Seo Paling Awal Paling Penting Paling Gaptek

Seo Sebuah kalimat yang sering terdengar dan terlihat dikalangan Blogger, baik itu blogger newbie seperti aku ini maupun di kalangan blogger-blogger mastah diluar sana.
Oh iya buat yang belum tau apa itu SEO. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimazion. SEO istilah yang
digunakan untuk menyebut usaha-usaha yang dilakukan blogger dalam rangka membuat postingan / blognya bisa berada di halaman pencarian search engine seperti google selanjutnya berharap mendapatkan trafik dari search engine tersebut

Menanggapi SEO itu sendiri sebenarnya belum ada teori pasti yang bisa menjelaskan kita bagaimana 'SEO yang maksimal'. Yang ada dan sering kita lihat itu hanyalah tebakan-tebakan dan juga hasil dari eksperimen beberapa blogger dengan SEO dan caranya menempati posisi 1 di google. Bahkan ketika mengikuti seminar blogging bulan lalu "Blogger Nusantara 2011" di Sidoarjo salah satu pembicaranya ialah orang dari Google dan ketika ditanya tentang SEO dia yang notabene merupakan orang dalam dari Google bahkan tidak bisa menjawab / tidak mau menjawab pertanyaan tentang SEO (bagaimana cara blog bisa menempati posisi bagus di Google).

Hampir semua tujuan dari SEO ialah mencari trafik. Dengan SEO berharap mendapatkan trafik berjibun dalam waktu singkat itu ialah pemikiran yang salah. Seringkali ku pribadi mendapatkan pertanyaan seputar SEO. Mereka menanyakan "bagaimana Tips SEO itu?"
Secara teknis blogging memang ada jawaban yang bisa dipaparkan. Namun ketika ditanya tentang SEO aku hampir selalu memberi jawaban Tip SEO paling awal, paling ampuh, paling jitu dan paling gaptek itu = Berkomentar di blog lain (Blogwalking).

Blogwalking itu WAJIB sebelum belajar SEO
Yah, seperti yang dibilang diatas SEO itu tujuannya mencari trafik bukan ?. Untuk berusaha menempati posisi pertama di Google memerlukan waktu dan usaha yang lumayan. Para blogger terutama blogger yang masih baru kayak aku ini kebanyakan melupakan satu hal yang paling penting yaitu "blogwalking / berkomentar di Blog lain".

Seringkali aku melihat blogger yang salah kaprah ketika mengharapkan trafik yang datang ke blognya lalu dia   promo link blognya di Sosial media Facebook. 


Model-model Blogger Yang Mengharapkam Trafik dari FB
1. Blogger yang Hobby Nyebar Link "Terbaru"
Setiap ada postingan baru di blognya dia langsung sebar link di berbagai grup Fb / Page bahkan ada juga yang sampai sebar link di wall facebook orang lain.

2. Blogger yang sering minta saran terhadap blognya.
Blogger seperti ini secara pribadi aku lumayan sering menemuinya, Pertama gabung di page / grup Fb dia minta saran seputar blognya. Its Ok lah karena beru perkenalan memang wajar minta saran. Namun yang janggal ialah ketika minta saran itu dilakukan berulang kali kemudian hari.
HAlooooooooo itu promo terselubung cuuuy, he


Jika ingin dikunjungi ayooolah jangan promo do FB aja. Sekali kali blogwalking duluan doooong atau juga bisa submit di portal berita yang memang diperuntukan untuk promo link blog kita seperti Ureport Vivanews ,lintasberita, infogue/ http://habar.bloggerbanua.com.

Lebih Baik Blogwalking
Dibandingkan model blogger yang mengharapkan trafik dari cara promo link di FB sebenarnya ada cara yang lebih etis dan lebih baik efeknya yaitu BLOGWALKING.

