Menulis Perkembangan ITC di Kalsel Lewat Blog

Mencari update terbaru seputar perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau  bahasa inggrisnya sering disebut ICT atau ITC 'Information and Communication Technology' di daerah kalimantan selatan adalah hal yang bisa dibilang sulit termasuk lewat dunia maya. Karena jarang sekali ada urang banua Informatif yang rajin update informasi event-event ITC di Kalsel ini misalnya lewat Blognya.


Sedikit curhat , mungkin aku dan blog-blogku jadi salah satu sedikit diantara urang banua yang memberikan informasi seputar dunia ITC di Banjarmasin lewat BLOG. Sebenarnya aku pribadi sangat bersemangat apabila menulis Informasi seputar yang terjadi di banua, khususnya dibidang Teknologi lebih khusus lagi yang berkaitan dengan Internet dan Gagdet. Namun semangatku dalam menulis Event Itc di Banjarmasin terus meluntur karena jarangnya aku mendapatkan bahan apa untuk dijadikan tulisan seputar ITC di Kalsel.

Sejak 2 tahun lalu aku memang lumayan sering menulis update event-event ITC di Banjarmasin yang aku ketahui. Tulisan-tulisan yang pernah ku publish bisa dilihat di Event ITC Banjarmsin. Apabila bicara mengenai perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kalsel khususnya di Banjarmasin dari kacamataku yang 'gaptek' ini, di perkotaan anak-anak remaja di Bjm sudah super update mengenai teknologi dan gadget-gadget terbaru. Terbukti saat aku jalan atau nongkrong di Mall banyak sekali remaja yang menenteng-nenteng gadget dan smartphone keluaran terbaru. Selain itu juga akhir-akhir ini lumayan sering diadakan Event ITC di Kalsel termasuk yang berlangung terbaru ini yaitu ITC USO Expo 2012.

Dari kacamataku sebagai 'blogger' perkembangan IT di kalsel lumayan jauh berkembang dari tahun-tahun lalu. Terbukti dengan adanya 2 Komunitas Blogger di Kalimantan Selatan yaitu Blogger Banua yang aku buat bersama teman-teman tahun lalu serta Kayuh Baimbai. Semakin banyak blogger bisa diartikan sudah semakin banyak juga orang yang melek internet dan bisa memanfaatkan internet dengan baik.

Namun itu hanya penglihatanku dikota sedangkan yang dipedesaan atau dipelosok-pelosok kalsel tidak terpantau oleh kita. Mungkin disana mereka masih ketinggalan sekali update seputar teknologi dan informasi. Jangankan internet akses PLN dan PDAM pun tidak ada. Seperti pengalamanku ke rumah kakek yang ada di daerah Anjir.


Menulis Perkembangan ITC Kalsel di Blog Miftahfarid.com
Blog Miftahfarid.com inipun dibuat karena ada event ITC di Banjarmasin beberapa tahun lalu (Banua Bazar Komputer Maret 2011)dan blog ini awalnya kubuat dengan tagline : Update Event ITC di Banjarmasin namun belakangan ini aku ubah, karena blog ini jarang menulis update ITC yagh disebabkan kurangnya bahan tulisan yang kudapat. Namun semangat menulis di blog ini muncul kembali akhir-akhir ini , tepatnya setelah aku tahu kabar adanya Event Besar yang akan digelar di Banjarmasin 'ICT USO EXPO 2012 Propinsi Kalimantan Selatan'  yang akan digelar pada 7 hingga 9 november 2012 di Gedung Sultan Suriansyah yang kebetulan berdekatan dengan rumahku.

Ict Uso Expo 2012
Ict Uso Expo 2012 Foto :  ictusoexpo2012.com


Selain ada event Pameran ICT USO EXPO 2012 di Banjarmasin aku juga baru tahu loh ternyata ada Website kepemerintahan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan yang beralamatkan di http://dishubkominfo.kalselprov.go.id/ yang memberikan update terus perkembangan IT dan Komunikasi di Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan adanya website tersebut bisa menjadi referensi buat aku dan teman lainnya sebanua yang ingin mengetahui perkembangan ITC lalu menuliskannya ke Blog masing-masing.

