di blogdetik (tergaptek.blogdetik.com) setelah membaca postingan-postingan beliau.
(Kopdar Jakarta)


11. anakkrim.info
Alexa : 1,2 juta
Tidak banyak yang dapat kuterawang dari blog ini,, tapi isinya keren NO COPAS,,,
jadi tidak ada alasan blog ini tidak layak menerima JOB IBN


12. rusabawean.com
Alexa : 600. ribuan
Pr : 4
Dilihat dari Arsip blog beliau sejak 2008, bisa dikatakan beliau termasuk Senior dari postingan-postingan beliau juga kentara banget senioritas beliau dalam ngeblog,, gak kayak aku ini yang tulisannya acak adul,, he
(Kopdar IBN surabaya)



13.http://www.apakabardunia.com/ 
Alexa : 45.000 an 
Jumlah Follower Google Friend Conect :  1.256 
Dari domain namenya beliau bisa ditebak Niche blognya pasti mengenai berita / info-info yang ada di dunia.  Dari alexa yang segitu dan jumlah followernya yang seribuan bisa dipastikan blognya sangat rame dan lumayan berumur .




14.http://daengbattala.com/
Alexa : 400 Ribuan
Nah... untuk blog ini tidak perlu diragukan lagi konsistensi dan kualitas beliau dalam ngeblog. Beliau baru saja pergi ke Hongkong berkat beliau ngeblog Bareng Idblognetwork
(Kopdar Jakarta)


15. http://www.dudioke.co.cc/
Alexa : 69.000 an 
Untuk blog ini tidak ada yang perlu diragukan juga, blog ini kulihat hampir selalu muncul di jajaran pemenang kontes-kontes seo, bisa di bilang nih pakarnya SEO,
Pilihan yang tepat Telkomsel memilih blog ini ,karena postingannya dijamin mantap di SERP.


16. ruanghati.blogdetik.com   
Alexa : 3,8 jutaan.
Dari arsip blog ini ku ketahui blog ini mulai mengudara sejak 2008 (termasuk senior juga) . Tulisan tulisannya menarik untuk dibaca dijamin No copas karena berasal dari pemikiran penulis seputar kehidupan.
 
17.eshape.wordpress.com
Alexa : 1,8 jutaan
Pr : 4
Termasuk Senior juga beliau dalam dunia Blog, tulisannya keren keren, yang pastinya gak mungkin Kopas karena tulisan beliau dari Hati.
(Kopdar Jogja, kalo aku gak salah baca) 
 
18.http://www.muslimah.web.id/
Alexa : 1,4 jutaan
Pagerank : 3
Seperti senior senior blogger lainnya mba yang satu ini juga tidak perlu diragukan lagi dengan hasil tulisan-tulisannya
(Kopdar Jogja, kalo aku gak salah baca) 
 
19.http://topan.web.id/
Alexa : 600 Ribuan
Dilihat dari recent Postnya seh.. blog ini satu niche dengan blogku yg Tergaptek.com , he. Memberikan informasi Teknologi dengan gaya bahasa sendiri. 
 
20. http://dhodie.com/
Alexa : 3,4 Jutaan
Page Rank : 4 
Seperti beberapa blogger di atas, beliau juga bloger senior, Kelihatan dari  aku baca beberapa postingan yang ada di homepage, misalnya :  "Priyadi ngeblog Lagi" dan Postingan beliau tentang "PB 2011"





Sebenarnya yang mendapatkan kesempatan kunjungan dariku job PPP Telkomsel Unlimited berjumlah 20 blog , namun untuk sementara hanya 8 blog beruntung saja yang lebih dulu di umumkan, sisanya 12 lainnya masih dalam tahap Approval Advertiser jadi tunggu saja postingan selanjutnya INVESTIGASI TERGAPTEK dariku .


