Tips Shopping Hemat Namun Tetap Efektif

Diskon Lazada

Pernahkah kamu mendapati struk belanja dengan total harga yang fantastis? Jika pernah, berarti kamu belum bisa menerapkan gaya shopping yang hemat namun tetap efektif. Shopping merupakan salah satu aktivitas paling menyenangkan, apalagi pasca gajian.  Meskipun kita sudah menyiapkan plan belanja di rumah, namun belum tentu kita mampu mematuhi plan tersebut saat shopping di mall atau supermarket. Ada saja barang yang membuat kita jatuh hati, meskipun barang itu mahal atau mungkin sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Nah agar terhindar dari shopping yang boros dan tidak efektif, baca deh beberapa tips shopping hemat namun tetap efektif berikut ini.

Pintar-pintarlah Menawar
Kebanyakan orang menganggap bahwa hanya penjual saja yang memiliki bargaining position atau posisi tawar, padahal pembeli ‘pun sebenarnya punya hak tawar. Namun jika toko benar-benar menjual produk dengan bandrol permanen, sebaiknya kamu alihkan perhatian ke toko yang membolehkan aktivitas tawar menawar. Nah disinilah skill tawar menawar kamu sangat dibutuhkan. Jika skill tawar menawar kamu mumpuni, maka kamu ‘pun bisa mendapatkan barang dengan potongan harga fantastis. Sebaliknya, jika kamu gampang menyerah ketika menawar, maka kamu ‘pun mesti membeli barang dengan harga tak jauh dari harga aslinya. Namun jangan terlalu ekstrem ketika menawar ya, apalagi sampai menawar hingga diskon 90%. 

Observasi
Tak hanya ketika membuat skripsi, agar shopping berjalan efektif, sebaiknya kamu lakukan dulu observasi. Maksudnya, sebelum menentukan untuk membeli produk tertentu, sebaiknya kamu eksplorasi terlebih dahulu beberapa toko. Coba cek dengan detail perbedaan harga antara satu toko dengan toko lainnya. Jika kamu menerapkan teknik observasi ini dengan baik, tak ayal kamu ‘pun pasti menemukan produk yang paling kamu cari dengan harga paling murah. Begitupun ketika kamu belanja online, kamu juga bisa menerapkan trik observasi dengan cek beberapa online shop. Coba lakukan komparasi harga agar kamu dapat menemukan item dengan harga paling murah.

Baca Review
Baik itu belanja via toko fisik atau toko online, kamu wajib membaca review produk yang ingin kamu beli. Misalnya kamu ingin membeli produk sepatu dengan brand tertentu, maka kamu bisa cek beberapa review konsumen di internet. Kamu tinggal ketik kata kunci sepatu tersebut di mesin pencari, dan kamu ‘pun bisa menemukan berbagai ulasan yang paling relevan. Apalagi jika kamu belanja online, maka wajib sekali mencari review produk yang ingin kamu beli sebelumnya. Kamu juga bisa mencari review dari mulut ke mulut, misalnya kamu ingin membeli produk smartphone tertentu, maka kamu bisa konsultasi dengan orang yang sudah memiliki smartphone tersebut. 

Manfaatkan Diskon
Rasa-rasanya kurang afdol jika shopping namun tak menemukan diskon. Diskon ini bukan hanya soal potongan harga, namun ada kepuaasan dibaliknya. Jika kamu belanja online, kamu bisa menemukan beberapa marketplace yang sangat sering memberikan diskon, Lazada salah satunya. Presentase diskon Lazada ini beragam, dari 30% hingga 90%. Kamu juga bisa menemukan promo diskon dari Lazada via hadiah.me. Kamu tinggal masuk kedalam link https://www.hadiah.me/lazada dan kamu ‘pun bisa membeli produk yang kamu inginkan dengan potongan harga fantastis. 

Belanja Seminggu Sekali
Salah satu penyebab budget bulanan cepat habisnya yaitu karena terlalu sering shopping. Jangan mentang-mentang gaji kamu masih banyak, kamu shopping hampir setiap hari. Range waktu paling ideal untuk shopping yaitu seminggu sekali. Ketika shopping, pastikan kamu membeli barang-barang yang kamu butuhkan selama seminggu, sehingga kamu tak perlu bolak-balik lagi untuk belanja. 

Belanja di Toko yang Sudah Familiar
Jika kamu sudah sering mengunjungi toko tertentu, pastinya kamu sudah familiar dengan produk-produk dan range harga didalamnya. Tak hanya itu, kamu ‘pun pastinya sudah lebih akrab dengan pemilik toko sehingga kamu bisa menawar harga dengan lebih efektif. Apalagi jika kamu sedang terburu-buru, maka opsi yang paling tepat tentu belanja di toko yang sudah kamu kenali sebelumnya.

Shopping tak harus keluar uang banyak, lewat beberapa tips diatas, saldo kamu pasti hemat hingga akhir bulan.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)