Cara Merawat Jas Hujan Terbaik Supaya Mempunyai Masa Pakai Lebih Lama

Jas hujan bukalapak


Musim sekarang ini lebih susah diprediksi dari pada jaman dahulu, terkadang harusnya sudah masuk musim kemarau tetapi masih sering hujan dan begitu sebaliknya. Maka dari itu alangkah baiknya selalu menyediakan jas hujan sebelum musim penghujan tiba. Sebagai pemilik rain coat tentu Anda pernah mengalami kendala kerusakan seperti sobek atau lainnya. Nah, untuk hal itu Anda tidak hanya membutuhkan ketelitian dalam memilih jas hujan terbaik tetapi juga melakukan perawatan yang baik. Jadi walaupun pelindung hujan yang Anda miliki sudah mempunyai kualitas bahan terbaik namun tidak dirawat dengan baik tentunya juga akan mudah rusak.

Bukan hal yang lucu jika setiap musim penghujan tiba Anda harus membeli jas hujan yang baru lagi, otomatis Anda akan mengalami kerugian dua kali karena harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli. Maka dari itu akan lebih baiknya Anda melakukan perawatan yang tepat supaya masa pakai jas hujan tersebut lebih lama. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya rain coat yang Anda miliki lebih awet yaitu:

  1. Setelah Anda menggunakan jangan lupa untuk selalu menjemur hingga kering terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari tumbuhnya jamur karena kondisi yang lembab karena jas hujan dalam keadaan basah.
  2. Anda bisa menggantungkan dengan menggunakan hanger diluar ruangan, jika memang tidak ada sinar matahari bisa mengangin-anginkan saja supaya cepat kering.
  3. Jika terdapat noda yang menempel pada jas saat digunakan segera lakukan pembersihan sebelum mengering. Anda bisa mencucinya dengan membasuh menggunakan air bersih pada kotoran yang menempel tersebut. Jika tidak segera dibersihkan ditakutkan noda tersebut menjadi jamur atau kotoran yang lebih susah dibersihkan.
  4. Untuk mendapatkan kondisi jas hujan terbaik bisa Anda lap terlebih dahulu setelah kering sebelum melipatnya. Hal ini tentunya dimaksudkan untuk memastikan bahwa kotoran ataupun air sudah tidak tertempel pada rain coat Anda.
  5. Selanjutnya lipat dengan rapi dan masukkan pada kantong jas atau tempat khusus, dan taruh pada bagian jok atau handle motor supaya saat akan digunakan kembali sudah siap.
  6. Jika Anda melihat jas hujan yang terlalu kotor bisa mencucinya dengan merendam menggunakan detergent lembut selama kurang lebih 30 menit. Anda bisa menggosoknya pada bagian noda yang terlihat maupun tidak terlihat. Bilas sampai benar-benar rain coat tidak berasa licin karena detergent yang masih menempel.
  7. Jangan pernah menggunakan air hangat dalam merendam ataupun mencuci jas hujan, hal tersebut tentunya akan merusak kondisi dari bahan jas yang terbuat dari karet.
  8. Hindari juga mencuci jas hujan menggunakan mesin cuci, untuk menjaga keadaan rain coat yang tetap baik Anda bisa mencucinya secara manual menggunakan tangan.
  9. Dan yang terakhir selalu ingat jangan pernah melipat jas hujan yang masih dalam keadaan basah ataupun kotor. Jadi cuci terlebih dahulu, keringkan sebelum melipat dan menyimpannya kembali.

Bukan tidak mungkin jas hujan yang Anda bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama akibat cara pemeliharaan atau perawatan yang tepat. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli rain coat baru karena yang lama masih tersimpan baik. Jadi pada intinya bukan hanya dari bahan jas hujan terbaik saja yang menentukan masa pakai, namun juga dari perawatan pemilik rain coat itu sendiri.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)