Blogwalking yang merupakan istilah lain dari mengunjungi blog orang lalu berkomentar di blog tersebut ialah sebuah kegiatan yang kubilang SEO paling awal dan paling penting. Untuk mempelajari SEO lebih baik rajin-rajinlah dulu mengunjungi blog orang lain aku yakin pasti banyak pengalaman yang didapat. Selain itu juga kalau bisa kurangilah promo-promo Link di FB. Walau sebenarnya Fb bisa dijadikan ladang trafik namun promolah dengan etis. Promo link blog di FB yang paling etis menurutku ialah dengan cara promo di profil sendiri (lewat update status / note / grup dan Page pribadi) bukan dengan selalu ngirim link di Grup Umum / Page Publik.

Ingin Blognya dikunjungi ?
Jadi apakah sobat ingin mempelajari SEO ? 
sebelum itu pertama-tama blogwalkinglah dulu dan belajar mengunjungi blog orang lain duluan lalu berkenalan / silaturahmi. Dari sana secara natural bisa saja kita mendapatkan kenalan blogger baru yang akan loyal terhadap blog kita menjadi pengunjung setia blog kita (subcriber). Jika ingin dikunjungin orang lain mulailah dengan mengunjungi orang lain, terlebih kalau kita masih baru.

Dari sering blogwalking maka lama-kelamaan blog kita akan terSEO dengan natural. Baik dari Backlink yang tertinggal ketika kita berkomentar maupun dari kunjungan-kunjungan ke link yang kita tinggalkan di blog lain.

Oh iya sobat bisa membaca juga postinganku sebelumnya tentang Trik aku dalam blogwalking di tergaptek.com

Nb : dari sekian panjang tulisan diatas cuman 1 intinya yaitu : Blogwalkinglah!!!!!!

43 komentar:

  1. setiap blogger punya keinginan sendiri-sendiri, so,, gak ada salahnya entah itu blogwalking, sebar link ke fb ato apalah itu namanya....

    ==========================
    Seringkali aku melihat blogger yang salah kaprah ketika mengharapkan trafik yang datang ke blognya lalu dia promo link blognya di Sosial media Facebook.
    ==========================

    sapa bilang trafik dari fb kagak bisa. :)

    BalasHapus
  2. Wah ketahuan newbienya saya... termasuk model2 bloger yang suka cari traffic di fb hehe

    BalasHapus
  3. wah saya masih nyebar link blog di fb neh, jadi malu aq :P

    BalasHapus
  4. hehhee aq nyebar link jua tpi di wall q sorang hahaha :D

    BalasHapus
  5. Waduh ini saran yang sangat bagus. Dalam segla hal tidak ada yang instan ya.

    BalasHapus
  6. Setuju, selain buat nambah trafik juga memperluas silaturahin sesama bloger...

    BalasHapus
  7. Mangtabs infonya gasan newbie kaya' uln ne ketua.!,,

    tapi, saya sering sekali terkendala jaringan suster ngesot,, huhuhu :'(

    BalasHapus
  8. Yah, kl berdasarkan ebook SEO starter terbitan google. SEO tu diarahkan pd kemudahan web/blog utk diakses oleh pengunjung. Makin jelas dan unik artikelnya dan makin relevan konten ama querry. Maka, makin gampang ditaro di page one ama google.

    Tapi, y sekali lagi tu butuh waktu biar kita dipercaya google. Ane kl blog walking jg sering tp, ninggalin komen kadang" doang :)

    Lebih byk'in promo di dunia off line aj!

    BalasHapus
  9. blogwalking kayaknya emang perlu untuk blog baru sebagai media untuk memberitahu se keberadaan blog kita.:D

    BalasHapus
  10. oh itu toh ternyata tipsnya tergaptek makasih udh share

    BalasHapus
  11. klo saya emang suka blogwalking... hhehe

    BalasHapus
  12. mantab gan...,
    thank's gan inponya..

