Tips Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan untuk Keluarga


asuransi kesehatan keluarga

Asuransi kesehatan menjadi hal yang sangat penting karena kita tidak akan pernah tahu musibah apa yang mungkin datang menghampiri. Banyaknya produk asuransi kesehatan membuat kita harus lebih selektif dalam memilihnya, terlebih untuk keluarga. Berikut ini adalah tips cerdas memilih asuransi kesehatan keluarga yang tepat.

1. Mengetahui kebutuhan diri dan keluarga
Sebelum membeli produk asuransi, penting bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan kesehatan diri sendiri dan juga keluarga. Dengan mengetahui kebutuhan secara spesifik, maka akan memudahkan Anda memilih asuransi dengan cakupan polis yang sesuai dan efektif karena berbeda layanan pastinya akan berbedanominal premi-nya.

2. Mengetahui kemampuan finansial tertanggung
Jika Anda merupakan pihak tertanggung yang akan membayar premi asuransi, maka penting untuk memperhitungkannya dengan pendapatan dan kebutuhan lainnya. Pembayaran premi sekitar 5-10% dari penghasilan menjadi batasan dana yang baik. Dengan demikian, kebutuhan lain masih bisa ter-cover sekalipun harus membayar premi asuransi.

3. Pahami sistem asuransi kesehatan
Berdasarkan sistem asuransi, Anda akan menemui dua jenis asuransi, yaitu asuransi kesehatan cashless dan asuransi kesehatan reimburse. Asuransi sistem cashless akan membayar biaya secara langsung selama perawatan. Namun, untuk sistem reimburse, Anda harus membayar biaya perawatan terlebih dahulu baru nanti akan diganti.

4. Perhatikan jaringan rumah sakit yang bekerja sama
Jaringan rumah sakit yang diajak bekerja sama menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki kerja sama dengan banyak rumah sakit agar memudahkan Anda mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik sesuai yang dibutuhkan, serta berada di lokasi yang tidak jauh dari rumah Anda.

5. Hindari pembelian produk melalui telemarketing
Sekarang ini, banyak marketing yang menawarkan produk asuransi kesehatan keluarga melalui telepon. Cara ini mungkin terkesan lebih praktis karena kita tidak perlu pergi ke perusahaan penyedia layanan asuransi, akan tetapi risikonya juga cukup besar. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mendatangi langsung perusahaan asuransi.

6. Pilih perusahaan asuransi yang tepat
Pilihlah perusahaan asuransi dengan teliti, mulai dari melihat cakupan layanan, mekanisme, hingga kredibilitas yang dimilikinya. Kumpulkan informasi dan bandingkan untuk mendapatkan perusahaan terbaik.

Demikian informasi mengenai tips memilih asuransi kesehatan keluarga yang harus Anda lakukan. Pastikan bahwa Anda memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dengan produk asuransi yang menguntungkan.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)