Mari Kita Pahami Keutamaan Doa Nabi Yusuf

 

Doa Nabi Yusuf

Apakah diantara kamu ada yang pernah mendengar seputar doa Nabi Yusuf? Ya, Nabi Yusuf yang selama ini kita kenal hanya sebagai sosok nabi yang berwajah tampan saja. Padahal, kisah Nabi Yusuf juga tidak terlepas dari beragam doanya yang sangat menginspirasi lho. 

Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan membahas seputar kumpulan doa Nabi Yusuf beserta keutamaannya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Doa Nabi Yusuf Saat Dihadapkan Pada Ujian 

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa Nabi Yusuf dikaruniai oleh Allah SWT dengan wajah rupawan dan postur tubuh ideal. Sehingga tak heran jika pada saat itu banyak kaum perempuan yang begitu tergila-gila dengan sosok Nabi Yusuf, termasuk ibu angkat yang telah mengasuhnya. 

Mengenai kisahnya, kala itu Nabi Yusuf digoda dan dipaksa oleh si ibu angkat agar bersetubuh dengannya. Secara otomatis Nabi Yusuf menolak keras ajakan tersebut dan mengetahui bahwa ini adalah perangkap setan. 

Seketika itu juga Nabi Yusuf berdoa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari godaan setan dan godaan hawa nafsu. Adapun mengenai doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yusuf seperti berikut:

Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihina wa akun minal jahilin

Artinya: “Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

2. Doa Nabi Yusuf Saat Bercermin

Sebenarnya doa ketika bercermin telah dipelajari sejak kita duduk di tempat-tempat pengajian maupun di sekolahan. Namun di usia dewasa, tak sedikit dari kita yang tidak mengamalkan doa tersebut saat bercermin. 

Padahal, Nabi Yusuf selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT ketika dirinya bercermin. Doa ini memiliki makna agar tampilan yang rupawan diimbangi dengan akhlak yang baik pula. Selain itu, doa Nabi Yusuf saat bercermin juga bermakna bahwa kita bisa meminta kebaikan akhlak dan paras rupawan. 

Lantas, seperti apakah bunyi doa Nabi Yusuf ketika bercermin? 

Allahumma kamaa hassanta khaliqii fa hassin khuliqi

Artinya: “Ya Allah sebagaimana Engkau telah cipatakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

3. Doa Nabi Yusuf Agar Selalu Dicintai

Banyak kalangan Muslim yang beranggapan bahwa doa Nabi Yusuf ini agar seseorang bisa mendapatkan wajah rupawan, sehingga akan menimbulkan rasa cinta pada siapa saja yang memandanginya. Berikut doa Nabi Yusuf yang bisa kita amalkan:

Allaahumma ‘aini nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhubbunii mahabbatan

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum dan mempunyai rasa cinta kasih kepadaku.”

4. Doa Pengasih Nabi Yusuf

Iz wala yusufu li ‘abi ya abati inni ra ‘aitu ahada ‘asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra ‘aituhum li sajidin

Artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: “wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku”. 

Lalu, apa makna dari doa Nabi Yusuf tersebut? Didalam Al Quran surat Yusuf ayat 4, Allah SWT telah berfirman perihal mukjizat Nabi Yusuf. Lebih ringkasnya lagi, doa tersebut dapat diamalkan sebagai bentuk doa pengasih Nabi Yusuf. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)