Penyebab Penyakit Infeksi yang Sering Terjadi | Info SehatQ.com

 

Pilek


Gangguan kesehatan seperti pilek, panu, malaria, dan cacingan adalah tanda bahwa tubuh sedang terkena serangan virus, bakteri, atau jamur. Gangguan ini dapat disebabkan oleh banyak hal, bisa tertular dari manusia lain atau gaya hidup yang kurang sehat. Melansir dari Direktori Penyakit SehatQ.com, gangguan ini memiliki gejala, penyebab, dan cara mengatasi yang berbeda. Yuk simak penjelasannya.

Penyebab dari 5 Gangguan Kesehatan yang Sering Terjadi

1. Pilek

Siapa pun pasti pernah terserang penyakit pilek, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Penyakit ini memang sangat umum dijumpai di Indonesia. Gejala yang paling sering dirasakan adalah bersin-bersin dan rasa tidak nyaman di hidung. Manusia akan terserang pilek ketika tubuhnya terserang oleh virus.

Berbagai virus ini dapat menyebar melalui udara dan bisa dengan mudah terhirup oleh manusia. Pilek akan muncul ketika daya tahan tubuh sedang rendah. Daya tahan yang lemah sangat menguntungkan bagi virus untuk masuk ke dalam sel-sel di dalam tubuh. Penyakit ini bisa menular melalui partikel-partikel yang dihasilkan penderita.

2. Tipes

Meskipun tidak banyak manusia yang mengalami penyakit ini, namun tipes menjadi penyakit langganan bagi beberapa orang. Direktori Penyakit SehatQ.com menjelaskan bahwa tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menyerang tubuh manusia. Terdapat banyak jenis bakteri baik yang membantu proses di dalam tubuh

Namun jika daya tahan sedang turun, jumlah bakteri-bakteri ini menjadi tidak seimbang dan menyebabkan penyakit. Bakteri penyebab tipes biasanya menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Gejala yang sering muncul adalah demam dan bercak-bercak merah pada kulit.

3. Panu

Seseorang yang menderita penyakit panu sering dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak bersih, seperti pakaian yang dipakai berkali-kali, mandi tidak bersih, dan lain-lain. Pada dasarnya, panu akan muncul karena adanya jamur yang tumbuh tidak normal. Banyak jamur yang terdapat di dalam tubuh manusia, namun jika pertumbuhannya melonjak, infeksi akan terjadi.

Panu disebabkan oleh jamur yang mengganggu pigmentasi kulit, sehingga muncul bercak-bercak putih pada kulit yang berbeda dengan kulit normal pada umumnya. Di dalam dunia medis, panu disebut dengan tinea versicolor. Kondisi lain yang dapat memicu munculnya panu adalah udara yang panas dan lembap, minyak berlebih pada kulit, menurunnya sistem daya tahan, atau perubahan hormon.

4. Cacingan

Salah satu penyakit yang sangat maklum terjadi di Indonesia adalah cacingan. Seseorang yang makan dalam jumlah banyak, tapi ukuran tubuhnya tidak juga bertambah biasanya akan dianggap mengalami penyakit ini. Secara ilmiah, cacingan disebabkan oleh parasit yang hinggap dan menyerap makanan dari tubuh.

Cacingan terjadi karena tubuh diserang oleh parasit. Secara umum, cacing yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, dan penurunan berat badan. Banyak jenis cacing yang bisa memicu penyakit ini dan masing-masing memiliki gejala yang berbeda. Orang-orang yag kurang baik dalam menjaga kebersihan akan sangat mudah cacingan.

5. Jamur Mulut

Pernah menjumpai atau merasakan sudut pada mulut terasa sakit? Itu adalah tanda-tanda terjadi pertumbuhan jamur yang tidak normal. Melansir dari Direktori Penyakit SehatQ.com, jamur mulut disebabkan oleh jamur Candida albicans yang pada kondisi normal memang berada di dalam rongga mulut. Namun, ketika terjadi ketidakseimbangan jumlah, jamur ini akan menyebabkan penyakit.

Itulah beberapa penyebab dari gangguan kesehatan yang sering dialami manusia, khusurnya masyarakat Indonesia. Penyebab utamanya adalah serangan dari mikroorganisme seperti jamur, virus, bakteri, dan parasit. Namun, pola hidup yang tidak sehat dan tidak bersih adalah pemicu munculnya penyakit.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)