Saat membuka situs Dishubkominfo prov Kalsel. satu link yang sangat menarik perhatianku ialah menu M-Plik/M-Cap dikarenakan aku memang sudah lama penasaran dengan M-Plik Mobil Pelayanan Internet Kecamatan. Beberapa waktu lalu saat memulai KKN di kampus aku berkeinginan menghubungi pengelola MPLIK agar bisa minta dikunjungi mobil internet ini ke daerah tempat kami KKN, yang memang daerah KKN selalu daerah pedesaan yang sangat jarang orang disana mengenal internet dengan baik layaknya orang-orang dikota. Dengan dihadirkan mobil Mplik ke tempat kami KKN aku berharap semoga penduduk desa lebih melek internet dan tentu saja aku tidak lupa memperkenalkan blog dan menyebarkan virus ngeblog disana ^_^


Namun karena beberapa hal dan juga kesibukan agenda lain teman-teman, serta minimnya informasi mengenai MPLIK saat itu , mengurus dan mencari info cara minta kunjungi MPLIK pun terlewatkan.


Semoga juga dengan adanya MPLIK semua daerah di Kalsel bisa bebas dari "GAPTEK" nantinya.


Setelah aku tau sekarang dengan adanya sumber referensi yang jelas dari Website Dishubkominfo semoga bisa menambah semangatku pribadi dalam menulis dan semoga makin banyak urang banua yang informatif yang menuliskan hal yang bermanfaat di dalam blognya seputar perkembangan ITC di Banua dan juga berita lain di Banua. Karena kalau bukan kita sebagai urang banua yang memberikan informasi seputar banua, siapa lagi ?

Jadi buat kawan-kawan khususnya para blogger, ayo turut menjadi urang banua informatif dengan cara menulis perkembangan di daerah kita. Ayo kita manfaatkan Teknologi yang kita  kuasai dengan sebaik-baik mungkin salah satu caranya ialah dengan menulis perkembangan Banua kita lewat blog kita.

ICT USO Expo 2012 Dan jangan lewatkan juga pameran ITC terbesar tahun ini di Gedung Sultan Suriansyah mulai  Kamis 7 november - Sabtu 9 November, kita bisa melihat berbagai perkembangan terbaru Teknologi Informasi dan Komunikasi serta berbagai hiburan,musik dari artis dan band ternama seperti Lyric Band, Yoda Idol, door prize, lomba dll.  Asyknya lagi kita bisa datang dan masuk dengan gratis!

Informasi lebih lanjut Silhakan Buka situs resmi ICT USO EXPO 2012 di www.ictusoexpo2012.com

Penulis : Miftah Farid Seorang blogger banua yang mulai ngeblog sejak tahun 2008 dan mencoba terus eksis dan mencoba membantu menginfokan perkembangan ITC dengan turut menulis info event ITC di Banjarmasin lewat blog pribadi Miftahfarid.com

18 komentar:

  1. sama nah, mudahan2an bisa hadir jua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin :) Mudahan kada hujan tanggal seitu,, soalnya mulai musim pahujan dah di Bjm ^_^

      Hapus
  2. mari menuju urang banua yang informatif

    BalasHapus
  3. kapan diundang ke banua yead :D

    BalasHapus
  4. bgmb KAlau blognas di Kalimantan tom ^_^ xxixiix

    BalasHapus
  5. Infox sangat menarik dan smoga blog yg anda buat lancar trs...
    Skalian bsk mau liat2 pameran di gedung susu(sultan suriansyah) :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMIN !
      Makasih udah bailank :)

      Salam Bakawanan Bro ^_^

      Hapus
  6. Lawas kada mejenk disini nah,ky pa habar Yead,ITC di BJM mudahan terus berkembang dan mudahan banyak yang menulis artikelnya..hahahahyyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn,,,

      Habar baik haja Itc bjm,, Pian kada di BJm kah bang Roy ???

      Hapus
  7. Menyamar nah...hhe...kada suah tekumpul lagi nah, pas banar kopdar pasti ada hauran...

    BalasHapus
  8. mantap gan, thank infonya telah berbagi share

    BalasHapus
  9. semoga semakin berkembang aja ITCnya yaa biar bangsa ini semakin maju :)

    BalasHapus
  10. hebat ya ,, terima kasih udah d share ,, :)

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)