Mengenal Struktur Organisasi Mayora Beserta Tugasnya

 

Struktur Mayora

PT Mayora Indah Tbk atau sering disebut dengan Mayora Indah, merupakan salah satu perusahaan produk industri di bidang makanan. Perusahaan yang didirikan puluhan tahun ini memiliki struktur organisasi Mayora yang menggambarkan peranan dan fungsi setiap manajemen dalam pengelolaan perusahaan. Simak ulasannya berikut. 

Struktur Organisasi PT Mayora Indah Tbk Indonesia

1. Dewan Komisaris

Dalam tatanan struktur organisasi di PT Mayora Indah Tbk, jabatan yang memegang kendali paling tinggi yaitu dewan komisaris. Dewan komisaris disini memiliki tanggung jawab yaitu memberikan saran kepada bagian direksi dalam mengelola perusahaan, termasuk perencanaan dan pengembangan, operasional dan penganggaran, kepatuhan dan tata kelola perusahaan, serta penerapan keputusan RUPST.

Biasanya dewan komisaris dibantu oleh seorang sekretaris dan internal audit dalam memastikan kepatuhan pada peraturan Bapepam-LK dan SEC serta peraturan relevan lainnya. Sementara untuk rapat Dewan Komisaris diadakan sebulan sekali atau setiap saat jika dibutuhkan. Dewan komisaris juga biasanya mengadakan rapat gabungan dengan direksi dua kali dalam sebulan.

2. Audit Committee atau Komite Audit

Setelah dewan komisaris, jabatan selanjutnya sebelum direksi yaitu audit committee atau komite audit. Dalam PT Mayora Indah Tbk, komite audit memiliki tugas untuk mengawasi pekerjaan dari dewan komisaris serta untuk memastikan sistem pengendalian internal perusahaan berjalan dengan efektif. Hal tersebut bertujuan agar tidak terdapat penyimpangan yang dapat merugikan perusahaan.

3. Direksi

Direksi dalam PT Mayora Indah Tbk memiliki tanggung jawab dalam mengurus perseroan, mewakili perseroan baik untuk dalam maupun luar pengadilan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar. Biasanya dalam melakukan tugas, direksi dibantu oleh kepala divisi atau kepala unit organisasi dan staf ahli direksi yang terdiri dari staf ahli utama dan pratama.

Dalam struktur organisasi Mayora, direksi pula dibagi menjadi beberapa bagian yang memiliki tanggung jawab di masing masing bidangnya diantaranya direktur utama, direktur pemasaran, direktur umum personalia, direktur pengembangan produk, bawahan direktur pengembangan produk (manajer teknik, manajer laboratorium, staff project), dan direktur keuangan. 

Sebagaimana yang diketahui bahwa PT Mayora Indah Tbk menjadi salah satu perusahaan penghasil makanan, sehingga tentunya diperlukan orang orang hebat untuk mengurus segala manajemen serta kebutuhan mereka. Sebenarnya tidak hanya tiga jabatan yang disebutkan di atas saja, masih ada beberapa jabatan yang berada di struktur organisasinya.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)