Tips Yang Takut Memandikan Bayi Baru Lahir

Bayi Yang Baru Lahir

Memiliki anak tentu merupakan dambaan setiap orang tua. Anak bisa menjadi sumber kebahagiaan dan kebanggaan bagi orang tuanya. Bahkan bayi yang baru lahir pun dapat memberikan kebahagiaan bagi orang tuanya. terlepas dari kebahagiaan, ada juga ketakutan yang dirasakan oleh para orang tua terhadap bayinya. Salah satunya saat memandikan bayi yang baru lahir . Bagi para orang tua baru biasanya ini menjadi momok yang sangat menakutkan karena ketiadaan pengalaman dalam hal tersebut. Apalagi bila tali pusar bayi belum putus.

Nah bagi kamu para orang tua yang masih bingung dan takut-takut memandikan bayinya, berikut ini akan dipaparkan secara singkat gimana sih cara memandikan bayi yang baru lahir dengan baik dan benar serta apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum, saat dan sesudah memandikan bayi.

- Buka baju bayi dengan hati-hati
- Memandikannya tidak harus dalam bak
Bayi yang baru lahir tidak harus selalu dimandikan dalam bak, kamu cukup menyeka tubuhnya di atas alas anti air (perlak) dengan handuk kecil atau waslap yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat yang suhunya mirp dengan suhu tubuh bayi (idealnya sekitar 36-37 derajat celcius). Jangan memandikan bayi dengan air dingin karena bisa menyebabkan kulitnya kering dan tidak baik untuk kesehatannya.
- Seka pada bagian wajah, tangan, leher dan pantat
Bagi bayi yang tali pusarnya belum puput, pusatkan menyeka pada wajah, tangan, leher dan pantat.
- Bersihkan tali pusar
Caranya dengan buka kasa pembungkus tali pusar lalu bersihkan tali pusar dengan kapas steril yang dibasahi dengan alcohol 70%. Ulangi sampai bersih. Kemudian bungkus kembali tali pusar dengan kasa steril bersih.
- Bungkus badan bayi dengan handuk
Tutupi badan bayi yang sedang tidak dibersihkan dengan handuk agar dia tidak kedinginan.
- Bungkus dengan handuk. Tepuk-tepuklah agar kering. Biarkan bayi terbungkus handuk saat memakaikan baju dan popok.
- Hindari memandikan bayi setelah disusui
Biasanya setelah disusui bayi akan sedikit muntah. Jika kamu memandikannya sesaat setelah dia disusui kemudian dia muntah, kamu malah harus memandikannya lagi.
- Hati-hati saat mengenakan pakaian
Usahakan popok dan pakaian bayi tidak mengenai tali pusar karena beresiko menimbulkan iritasi
- JANGAN menutup tali pusar dengan plester, gurita bayi atau semacam jaring elastis
Hal ini dapat menimbulkan iritasi
- JANGAN membersihkan atau merawat tali pusar dengan menggunakan obat merah, salep antiseptic atau jenis obat apapun tanpa rekomendasi dokter.

Itu tadi cara memandikan bayi yang baru lahir yang tali pusarnya belum ‘puput’. Tapi tetap harus hati-hati ya dan minta nasehat orang yang lebih berpengalaman dalam mengurus bayi. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)