Mau Sehat Yuk Ikuti 7 Langkah Cuci Tangan Yang Benar

Saat makan masih banyak masyarakat Indonesia yang memilih menggunakan tangan dari pada memakai alat bantu semisal sendok dan garpu, untuk itulah kebersihan tangan harus terus dijaga dengan mencuci tangan sebelum makan. Namun sudah tahukah kalian ternyata untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada 7 langkah cuci tangan yang harus dilakukan sebelum dan sesudah makan. 

7 Langkah Cuci Tangan

Sebenarnya cuci tangan baiknya bukan hanya dilakukan saat sesudah dan sebelum makan, namun dilakukan secara rutin sebelum melakukan berbagai aktifitas, pasalnya dengan mencuci tangan secara rutin merupakan Salah satu cara pencegahan penyakit yang disebabkan infeksi kuman. 

Memang terdengar sepela namun sudah banyak penelirian yang mengatakan mencuci tangan secara teratur dapat menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan, sampai penyakit serius yang bersumber dari infeksi kuman.

Mencuci tangan haruslah dilakukan dengan cara dan langkah yang benar, bukan hanya sekedar mencuci dengan mengguyurkan air ke tangan saja, karena ini masih menyisakan kuman dan bakteri pada tangan.

Menurut WHO Cuci tangan yang benar adalah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir dengan 11 langkah-langkah, namun untuk 11 langkah ini bisa dirangkum dengan 7 langkah cuci tangan yang benar agar terhindar dari berbagai infeksi kuman yang dapat menyebabkan penyakit, agar lebih jelasnya ikuti langkah berikut ini:

1. Basahi tangan dengan air mengalir.
2. Gunakan sabun antibakteri. seperti Lifebuoy Hand Wash karena efektif untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit.
3. Gosok-gosok tangan hingga sabun mengeluarkan busa.
4. Ratakan sabun dan gosok tangan setidaknya selama 20 detik. Ingatlah untuk menggosok semua permukaan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, antara jemari, dan di bawah kuku.
5. Bilas tangan hingga tak ada busa sabun yang tersisa.
6. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu kering.
7. Matikan kran dengan siku tangan atau handuk agar kuman yang mungkin menempel pada kran tidak mencemari tangan yang sudah bersih.

Kita sering melupakan bahwa sebenarnya tangan adalah sumber dari berbagai penyakit karena tangan merupakan salah satu tempat atau sarang dari berbagai macam kuman, karena berbagai macam aktifitas sehari-hari kita lakukan pasti menggunakan tangan, untuk itulah kebersihan tangan mutlak harus dijaga.

Mencuci tangan dengan 7 langkah cuci tangan haruslah menjadi suatu kebiasaan yang sering dilakukan, baik itu dilakukan ketika selesai bermain diluar atau didalam rumah, setelah membuang sampah, setelah dari toilet, sebelum dan sesudah makan, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk membersihkan dari segala kotoran yang yang melekat pada tangan dengan menggunakan sabun dan air yang bersih, serta gunakan tisu atau handuk untuk mengeringkannya..

Air bersih yang harus digunakan dalam 7 langkah cuci tangan ialah air yang mengalir seperti air kran, serta sabun yang dapat digunakan untuk mencuci tangan adalah sabun yang memiliki antiseptik atau pun bisa juga dengan sabun biasa seperti sabun mandi baik itu sabun cair atau pun sabun batangan. Akan tetapi dianjurkan untuk menggunakan sabun antiseptik, karena sabun antiseptik memiliki kandungan zat bakteri umum seperti triklosan.

Dengan mencuci tangan dengan 7 langkah cuci tangan yang benar ada banyak manfaat yang bisa diterima, terkhusus adalah menghindarkan dari berbagai penyakit, Ada berbagai macam penyakit yang timbul akibat tidak mencuci tangan setelah beraktifitas, antara lain Flu dan pilek,d iare dan gangguan usus, terinfeksi bakteri E.coli, penyakit kulit, meningitis, hepatitis A, C atau gangguan hati, sampai penyakit cairan tubuh.

Untuk itulah jangan pernah sepelakan urusan mencuci tangan dan yang terpenting lagi jangan sampai malas mencuci tangan yaaa!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)