Hindari Hal Ini Untuk Memodifikasi Motor yang Aman

 

Modifikasi Motor Aman Tidak Kena Tilang

Bagi bikers, modifikasi motor adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Karena lo bisa mengubah motor menjadi lebih cantik. Tapi, tentu saja lo harus modifikasi motor aman kena tilang yang jelas harus diperhatikan. Ada beberapa hal yang harus lo hindari ketika ingin memodifikasi motor agar tidak kena tilang. Di mana tidak boleh lo remehkan. Karena ada banyak kasus modifikasi motor yang berakhir tidak baik. 


Modifikasi motor sebenarnya sah-sah saja, selama memang tidak melanggar peraturan. Maka daripada itu, lo harus memastikan untuk menghindari beberapa hal di bawah ini agar modifikasi motor tetap aman ketika digunakan di jalanan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus lo hindari ketika ingin memodifikasi motor: 


Mengubah Rangka Body Pada Motor 

Salah satu hal yang harus lo hindari adalah dengan mengubah rangka body pada motor yang jelas tidak boleh lo lakukan. Karena body motor adalah bagian dari identitas yang harus sama dengan surat-surat kendaraan. Ketika lo ketahuan mengubah rangka body motor, sudah pasti motor akan disita. Apalagi jika memang tidak ada izin atau tidak disesuaikan dengan surat kendaraan. 


Menggunakan Knalpot Racing yang Ilegal 

Hal selanjutnya yang harus lo hindari adalah menggunakan knalpot racing yang ilegal atau terlalu bising. Pasti lo sudah sering melihat kasus dimana petugas berwajib menyita motor dengan knalpot yang punya suara sangat bising. Di mana hal inilah yang sangat dilarang agar lo tetap bisa menggunakan motor modifikasi di jalan dengan aman. Apalagi knalpot bersuara bising sangatlah mengganggu lingkungan. 


Menggunakan Aksesoris yang Berlebihan 

Memasang aksesoris pada modifikasi motor adalah hal yang biasa, akan tetapi jangan berlebihan dan tidak melanggar peraturan. Misalnya menggunakan velg motor yang tidak sesuai ukuran, di mana lo bisa kena tilang, brads. Karena pemerintah telah membuat aturan standar untuk aksesoris motor. Ketika tidak sesuai, sudah pasti ada alasan jelas, salah satunya bisa menyebabkan kecelakaan yang seharusnya memang dihindari. 


Tidak Mengurus Surat Kendaraan 

Hal yang harus lo hindari adalah tidak mengurus surat kendaraan jika memang ada yang diubah. Misalnya adalah warna dari motor yang tidak sama dari pabriknya. Setiap perusahaan otomotif akan mengeluarkan surat yang di dalamnya ada warna kendaraan. Jika memang diubah, maka sangat disarankan untuk menyesuaikannya dengan surat kendaraan. 


Itulah beberapa hal yang harus lo hindari agar modifikasi motor sesuai dengan peraturan lalu lintas. Di mana dengan modifikasi yang sesuai dengan aturan akan membuat motor tetap aman selama dikendarai dan tidak tidak akan kena tilang. Bagi lo yang ingin memodifikasi motor, maka ada baiknya bergabung dengan Facebook Group Suryanation Motorland Riders sekarang juga. 


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)