Dari data nyeleneh diatas dapat aku tarik kesimpulan sedikit yaitu, Pagerank dan atau Alexa Rank tidak terlalu berperan penting untuk mendapatkan job review dari Idblognetwork , Tidak peduli seberapa banyak/ sedikit  visitor blogmu karena kalo ADV di IBN nyari trafik yang tinggi, tentu mereka akan lebih memilih Okezone,Kaskus, atau web-web besar lokal lainnya.

Yang terpenting ialah kualitas dan konten dari blog kita karena IBN memilih blog yang berkarakter , itulah kelebihan blog bisa dekat dengan pembacanya dan efektif untuk beriklan.

Selain kualitas blog Jangan lupakan keaktifan kita di dalam IBN. Misalnya ikut di diskusi / wall Ibn setiap ada penawaran JOB,, tidak perlu memuji atau menjilat ya,, karena yang terpenting aktif di sini maksudnya agar kita tetap uptodate dengan info-info terbaru IBN .

Atau yang terbaru ini ialah acaranya Kopdar dalam rangka menyambut Roadblog Idblognetwork 2011 bulan Mei-juni , kalau beruntung kotanya termasuk dalam Rutenya, sobat blogger wajib ikutan untuk menambah wawasan, Plus mungkin saja dapat job review juga, dari dara diatas beberapa blogger baru saja ikut Kopdar IBN (Mungkin Kebetulan). Dan satu hal yang perlu diingat IBN tidak pilih kasih karena Advertiser yang memilih penerima Job, Ibn hanya menwarkan List-list blog yang mendaftar atau sesuai dengan kriteria. Nah.. agar Ibn melirik kita maka aktiflah di kegiatan yang ada di IBN.


Note : Alexa blog inipun di umurnya yg tepat seminggu ini, tertanggal 14 April 2011 masih diangka 3 jutaan dan PR tentu Masih nol, he. Jadi kalau dibandingkan dengan beberapa Blog diatas, tentu aku kalah telak kalau mengandalkan Alexa dan PageRank kalau bersaing mendapatkan job, walaupun sering aktif,he.
Jadi intinya tetap semangat rekan blogger semua untuk terus meningkatkan konten dan kualitas blognya. Karena blog yang baik, insya Allah akan mendapatkan hasil yang baik pula walau PR dan Alexa masih kurang kayak aku, he.

49 komentar:

  1. he he he ada-ada saja.....
    ====
    keep posting om

    BalasHapus
  2. wes.. apaan ini? ga ngerti hehe

    BalasHapus
  3. ngeri juga nih. ada team investigasi segala. KPK bisa gerah :D

    BalasHapus
  4. Oh begitu yah.... Ckck... Blog saya yng jutaan alexa nya jga bsa dunk... *berharap hehe..
    Klo bsa mas ad info pengunjungnya itu berkisar berapa /hari tiap blog???

    BalasHapus
  5. makasih mas miftah dah mampir di blog aku hehehehe aku disebut senior juga hehehehe .... masih anak bawang mas ....

    makasih yah ...

    BalasHapus
  6. Wow.. sukses aja deh.. aku menyimak aja :D

    BalasHapus
  7. mau belajar dari yang lebih pengalaman....

    BalasHapus
  8. mau belajar dari blogger yang lebih pengalaman, ke TKP lagi mas Gaptek.... :)

    BalasHapus
  9. Paling keren blog sayah...anti terawang :D

    BalasHapus
  10. mantap mas bro...nanti investigasi blogku juga ya...

    BalasHapus
  11. Sorry, yang nomor 7 itu mestinya bukan eshape.wordpress, tapi eshape.blogspot. Saya tidak tau kenapa kok bisa sampe salah tulis begitu.
    Coba cek di http://www.facebook.com/idblognetwork/posts/108146755935656
    Ada ralat dari tim IBN tentang alamat blog wordpress. Hmmm...

    BalasHapus
  12. Salah, maksudnya bukan nomor 7, tapi 17. Nomor urut 9 di pengumuman 20 of 20.

