Apa Saja yang Bisa Ditangani Oleh Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Paru di Jakarta Selatan

Pulmonologi Jakarta Selatan

Ibukota merupakan kota yang selalu ramai dengan aktivitas penduduknya. Bahkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan polusi udara tertinggi di dunia karena sistem transportasi hingga limbah asap pabrik. Kondisi ini menyebabkan banyak orang mengalami penyakit pernapasan atau paru-paru. Bukan hanya karena polusi udara saja, namun juga karena kebiasaan buruk orangnya yaitu merokok atau dekat dengan asap rokok, menambah banyak pasien paru di Jakarta. Tetapi untuk membantu masyarakat mendapatkan pengobatan yang tepat, Jakarta juga telah memiliki banyak dokter spesialis paru dan kedokteran pernafasan yang tersebar di berbagai pelosok. Dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi paru di Jakarta Selatan misalnya, telah bisa Anda temui dengan mudah baik di rumah sakit besar, klinik maupun praktek dokter spesialis.

Apa saja yang menjadi fokus dari dokter spesialis paru dan pernapasan? Seperti diketahui bahwa paru-paru merupakan organ saluran napas yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Paru-paru letaknya di rongga dada bersama dengan organ penting lainnya yaitu jantung. Jika saluran napas terasa sakit, maka sakitnya akan terasa di bagian rongga dada. Meski begitu dokter spesialis pulmonologi bukan hanya bisa mengobati paru saja namun juga saluran napas atas seperti tenggorokan atau bronkus.

Secara lebih spesifik, berikut ini adalah beberapa kasus yang bisa dirawat lebih spesifik oleh dokter spesialis paru dan kedokteran respiratory:

Penyakit paru-paru interstitial yaitu penyakit paru yang disebabkan radang paru dan jaringan parut pada paru.
Penyakit paru akibat sel kanker, dan penyakit pada pleura.
Penyakit paru akibat kelemahan otot.
Penyakit paru akibat tersumbatnya saluran pernafasan.
Transplantasi paru akibat jaringan yang sudah rusak atau mati.
Sleep apnea.
Gangguan struktural pada paru.
Gangguan infeksi oleh bakteri, kuman, virus, parasit atau jamur.
Gangguan neoplastik.
Gangguan pembuluh darah paru.
Asma.
Batuk kronis.
Terpapar racun berbahaya.
Emfisema.
Pnemonia.
Edema paru.
Dsb.

Organ paru yang merupakan organ vital membuat penanganan pada masalah paru harus ditangani dengan segera. Dalam melakukan tugasnya, dokter spesialis paru dan pernapasan dapat menggunakan test sesuai yang dibutuhkan untuk diagnosa maupun pengobatan. Berikut ini adalah beberapa prosedur test yang bisa digunakan oleh dokter spesialis paru dan pernapasan:

Tes darah.
Tes gas darah arteri.
Rontgen dada.
Pemindaian tomografi terkomputasi.
Tomografi emisi positron.
Spirometri.
Tes fungsi paru-paru.
Bronkoskopi.
Biopsi pleura.
Biopsi endobronkial.
Biopsi transbronkial.
Polisomnografi.
Terapi oksigen.
Operasi.
Lobektomi.
Transplantasi paru.
Thorakosentesis.
Dsb.

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta Selatan dan membutuhkan konsultasi untuk masalah kesehatan di rongga dada, Anda bisa datang ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu. Jika dibutuhkan dokter akan memberikan rujukan untuk menemui Dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi paru di Jakarta Selatan. Untuk menemukannya, Anda bisa mencari di rumah sakit besar Jakarta Selatan seperti RS Pusat Pertamina, RS Prikasih, RS Zahirah, RS Medistra, RS Tebet dan lainnya. Anda juga bisa menuju klinik kesehatan yang memiliki poli dokter spesialis paru dan pernapasan. Dokter spesialis juga bisa memiliki tempat prakteknya sendiri yang bisa Anda kunjungi sesuai dengan jadwal praktek masing-masing.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)