Ini Akibatnya Jika Anak Tidak Memperoleh Kasih Sayang Ayah

Kasih Sayang Ayah
Untuk Anda yang sekarang ini sedang memainkan peran menjadi seorang ayah, apakah Anda tahu jika kasih sayang ayah yang dirasakan oleh anak Anda bisa sangat bermanfaat untuk proses pembentukan otak. Menurut seorang profesor yang berasal dari Harvard Medical School, rasa terabaikan yang sering dirasakan oleh anak akan memberikan dampak yang negatif ke otak mereka. dampak negatif seperti kekurangan perhatian, kasih sayang, stimulasi bisa menyebabkan masalah tingkat emosional di jangka panjang.

Kesimpulan yang ada di atas di dapatkan dari penelitian yang dilakukan Charles Nelson serta timnya ke sekelompok anak yang yatim piatu Romania, mereka tinggal di panti asuhan yang tidak memperoleh kasih sayang seorang ayah atau ibu sewaktu kecil. Peneliti pun mengukur aktifitas otak anak-anak tersebut. Kemudian mereka menemukan jika anak yang terabaikan ketika masa kecil, mereka mempunyai ukuran otak yang jauh lebih kecil jika dibanding dengan mereka yang memperoleh perhatian cukup dari orang tua atau idola.

Penelitian lain pun juga mengungkap jika anak-anak yang merasa dirinya terabaikan akan tumbuh menjadi sangat agresif dan kasar. Rasa terabaikan atau perasaan penolakan di masa kanak-kanak mempunyai efek yang lebih kuat dan konsisten untuk perkembangan serta kepribadian anak. Amarah yang semasa kecil terpendam akan membuat anak tumbuh menjadi orang yang lebih tertutup secara emosional. Akibat dari hal ini, mereka juga mempunyai rasa yang kurang percaya diri sehingga tidak dapat membentuk hubungan dengan orang baru dan tidak sanggup untuk menghadapi berbagai macam situasi dengan tingkatan stres tinggi.

Dari tahun ke tahun, peneliti mengira jika perkembangan emosional anak-anak bergantung dari adanya peran ibu. Namun dengan berbagai macam penelitian yang dilakukan ternyata juga terlihat apabila peran ayah di dalam perkembangan anak juga memiliki peran yang penting terlebih di dalam hal sikap serta perilaku. Kasih sayang ayah juga berpengaruh terhadap masalah seperti kecanduan narkoba hingga minuman yang beralkohol. Sebenarnya kasih sayang yang diberikan ayah ini bisa di tunjukan dalam berbagai macam hal contohnya dengan membantu ibu merawat si kecil.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)