Berita Dunia Hari Ini Badai Willa Akhirnya Tiba di Meksiko


Berita Dunia Hari Ini

Berita dunia hari ini dari www.matamatapolitik.com kali ini menghadirkan berita tentang badai Willa yang akhirnya tiba di Meksiko. Selasa malam lalu (23/10), pusat badai telah menghantam tepi pantai Meksiko. Angin berkecepatan 195 km per jam ini telah menurunkan hujan badai di sekitaran resor wisata. Dan seperti yang telah direncanakan pemerintah setempat, telah dilakukan evakuasi ribuan penduduk untuk antisipasi dampak badai. Dalam berita dunia hari ini yang dilansir laman web matamatapolitik mengabarkan bahwa, badai Willa adalah sejenis badai berkategori 5 yang berkecepatan maksimal 233 kilometer per jam. Kategorinya akan menurun menjadi kategori 4 setelah menuju dataran pantai utara Meksiko.

Pusat Badai Nasional (NHC) yang bermarkas di Miami melaporkan bahwa badai tersebut akan menyambangi tempat wisata di Nayarit, serta pantai Puerto Vallart di Jalisco. Petinggi Nayarit, Gubernur Antonio Echevarria, menjelaskan bahwa sudah lebih dari 10 ribu penduduk telah dievakuasi. Semua sekolah diliburkan dan ditutup sementara hingga situasi membaik. Peringatan untuk para penduduknya agar tidak meremehkan badai dan berbuat hal-hal yang membahayakan, dikeluarkan.

Sedangkan di wilayah negara bagian Sinaloa, seluruh sekolah mulai ditutup setelah diguyur hujan lebat dengan ketebalan 45 sentimeter.

Dari Reuters, dilaporkan bahwa sebagian besar penduduk Mazatlan mulai mengantre membeli bahan pangan serta bahan bakar di pom bensin setempat. Banyak warga yang melakukan aksi borong barang pokok dan bensin dalam jumlah besar.

Pengindraan satelit sudah menunjukkan bahwa Willa berbelok ke daratan di tepi kota Teacapan, 100 km di selatan resor pesisir Mazatlan, negara bagian Sinaloa. Dan mengarah ke timur laut, dengan kekuatan angin yang semakin melemah. Teridentifikasi, kecepatan angin sudah pada titik banyak 16 kilometer per jam saja.

NHC mengumumkan bahwa badai Willa adalah badai paling kuat yang pernah menghajar Meksiko dari Pasifik, dalam kurun beberapa tahun terakhir. Meskipun begitu, badai ini akan melemah setelah tiba di daratan dan semakin mencapai pedalaman.

Senada dengan otoritas pemerintah setempat, NHC memperingatkan agar penduduk tidak mendekati pusat badai yang relatif tenang. Karena bisa jadi, angin akan mengalami peningkatan tiba-tiba.

Gedung Pusat Konvensi kota Mazatlan ditunjuk sebagai salah satu pusat penampungan sementara dari beberapa ratus penduduknya. Terhitung sudah 182 orang mulai mengungsi ke sana, dan beberapa lainnya yang menyusul jika situasi mulai memburuk.
Ikuti terus perkembangan berita dunia hari ini di matamatapolitik.com untuk berita-berita terkini dan terupdate dari seluruh penjuru dunia.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)