Pertanian Sumbang Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Simak Tips Mengembangkan Sektor Pertanian Indonesia

 

Sektor Pertanian Indonesia

 

Tahukah kamu jika sector pertanian menyumbang pertumbuhan perekonomian di Indonesia urutan nomor 2 loh? Bukan tanpa alasan sector pertanian dapat menjadi salah satu penyumbang perekonomian terbesar di Indonesia.


Indonesia memiliki daerah yang sangat luas dengan ribuan pulau dan juga daerah pertanian yang ada. pertanian menjadi salah satu mata pencaharian yang banyak dilakukan di Indonesia loh. 


Sector pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional dan daerah karena sector pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk para masyarakat, mengentaskan kemiskinan, penyedia lapangan kerja, dan sumber daya yang sangat penting. 


Namun, masih saja ditemukan kesalahan dalam pengolahan sector pertanian ini dimana kebanyakan hasil kekayaan alam akan terkuras untuk keuntungan pribadi bukan dibudidayakan dengan baik yang menyebabkan terganggunya proses pengolahan dalam sector pertanian. Nah mari simak tips berikut ini untuk meningkatkan sector pertanian yang ada di daerahmu seperti yang dikutip dari situs berita terkini!


Tips Meningkatkan Pertanian Indonesia 


1. Intensifikasi hasil pertanian 

 

Salah satu cara untuk meningkatkan sector pertanian adalah melakukan pengelolaan yang baik dalam hal lahan pertanian. Agar dapat mendapatkan hasil pertanian yang bagus maka caranya adalah dengan meningkatkan hasil pertanian di Jawa dan pulau Bali. 

Hal ini disebabkan karena Jawa dan Bali memiliki lahan pertanian yang cenderung sempit. Bentuk intensifikasi pertanian yang dapat dilakukan adalah dengan cara menjalankan program pasca usaha tani yang berlanjut dengan sapta usaha tani. 


2. Ekstensifikasi pertanian 

 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sector pertanian di Indonesia adalah dengan melakukan kegiatan ekstensifikasi pertanian. Ekstensifikasi pertanian merupakan metode meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperluas lahan. 


Bentuk perluasan lahan yang bisa dilakukan seperti membuka area hutan, memanfaatkan daerah sekitar rawa, membuka semak belukar, dan membuka lahan pertanian yang belum digunakan. cara peningkatan ini banyak digunakan di pulau Sumatera karena memiliki penduduk yang jarang. 


3. Diversifikasi pertanian 

 

Cara lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan sector pertanian di Indonesia adalah dengan melakukan metode Diversifikasi pertanian. Metode ini biasanya memanfaatkan beberapa produksi untuk menghindari ketergantungan pada satu jenis tanaman saja. 


Cara yang disediakan adalah dengan memperbanyak jenis kegiatan pertanian dan memperbanyak jenis tanaman yang terdapat pada satu lahan. Cara ini juga banyak oleh orang-orang untuk meningkatkan pertanian mereka. 


4. Mekanisasi pertanian 

 

Cara lain yang dapat digunakan adalah memanfaatkan mesin-mesin pertanian yang sudah modern. Mekanisasi pertanian sudah banyak diterapkan di luar pulau Jawa terutama pada daerah dengan sistem pertanian yang luas.


Pada mekanisasi pertanian, tenaga manusia dan hewan bukan dijadikan sebagai tenaga pengolah lahan yang utama. 


5. Rehabilitasi pertanian 

 

Cara untuk meningkatkan sector pertanian ini adalah dengan melakukan rehabilitasi pertanian yang dilakukan dengan cara memperbaiki lahan yang awalnya tidak lagi produksi menjadi sebuah lahan yang kembali produktif. 


Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti tanaman yang tidak lagi menghasilkan menjadi tanaman yang bisa menghasilkan. Dapat juga dilakukan pembangunan gudang dan pabrik penggilingan padi dengan harga dasar gabah. 


6. Peningkatan produktivitas dengan teknologi 

 

Cara untuk meningkatkan pertanian di Indonesia ini sudah dipercaya mampu meningkatkan produktivitas sector pertanian di Indonesia. Cara ini dilakukan dengan menggunakan teknologi pertanian tingkat tinggi. 


Dengan adanya teknologi pertanian tingkat tinggi maka seluruh kegiatan pertanian bisa dilakukan daengan mudah serta tidak memakan banyak waktu. Sehingga dengan penggunaan teknologi tingkat tinggi ini maka akan menghasilkan banyak hasil pertanian yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. 


7. Penggunaan bibit unggul 

 

Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia ini adalah dengan cara menggunakan bibit unggul untuk setiap kegiatan penanaman. Dengan penggunaan bibit yang unggul maka sudah bisa dipastikan hasil pertanian akan bagus dan makmur. 


Dengan cara ini maka sector pertanian di Indonesia bisa meningkat lebih lanjut dan memberikan sumbangan yang lebih besar lagi untuk perekonomian di Indonesia. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)