5 Tahap yang Harus Dilalui Pasien dalam Total Knee Replacement


Lutut
Tahukah Anda mengenai total knee replacement? Istilah tersebut dikenal juga dengan penggantian lutut total. Dalam dunia medis, tindakan penggantian lutut secara total dilakukan ketika pasien mengalami kerusakan lutut parah karena berbagai macam faktor. Untuk melakukannya, Anda perlu melalui 5 tahap penanganan medis berikut ini.

1.    Introduction
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memeriksakan kondisi lutut adalah pengenalan atau introduction. Dalam tahap ini, dilakukan wawancara dokter kepada pasien. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi lutut Anda secara akurat. Wawancara tersebut meliputi penyebab kerusakan lutut, kapan terjadinya, penanganan apa yang pernah dilakukan, dsb.

Setelah memperoleh data dari pasien, dokter akan meminta hasil pemeriksaan sebelumnya. Dokter juga kembali memeriksa pasien untuk mengetahui kondisi terkini. Hasil wawancara dan hasil pemeriksaan kemudian digunakan untuk mempertimbangkan penggantian lutut total secara teknisnya, seperti spesifikasi implan, lama operasi, biaya operasi TKR, dll.

2.    Preparation
Setelah mengetahui masalah yang dialami pasien, berikutnya adalah preparation. Dokter mempersiapkan peralatan, tim medis yang akan membantu proses bedah, ruang operasi, memahami catatan medis pasien, dan hal lain yang berkenaan dengan kelancaran operasi. Dokter juga harus mengetahui infeksi ataupun luka kaki jika pasien operasi mengalaminya.
Pada tahap ini pasien dan dokter sama-sama mempersiapkan mental. Kondisi mental yang baik akan mendukung konsentrasi dokter dalam melakukan operasi. Pasien juga lebih siap dan rileks, sehingga mampu berpikir positif karena yakin akan berhasil. Sebelum operasi, pasien dianjurkan untuk menjaga kesehatan.

Pasien diharuskan berhenti makan atau minum setelah tengah malam sebelum operasi dilakukan, berhenti mengonsumsi obat sekurang-kurangnya seminggu sebelum operasi, memastikan tidak mengalami pendarahan atau cedera, dan menghindari suntikan area lutut. Jangan lupa juga untuk memberikan hasil pemeriksaan sinar x.

3.    Procedure
Setelah semua persiapan selesai dilakukan dan sudah tiba waktu operasi, langkah selanjutnya adalah melakukan rangkaian tindakan operasi sesuai prosedur. Pasien akan diberikan tindakan anestesi yang sesuai, kemudian melakukan tindakan operasi sesuai prosedur. Dokter bedah dan tim medis juga berusaha untuk mencegah adanya komplikasi saat operasi.

4.    Recovery
Tahap selanjutnya adalah recovery atau pemulihan pasca operasi total knee replacement. Pasien dibawa ke ruang pemulihan untuk mendapatkan penanganan khusus usai operasi berupa latihan pernapasan, pemberian obat pereda nyeri, pemasangan kateter urin, dan memastikan hilangnya efek anestesi.

Pada umumnya, pasien berada di ruang pemulihan selama setengah jam. Setelah itu, pasien dipindahkan ke ruang perawatan biasa untuk menjalani rawat inap sampai kondisi fisiknya benar-benar pulih. Biasanya, pasien penggantian lutut total menjalani rawat inap antara 3-4 hari dan selama 5-7 hari apabila dua lutut.

5.    Rawat Jalan
Proses selanjutnya setelah selesai masa rawat inap, pasien diwajibkan melakukan rawat jalan secara intensif untuk memastikan normalnya fungsi lutut. Pasien diharapkan melakukan latihan gerak dengan bantuan fisioterapi, menggunakan alat bantu jalan, serta melakukan kontrol rutin sesuai jadwal dengan dokter yang menangani operasinya.

Berkaitan dengan jumlah biaya, memang biaya operasi TKR tidaklah sedikit. Anda masih harus membayar biaya rawat inap, fisioterapi, obat, hingga alat bantu jalan. Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir karena bisa menggunakan jasa asuransi kesehatan.

Setiap tahap penanganan itu perlu dilakukan demi kelancaran proses bedah dalam total knee replacement. Dokter ahli ortopedi siap membantu Anda dengan pelayanan terdepan. Seluruh proses operasi penggantian lutut total dilakukan dengan alat canggih dan sesuai prosedur. Setelah operasi, Anda bisa kembali normal dengan penanganan pasca operasi yang baik.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)