    BalasHapus
  13. Walah, diriku blog pertama kali yg di investigasi tuh :)

    Jadi keliatan nih banyak review buku :D

    Thx ya :)

    BalasHapus
  14. Saya kemarin sempat lihat listnya dipampang di Facebook IBN. Beberapa blog diantaranya banyak yang sudah ndak asing di mata saya.

    Saya tinggal nunggu aja kapan giliran blog saya dapat jobnya, nih Mas Farid. Tapi saya tidak terlalu berharap cepat dapat, lha wong approvenya aja baru 4 hari yang lalu. :)

    Wah, lama tidak berkunjung kesini ternyata sekarang sudah dicustom domain blognya, ya? Selamat dan sukses, Mas earningnya mengalir terus dari blognya. :)

    BalasHapus
  15. @ Hungsin : WAH,,, gak ngerti ya,,, he

    BalasHapus
  16. @ Tongkonanku : kayaknya udah beberapa kali Investigasi / Blogwalking ke sana om :)

    BalasHapus
  17. @ Ciungtips : Iyah,, walau alexa kita sama2 kalah TINGGI ,, tetap semangat sob. kalo pengunjungnya bervariasi tuh,, cuman kan gak etis kalo aku bandingin trafik antar blog,, ada yang puluhan aja perharinya sampe yang ribuan.

    @Ruang hati : sip,, sama2 om,, beuh ini neh,, senior yang ngaku anak bawang :)
    he,. salam kenal om.. makasih jg dah mampir ke blogku :)

    @Pradisz Wardhana : Sip,, salam sukses sob,

    @ Tuan Muda Kalsel : selamat belajar sob, sama2 belajar kita beimbayan,, he

    @ Belajar Melihat dunia : ,, sip,, sudah tuh om,, he

    @Bukan Detikcom : wkwkw.. iyah,, bingung juga mau komen apa tentang blognya ,, jadi keseluruhannya keren Om postingannya :)
    \
    @ Abied : Iya, makasih banyak om infonya,,, di IBN memang udah ada perubahan,, plus ada 2 blog yang batal dan digantikan blog lain,,

    sayang sekali aku belum sempat edit postingan di atas, makasih infonya Om

    @ Nike : he he,,, iya mba,,, nomer satu neh,, pembukaan yang indah,, karena pertama buka blog2 yang dapet job lansung buka blognya mba :)

    @ Joko sutartu : kebalikanya dengan ku om,,, karena terbiasa hanya blogwalking di sekitar area niche ku,, maka banyak yang sama sekali belum ku kenal,, yah,, berkaT IBN,m jadi bisa banyak nemu ,, blog2 yang keren dan senior,

    Kalo diptara.com itu mah,, tinggal tunggu waktu dan keberuntungan aja om,, karena kalo bicara kualitas tulisan., dua jempol buat OM,....

    BTw.. andai Blogernas / Om widodod (Kometral )ikutan IBN,, gimana ceritanya ya om???

    he he
    Iya om udah ganti domain :)..
    dulu waktu mampir terdampar di diptara ,, masih memakai yg domain blog satunya ayead.blogspot.com

    Dulu ku ingat banget,, awal2 mampir di blog om pun aku berkomentar tentang Idblognetwork,, waktu ada debat sengit di kolom komentarnya om ,, he

    @Bacaanmu - Andree Arief Pratama : Sip,, makasih ya sob,,,

    BalasHapus
  18. Tepat sekali. idBlogNetwork memang fokus ke Blog yang berkualitas dan passion dalam menulis Blog.

    BalasHapus
  19. aduh, jadi malu dudioke di review sampe segitunya.. hehe.

    BalasHapus
  20. mas ayead jga dulu suka bkunjung ke blogernas,ama om widodo + om rame ... Ckckckkc dulu jga saya suka kesana heheu

    BalasHapus
  21. blognya selalu ramai komentar ... numpang tenar ahh.

    BalasHapus
  22. wah blog berkuallitas semua nih,,mantap,..

