Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Baik Ini Sebagai Cara Mencegah Penyakit Diare

 

Cuci Tangan

Kasus diare yang terjadi di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 7 juta, sampai sekarang jumlahnya juga tetap tinggi. Hal ini memang menandakan bahwa penyakit yang satu ini termasuk gangguan kesehatan yang mudah dialami oleh siapa saja. Apalagi dalam kondisi lingkungan yang buruk atau tidak terlalu sehat. Terbukti memang bahwa kawasan padat penduduk dengan sanitasi yang buruk menyumbang banyak kasus penderita diare ini. Untuk itulah maka patut diwaspadai, karena meskipun sudah banyak obat-obatan yang efektif digunakan mengatasinya, tetap saja serangan penyakit ini membuat Anda juga kesulitan untuk beraktivitas, karena harus bolak-balik ke toilet.

 

Diare memang dapat terjadi pada siapa saja, khususnya adalah orang-orang dengan kekebalan tubuh lemah. Karena umumnya mereka akan lebih rentan untuk terinfeksi oleh parasit penyebab diare tersebut. Diare dapat berlangsung selama beberapa hari yang dikenal juga sebagai diare akut. Hanya saja pada beberapa kasus memang bisa menjadi lebih parah, mengingat penyakit tersebut berlangsung selama berminggu-minggu atau yang dikenal sebagai diare kronis. Hal tersebut tentunya lebih berbahaya karena beresiko menyebabkan komplikasi.

 

Gangguan pencernaan yang satu ini juga dapat dicegah dengan cara yang tepat. Berikut ini cara mencegah penyakit diare yang bisa Anda terapkan, yaitu:

 

1. Rajin cuci tangan dengan sabun, Anda setidaknya harus menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, karena faktanya ini memang sangat bagus bagi kesehatan. Dimana tangan sendiri merupakan organ yang menjadi perantara kuman penyebab penyakit, Anda tidak akan sadar jika seandainya di tangan tersebut terdapat banyak kuman yang berbahaya, apalagi jika seandainya sampai masuk kedalam tubuh. Untuk itu maka salah satu langkah pencegahan adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

2. Konsumsi makanan yang sudah dimasak hingga matang, jangan sembarangan mengonsumsi makanan dalam kondisi yang masih mentah. Karena memang Anda sendiri juga tidak tahu bakteri seperti apa yang terkandung disana dan potensinya pada gangguan kesehatan. Jadi alangkah baiknya untuk memasaknya terlebih dahulu sebelum nantinya dikonsumsi agar lebih sehat.

3. Hanya mengonsumsi air matang, faktanya banyak orang yang asal mengonsumsi air yang tidak matang juga rentan terserang penyakit diare ini. Bahkan kebiasaan ini yang dulunya memicu wabah hingga menelan banyak korban jiwa. Pastikan bahwa Anda hanya mengonsumsi air yang benar-benar sudah diproses secara tepat atau dimasak hingga matang untuk kesehatan.

4. Hindari jajan sembarangan, hendaknya Anda juga harus lebih selektif dalam membeli makanan di luar, termasuk diantaranya adalah jajan. Karena banyak penjual di luar sana yang tidak benar-benar memperhatikan kebersihan dari apa yang mereka jual. Makanan sering dihinggapi lalat dan sejenisnya, tentu potensi penularan penyakit termasuk diantaranya adalah diare juga semakin tinggi bukan.

5. Jaga kebersihan lingkungan, hal yang sebenarnya tak kalah penting untuk dilakukan namun sering terabaikan adalah menjaga kebersihan lingkungan, apalagi lingkungan tempat tinggal Anda memang berkontribusi besar dalam kesehatan. Maka dari itu ada baiknya untuk selalu mengontrol kebersihannya sehingga Anda juga dapat terhindar dari penyakit semacam diare ini. Ingat bahwa kondisi lingkungan yang kumuh atau kotor memang menjadi sarang kuman penyebab penyakit.

 

Terapkan cara mencegah penyakit diare tersebut jika ingin tubuh tetap sehat, bagaimanapun datangnya penyakit memang tidak dapat diprediksi, namun setidaknya dapat Anda hindari jika menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)