Apa Arti Insecure: Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Apa Arti Insecure

Jika disimak, saat ini penggunaan istilah insecure semakin marak digunakan, terutama di kalangan anak muda. Ya, anak muda yang baru berada dalam tahap pencarian jati diri dan membangun mental memang berada dalam kondisi yang cenderung labil. Namun, apa arti insecure sebenarnya?

Tentu, perlu diketahui bahwa sebenarnya kondisi mental yang berubah-ubah, rasa tidak aman yang muncul dan lainnya merupakan hal yang wajar. Kondisi tersebut bisa muncul pada siapa saja termasuk orang dewasa sekalipun.

Hanya saja, memang, perlu memahami makna insecure sebenarnya agar nantinya masalah ini bisa diatasi dengan baik. Penasaran apa yang dimaksud dengan insecure dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Insecure

Secara umum, insecure merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini diartikan sebagai perasaan yang tidak aman yang cukup lazim dialami oleh manusia. Selain itu, istilah ini cenderung cukup general dan tidak secara spesifik menyebut pada kondisi emosi tertentu. 

Dalam beberapa kasus, insecure cenderung dekat dengan perasaan bersalah atau malu. Banyak orang yang merasa insecure diliputi dengan rasa kesakitan dan ketakutan yang teramat tinggi hingga mengganggu kepercayaan dirinya. Hal inilah yang menjadi sumber seseorang yang merasa insecure cenderung menutup diri dan memerlukan privasi yang lebih.

Penyebab Seseorang Merasa Insecure

Ada beberapa hal yang dijadikan penyebab kenapa seseorang merasa insecure. Bisa dikatakan bahwa sebab tersebut berkaitan dengan faktor internal diri sendiri dan juga faktor eksternal.

Adapun beberapa hal yang menjadi sebab munculnya insecure adalah sebagai berikut:

1) Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Salah satu sebab umum kenapa insecure muncul adalah kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Ketika hal ini dilakukan, maka akan muncul banyak kekurangan pada diri sendiri dan melihat kehidupan orang lain yang lebih menyenangkan.

Kondisi ini tentu tidak baik untuk kesehatan mental. Selain menyebabkan insecure, kebiasaan ini akan menjauhkan diri dari sifat bersyukur. 

2) Terlalu sering mengakses media sosial

Media sosial menjadi dunia baru hari-hari ini. Banyak informasi baru yang tersedia bahkan tiap detik. Hanya saja, mengakses media sosial terlalu sering sepanjang hari bisa memberikan dampak yang buruk, termasuk insecure.

Pasalnya, ketika mengakses media sosial tersebut akan tampak beragam momen menyenangkan yang dinikmati oleh orang lain. Dari hal tersebut bisa muncul perasaan kecil dan merasa bahwa diri sendiri banyak memiliki kekurangan.

3) Overthinking 

Sebab lain dari insecure adalah overthinking atau berpikir secara berlebihan. Memang, membayangkan sesuatu merupakan hal yang diperbolehkan. Namun, dalam kasus overthinking, bayangan yang muncul cenderung mengarah pada hal yang negatif. Tidak hanya itu, bayangan masa lalu pun juga bisa muncul.

Kondisi di atas bisa memunculkan kesan penyesalan pada diri sendiri dan mengutuk kondisi saat ini. Jika tidak ditanggulangi, hal tersebut tentu akan berbuah menjadi insecure.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi sebab insecure muncul. Tentu, Anda bisa melakukan refleksi apakah Anda termasuk yang melakukan hal-hal di atas.

Cara Mengatasi Insecure

Insecure bukan hal yang tidak bisa diatasi. Asal ada kemauan dari diri sendiri, masalah ini bisa diatasi dengan baik dan mudah.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi insecure yang muncul. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Menuliskan kata positif di tempat yang mudah dilihat agar menjadi motivasi tambahan

Bergaul dengan orang-orang yang memiliki pandangan positif

Mengurangi akses media sosial

Berkonsultasi dengan ahli jika diperlukan 

Menghindari sumber-sumber yang menyebabkan insecure

Demikian beberapa hal tentang apa arti insecure dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)