    BalasHapus
  23. wew ada Rusa juga
    makasih ya reviewnya

    etapi Rusa bukan senior lohhh :)

    BalasHapus
  24. @ Setyo Budiyanto : Iya pak,, IBN memang top, tapi aku masih bingung juga pa dengan definisi Blog yang berkualitas dan PASSION dalam menulis, karena byak juga blog yang isinya tentang info2 terbaru yg ditulis Ulang, sama seperti beberapa tulisan saya di Tergaptek.com apa itu juga termasuk blogger yang passion dalam menulis di blog?
    Makasih banyak pak SEtyo sudah mampir ke blogku,, oh iya, aku jg salah satu Mobile Blogger, yang kebanyakan waktu onlineku hanya melalui HP.

    @ Om Dudioke : Wah,, emang bener om,, blognya itu udah ngeri banget seonya, nangkring PAGE one teruuuusss :)

    @ Ciungtips : Iya om,,. pada awalnya aku berkunjung ke bloggernas, lalu juga tanpa sengaja terdampar ke blognya om widodo tanpa sengaja, karena beliau pernah posting tentan blogku dan juga om rame di dalam postingannya,,,
    Iyah blognya semua seru,, semua berisi tulisan2 yang benar2 dari diri mereka, ku suka gayak mereka menyampaikan opini lewat postingan mereka yang terkadang bisa nyeleneh dan bener2 gila,,he he.

    @ Pejantan Tanggung : Makasih banyak om dah mampir :)

    @ Se-Masa : SIppp semua member IBN memang berkualitas kok, :)
    makasih dah mampir,, salam kenal :)

    @ Rusa : Jujur sob, pertama ke blogmu membaca tulisan2 disana aku mengira adminnya itu senior alias sudah berumur lumayan., tapi ternyata adminnya masih muda,,. keren kereeeenn bgt tulisannya :)

    BalasHapus
  25. Hmmm . . . Jadi tetep tergantung Advertiser juga ya . . .
    Kalo Blogku masuk kualifikasi layak dapet Job apa ga ya Mas . . . :D hehe . . .

    BalasHapus
  26. Sungguh keberuntungan diberi kesempatan menjadi member IBN, walaupun blog belum layak dapat job review masih ada yang lebih berharga lagi bagi blogger newbie seperti saya, yaitu belajar dan belajar untuk menjadi blogger yang menghasilkan karya positif dan berkualitas.

    BalasHapus
  27. @ Ann : Thanks Om

    @ Blajar Gratis : Yuu gabung

    @ Miftahur : Iyah,,, tergantung advertiser yang nentuin blog mana yang dapat, advertiser yang milih .

    @ Arjuna : iyaaaaa sob,, setuju banget ,, dengan Gabung IBN kita bisa jadi kenal dengan rekan2 blogger2 lain serta bannyak bisa belajar :)

    BalasHapus
  28. Cari2 referensi lagi pak. habis mampir dari investigasi ke 2. Setelah baca 2 investigasi dari pak Miftah, bener juga ya nih .. "Content is the King" :D

    BalasHapus
  29. mas bisa g ya daftar ibn tanpa domain tld,makek subdomain blogspot gt

    BalasHapus
  30. hallo..salam sukses..

    numpang share ya..
    jual lampu sehat
    kunjungi http://lampukesehatanionizer.weebly.com

    tq gaan..

    BalasHapus
  31. wah, bagus bgt infonya...
    thank's mas^^

    BalasHapus
  32. pengen ikutan nih ms bro,, biar bisa bergabung dengan IBN

    BalasHapus
  33. blogku juga kemaron dapat job broo... kayaknya kalo gak salah mengenai simpati opera ini dan whats app... makasih reviewnya yah bro..

    BalasHapus
  34. pengen banget nih ikut IBN.. namun visitor masih dikit banget...

    BalasHapus
  35. makasih, semoga bisa bergabung dengan IBN.

    BalasHapus
  36. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  37. terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)