    BalasHapus
  13. makasih infonya mas , setelah aku praktekkan traffikku nambah , salam

    BalasHapus
  14. kalau blog baru kira kira kapan bisa dapat treafik banyak gan

    BalasHapus
  15. klo ane emng sering nyebar link di fb cz tmn2 ane bnyk di sana sih... hehe

    BalasHapus
  16. sebenarnya usaha SEO bukan hanya meningkatkan traffick, walau efek dari hal tersebut menggarah ke sana secara tidak langsung. SEO hanya membuat kerja blog menjadi lebih baik. kalau traffict itu tergantung pengunjung. masalah posisi pada hasil pencarian saya pikir itu tergantung konten yang anda tawarkan sehingga banyak pengunjung yang memang poerlu dengan konten saudara dan ini wajar di usahakan untuk melihat apakah penerapan SEO itu sendiri sudah lumayan baik. SEO itu dinamis dan fleksibel dan tergantung orang tujuannya untuk apa. intinya tujuan daru blogging adalah menjalin persahabatan dan saling berbagi. kadang yang banyak disalah-artikan orang tentang blogwalking, apakah mereka menjadi visitor atau reader. kalau visitor hanya meninggalkan komentar singkat dan kadang gak nyambung. kalau reader mungkin akan memberi komentar yang lebih, walau kadang banyak juga yang biasa-biasa saja. masalah over link ke fb atau twitter itu hanya penyebaran artikel. masalah ada yang tertarik atau tidak tergantung pada masing-masing blogger. maaf mas kalau pendapat ini berbeda dengan apa yang anda tulis. semoga ini bisa menjadi renungan kita untuk memperbaiki dan koreksi diri, mau menjadi blogger seperti apakah kita? terima kasih atas postingan ini, dan saya bisa belajar juga dari tulisan anda. terima kasih sekali lagi. mahesa

    BalasHapus
  17. ya saya juga blog walking gan. semoga bisa kayak agan.

    BalasHapus
  18. info yg menarik. blogwalking dan backlink gan mantabbb

    BalasHapus
  19. Bersilaturahmi disini, silahkan mampir juga komendan.

    BalasHapus
  20. Waaah, jadi malu deh kelihatan banget masih newbie :-p
    tapi gak papa deh namanya juga usaha sekali-sekali :D

    BalasHapus
  21. Waaaaaaaah..infonya penting banget nie.
    Telat mampirnya.. :D
    Makasih mas kmren atas kunjungan di blog saya.
    Btw, klo mau game Android, mampir y? Ada update baru tuh.. hehe..

    BalasHapus
  22. Betul banget, saya merasakan sendiri efek dari blogwalking, walaupun harus kesana kemari berkunjung, tapi alhamdulillah ada hasilnya.

    BalasHapus
  23. info yg bagus buat sy yg newbie..he..he semangat bro..;) tks

    BalasHapus
  24. haduh terlambat berarti, soalnya jarang sekali blog walking, padahal setelah baca tulisan ini baru sadar pentingnya berjalan-jalan ke blog senior atau pemula, semua saya Blogger.

    BalasHapus
  25. ahahahha
    kena sindir dikit
    tapi alhamdulillah sekarang udah ndak lagi
    ahahahha
    Blogwallking
    Salam Silaturahmi

    BalasHapus
  26. salah satu teknik SEO, blogwalking

    BalasHapus
  27. Itu ane banget gan,,, suka terbar link baru di FB... cuman di wall sendiri sih...

    BalasHapus
  28. bener juga yaa., :D
    setuju ane..

    BalasHapus
  29. Tulisan yang keren sobat.

    ^_^

    BalasHapus
  30. mantabbb sob,,,, nice artikel
    salam blogger

    BalasHapus
  31. betul betul betul banaar, bagus blogwalking memang, hehehe

    BalasHapus
  32. pemikiran pendèk aja..
    masa stiap ingin di kunjungi blogwalking krepotan..
    tapi buat postingan yang sekiranya pengguna membutuhkan..
    banyak faktor ilmu seo itu..

    BalasHapus
  33. blogwalking pina koler wayah ini nah,hehehe

    BalasHapus
  34. given article is very helpful and very useful for my admin, and pardon me permission to share articles here hopefully helped Produk walatra jelly gamat

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)