Keuntungan Membangun Rumah dengan Bahan Bangunan Go Green

 

Bahan Bangunan Go Green
https://pixabay.com/id/photos/ladang-hijau-meadows-alpine-village-5599940/

 Saat ini kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan semakin tinggi. Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh isu pemanasan global yang semakin sering diperbincangkan dan dampaknya mulai terasa di lingkungan. Maka dari itu, dalam bidang properti saat ini sudah banyak para ahli yang mulai membuat bahan bangunan go green

Material go green lebih ramah lingkungan serta lebih sehat untuk para penghuni rumahnya. Beberapa contoh material go green antara lain bambu, batang jerami, hempcrete, ashcrete dan masih banyak lagi. 

5 Keuntungan Memilih Bahan Bangunan Go Green

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika membangun rumah dengan bahan bangunan go green. Beberapa diantaranya akan dibahas berikut ini. 

1. Mampu mengurangi dampak kerusakan pada lingkungan

Salah satu keuntungan membangun rumah dengan material go green adalah Anda turut andil dalam pelestarian lingkungan. Penggunaan material go green bisa mengurangi dampak kerusakan terhadap lingkungan baik pencemaran tanah, air maupun udara.

Meskipun bisa dibilang langkah ini merupakan satu langkah kecil untuk lingkungan, namun jika diwariskan pada anak cucu bisa menjadi budaya yang baik berkelanjutan. Sehingga mampu memberikan dampak yang positif kepada lingkungan di masa depan. 

2. Bahan bangunan go green lebih kuat dan tahan karat

Bahan bangunan go green, salah satunya yaitu atap baja ringan rupanya memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan asbes ataupun seng. Beban yang bisa ditahan material ini hingga mencapai 100kg. Hal ini disebabkan karena adanya gelombang mikro pada permukaannya sehingga mampu menambah kekuatan serta fleksibilitas pada atap jadi lebih kuat.

Tidak hanya kuat, atap baja ringan juga tahan karat sehingga sangat cocok digunakan pada wilayah tropis yang memiliki kelembaban udara tinggi. Selain itu, atap jenis ini juga telah lulus uji sebagai bahan bangunan yang bebas racun dan dapat didaur ulang. Itulah mengapa baja ringan termasuk bahan bangunan go green. 

3. Terdapat lapisan anti sinar UV

Bahan bangunan seperti baja ringan dapat memantulkan sinar matahari kembali sebab mempunyai lapisan anti sinar UV. Dengan demikian, penggunaan baja ringan sebagai atap rumah Anda mampu mencegah sinar UV masuk dan mampu menurunkan suhu hingga 30% di luar ruangan. Dengan begit suhu dalam ruangan tidak akan terpengaruh oleh suhu di luar. 

4. Hemat waktu dalam pemasangannya

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan bahan bangunan go green adalah lebih hemat waktu dalam proses pemasangannya. Hal ini disebabkan karena proses memasangnya yang cukup mudah. 

Rumah dengan desain yang ramah lingkungan relatif lebih mudah dan cepat dalam pembangunannya sebab desain rumahnya sederhana namun tetap elegan. Saat proses pemasangan material, ada baiknya Anda memastikan lebih dulu ukurannya sama agar materialnya bisa terpasang dengan rapat sempurna. 

5. Lebih sehat untuk penghuni rumah

Keuntungan utama dari pemilihan bahan bangunan go green yaitu lebih sehat untuk penghuni rumah. Ada banyak bahan bangunan yang rupanya kurang baik untuk kesehatan. Seperti asbes yang bisa mengganggu saluran pernapasan. Material go green lebih ramah lingkungan dan tidak mengganggu kesehatan penghuni rumah. Sebab bahannya telah teruji bebas racun. 

Demikian beberapa keuntungan memilih bahan bangunan go green untuk rumah Anda. Jika Anda tertarik untuk membeli bahan bangunan go green dengan kualitas terbaik, SCG adalah solusinya. Salah satu material go green yang bisa Anda beli yaitu semen SCG PCC. 

Semen ini memiliki daya rekat yang kuat serta rendah penyusutan. Sehingga proses pemasangan batu bata, plesteran, acian dinding ataupun aplikasi beton jadi lebih kuat dan tahan lama. Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, Anda bisa mengunjungi website https://scgcbm.id/


https://www.rumah.com/berita-properti/2020/6/189154/7-material-bahan-bangunan-yang-ramah-lingkungan

https://blkp.co.id/blogs/detail/5-alasan-memilih-material-ramah-lingkungan

https://kumparan.com/solar-kita/5-manfaat-memiliki-rumah-eco-friendly-1qxJjHh2ik3

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)