Selain Cat, Ini Finishing Dinding Teras agar Memukau

 

Bata Ringan
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/modern-stone-brick-wall-background-stone-texture_9859728.htm#page=3&query=wall%20outdoor&position=14&from_view=search&track=ais

Dinding teras menjadi wajah rumah Anda yang harus diperhatikan. Biasanya warna cat akan memberikan kesan yang terbaik pada dinding. Tahukah Anda bahwa pilihan finishing dinding teras tidak hanya pada penggunaan cat saja? Masih banyak pilihan yang bisa Anda dapatkan. 

Anda yang sudah membangun dinding teras menggunakan bata ringan tentunya ingin melanjutkan dengan finishing yang terbaik bukan? Berikut ini ada beberapa pilihan terbaik dalam melakukan finishing dinding teras rumah Anda. Masing-masing memiliki kelebihan yang perlu Anda pertimbangkan. 

Ragam Pilihan Finishing Dinding Teras agar Semakin Indah 

Selama ini cat menjadi pilihan utama dalam finishing dinding karena lebih mudah dan terkenal murah. Cat juga memiliki banyak pilihan warna dan merk yang bisa Anda dapatkan. Hanya saja jika menggunakan cat Anda harus bersiap rutin mengecat ulang karena warnanya yang mudah pudar akibat cahaya matahari. 

Anda yang tidak ingin repot untuk mengecat ulang bisa memilih beberapa pilihan finishing lainnya berikut ini. 

1. Keramik 

Teras rumah Anda akan tampil selalu bersih dan mengkilap jika memanfaatkan dinding menggunakan keramik. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan seperti dinding tidak akan mudah berjamur karena bagian teras pasti lebih lembab. Kedua, keramik juga jauh lebih mudah untuk dibersihkan. 

Ketiga, dinding keramik pada teras akan menampilkan keindahan karena pilihan warna beragam dan tampil mengkilap. Bahkan Anda bisa mengombinasikan beberapa warna sekaligus. Tinggal bagaimana Anda memadukan warna keramik untuk dinding teras dan lantai. 

2. Batu Alam

Sudah banyak pemilik rumah yang memilih batu alam sebagai dinding teras bahkan dinding untuk area taman. Batu alam akan menekankan kesan alami yang lebih kuat dan menyatu dengan area taman di teras. Saat ini juga sudah banyak jenis batu alam yang bisa digunakan. 

Setiap batu alam memiliki nilai estetika tersendiri, seperti batu palimanan yang sifatnya non solid dan berwarna coklat muda dengan corak batik sangat etnik. Ada juga batu koral sikat yang berwarna hitam dan tampil sangat halus. Jenis batu lain yang sering juga dipilih adalah batu candi.

3. Finishing Kamprot 

Anda mungkin jarang mendengar finishing dinding ini. Finishing ini menampilkan dinding seperti belum selesai dan tampak kasar. Istilah kamprot sendiri berasal dari teknik pengaplikasian adukan beton. Ketika diaplikasikan maka dinding akan acak-acakan dan sangat bertekstur. 

Justru dengan tampilan tersebut akan memberikan kesan yang unik dan punya daya tarik khusus. Warna dinding akan menyesuaikan dengan warna dari adukan semen yang digunakan. 

4. Plester Halus 

Berkebalikan dengan finishing kamprot tadi, plesteran halus biasanya dipilih untuk rumah-rumah bergaya industrial yang saat ini sedang naik daun. Anda tidak membutuhkan cat melainkan hanya plesteran atau bisa juga dengan acian yang dibuat sehalus mungkin agar mengkilap. 

Warna dinding juga akan dibiarkan tampak kelabu gelap atau terang sesuai dengan warna dari bahan plester atau aciannya. Finishing ini juga termasuk murah dan tahan lama karena Anda tidak membutuhkan cat lagi. 

Keempat jenis finishing dinding teras ini sangat menarik, manakah yang akan Anda pilih? Jika Anda lebih suka plesteran halus pastikan untuk memilih bahan plester yang berkualitas karena nantinya dinding teras akan lebih sering terkena sinar matahari. 

Sebagai rekomendasi Anda bisa menggunakan SCG Mortar Pasangan Bata & Plasteran. Produk ini dirancang khusus untuk pekerjaan dinding bata ringan dan juga untuk mengerjakan plesteran. Bahannya mudah untuk diaplikasikan karena cukup dicampur dengan air saja. 

Selain itu SCG Mortar Pasangan Bata & Plasteran memiliki penyusutan yang rendah sehingga mampu meminimalisir retak rambut. Dinding teras Anda pun akan tampak indah dalam waktu yang lama. Anda yang ingin menggunakan produk ini dan membutuhkan material bangunan lainnya bisa langsung mengunjungi scgcbm.id. 


Sumber: 

https://kreativv.com/mengenal-finishing-dinding-kamprot-untuk-eksterior-rumah-unik-dan-estetik/

https://kumparan.com/urbanid/5-pilihan-finishing-untuk-dinding-rumah-1uwcGgkD8aW

https://snapy.co.id/artikel/jenis-finishing-dinding-rumah

https://muliaceramics.com/article_detail/118/ini_kelebihan_dan_kekurangan_dinding_keramik_untuk_kamar_tidur

https://mamikos.com/info/jenis-batu-alam-untuk-dinding-rumah-yang-unik-beserta-gambarnya/

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)