Cara Membuat Pempek Ikan Tenggiri

Pempek

Pempek adalah makanan khas daerah Provinsi Sumatera Selatan, yang berlokasi di Palembang. Makanan ini memang terkenal dan sangat lezat saat di santap. Rasanya yang gurih dan kenyal yang di padukan dengan kuah cuko asam manis pedas membuat pempek ini kaya akan rasa. Untuk sekarang pempek ini sudah banyak terdapat di Kota seluhur Indonesia, dan banyak juga pedang yang menggunakan gerobak keliling maupun pinggir jalan. Dan harganya pun beragam tergantuk penjualnya. Jika kalian yang ingin menghemat kalian juga bisa mencobanya dengan membuat sendiri dirumah, dan caranya pun sangat mudah pasti kalian bisa. Nah disini akan memberikan resep pempek Palembang dengan menggunakan ikan tenggiri.

Untuk bahan yang kalian harus sediakan diantaranya adalah;

1. 600 gram ikan tenggiri yang sudah di haluskan
2. 2 buah putih telor 
3. 3 siung bawang putih
4. 20 gram garam
5. 2 sendok makan gula pasir
6. 400 gram tepung tapioka
7. 350 ml air
8. 2 telor yang kuning yang sudah di pisahkan

Nah setelah bahan bahan itu semua siap maka langkah selanjutnya adalah kalian masukan ikan tenggirinya kedalam wadah dan dicampurkan dengan air. Masukan air sedikit demi sedikit saat di aduk dengan ikannya lalukan sampai airnya habis, aduk hingga merata agar tekstur pempeknya bagus dan tidak lengket. Jika menurut kalian sudah merata maka kalian bisa mencampurkan gula pasir, garam , putih telor. Kenapa menggunakan putih telor saja? karena agar warna pempeknya terlihat warna putih tidak kekuningan. Nah lalu jika sudah di gabungkan aduk hingga merata lagi agar semua bahan tercampur. Lalu jika sudah merata dengan baik selanjutnya masukan tepung tapiokanya sedikit demi sedikit dulu, agar saat mengaduknya tercampur dengan rata. Kalian bisa sedikit cicipi agar tahu kurang apa dari adonan itu, barangkali ada yang kurang karena selera orang berbeda beda. Nah jika dirasa sudah cukup dengan tekstur menjadi mengental lalu, setelah itu bentuk sesuai selera kalian, namun karena disini ingin membuat pempek dengan isi telor maka sebelum di rebus kalian masukan dulu kuning telurnya  ke pempek yang sudah di bentuk. Setelah itu rebus pempek hingga mengapung, jika dirasa sudah matang angkat pempeknya dan tiriskan.

Langkah selanjutnya membuat cuko atau kuahnya kalian siapkan bahan bahanya diantaranya

1. 2 liter air bersih
2. 200 gram gula merah
3. 100 gram bawang putih yang sudah di cingcang
4. 50 gram cabai yang sudah di haluskan
5. 40 gram air asam jawa
6. 1 sendok makan ebi kering bubuk
7. 1 sendok makan cuka
8. 1 sendok makan garam

Nah untuk cara membuatnya pertama kalian sediakan paci yang berukuran sedang lalu isi dengan air, masak air hingga mendidih. Setelah itu masukan gula merah, asam jawa nah aduk sampai gula dan asam jawanya larut. Setelah larut baru masukan bahan selanjutnya yaitu bawang putih, ebi kering, cabai rawit yang sudah di haluskan, dan garam. Aduk terus hingga merata rasakan dan sesuaikan dengan selera kalian, jika terasa ada yang kurang masukan bahan yang menurut kalian kurang. Nah setelah itu jika sudah tercampur merata, angkan dan tiriskan terlebih dahulu lalu saring cuka agar tidak ada ampas dari cabai rawit itu.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)