Waspada Alat Listrik Saat Musim Hujan dan Banjir

Waspada Alat Alat Listrik - Kehidupan modern ini tidak akan terlepas dari yang namanya sumber energi Listrik. Lihat saja ketika Listrik dirumah mengalami gangguan atau PLN melakukan pemadaman orang pasti akan resah dan gelisah lalu bergegas untuk memperbaikinya atau mencari alternatif lain dengan cara menggunakan peralatan listrik yang tidak tergantung dengan PLN. Misalnya menggunakan Genset atau alat yang bisa diisi ulang.

Melihat keperluan masyarak tersebut hal ini bisa dijadikan kesempatan besar  peluang bisnis alat listrik untuk memulai usaha wiraswasta seperti menjadi Distributor Alat Listrik di kota-kota anda untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum atau industri.

Alat Listrik
Alat Listrik 


Namun Listrik tidak selamanya bersahabat dan aman, misal saat musim hujan dan banjir tiba. Salah satu yang perlu kita waspadi sebagai warga yang daerahnya rawan terkena dampak banjir ialah segala alat listrik. Yang bisa terjadi ialah kita yang berada didalam rumah atau sekitar rumah bisa tersengat listrik. Hal tersebut bisa membahayakan diri.

Pada kesempatan kali ini MiftahFarid.com akan memberikan beberapa Tips Waspada Alat-alat Listrik saat Banjir agar tidak kesetrum .

1. Jangan nyalakan lampu, Tv, Kulkas, Ac, Radio dan perabotan lain apabila banjir sudah dekat atau hujan deras terjadi di daerah rawan banjir

2. Segera padamkan aliran listrik dengan cara menurunkan MCB (Mini Circuit Breaker/sekring) -biasanya berwarna biru- yang ada di kotak KWh meter.

3. Hubungi PLN dengan menelepon pusat layanan gangguan nomor 123 yang siap 24 jam untuk mematikan aliran listrik di daerah anda jika banjir sudah mendera beberapa rumah.

4. Bila wilayah yang terkena banjir semakin meluas telpon pusat layanan gangguan mintalah untuk mematikan gardu induk (sebanyak 15-20 gardu).

5. Nah, bila banjir sudah dirasa aman dan air tidak bersentuhan langsung dengan alat listrik  barulah lapor ke PLN untuk menyalakan aliran listrik kembali.

Info lebih detail mengenai listrik bisa melihat Listrik Adalah dihalaman wikipedia.

Semoga info mengenai Alat-alat listrik diatas bermanfaat. Dan jaga terus keselamatan anda dan keluarga anda.

10 komentar:

  1. Kalau gak salah, banjir di jakarta yg sekarang, sudah ada yg meninggal karena tersengat listrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inalillah. Wah, sudah sampai memakan korban. Barusan kejadian beberapa jam yang lalu juga ada kasus tersengat listrik di dekat rumah.

      Semoga kita semua diberi keselamatan dan kesehatan!! Amin

      Hapus
  2. Nice Info mas Miftah
    Memang sangat berbahaya sekali kalau kita tidak hati-hati saat terjadi musim hujan seperti sekarang ini, tidak terkecuali di rumah kita masing-masing, karena tersengat listrik bisa juga diakibatkan oleh rumah kita yang bocor kemudian mengenai kabel listrik yang sedikit terkelupas.

    Salam : Semangat PAAGII ! | http://mohhelmi[dot]wordpress[dot]com
    http://uangdownload.com/15377[dot]html
    http://betterarchive[dot]com

    saran : mas miftah lebih baik hosting dan domain sendiri dengan cms wordpress.

    BalasHapus
  3. Trims infonya gan, and salam kenal.

    BalasHapus
  4. itu lah bahayanya kalo banjirnya sampai masuk rumah. great post, regards.

    BalasHapus
  5. wah bener juga ya, harus diamankan tuh...

    BalasHapus
  6. udah banyak korban juga yang kaya gini :(

    BalasHapus
  7. makasih tipsnya, jadi bisa jaga2 dan waspada

    BalasHapus
  8. emang berbahaya banget kalo lg banjir, harus cepat dimatikan listrik dari pusatnya.

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)