Menggali Semangat Kampung Indonesia dari Lingkungan Asri Kampung Sui Jawi Pontianak


KBA Sui Jawi Pontianak

PT Astra Internasional Tbk. ingin memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan dan perkembangan bangsa di suatu negara. Astra ingin mengulurkan tangan untuk membuat semua warga bisa hidup dengan nyaman dan tenang. Bantuan dari Astra ini diberikan kepada kampung-kampung di Indonesia melalui sebuah program menarik yang diberi nama Kampung Berseri Astra (KBA).

Sebagai perusahaan besar, Astra tentu tak tanggung-tanggung memberikan dukungan positif kepada warga kampung yang tergabung bersama KBA. Salah satu kampung yang tergabung sebagai bagian dari program KBA adalah kampung Sui Jawi Pontianak. Kampung ini menjadi salah satu nama kampung yang telah banyak mengalami perubahan dan perkembangan sejak bekerja sama dengan Astra.

Perlu diketahui bahwa KBA terbagi menjadi 5 jenis kampung yaitu kampung produktif, kampung cyber, kampung budaya, kampung wisata, dan kampung hijau. Setiap kampung memiliki fokus masing-masing dan berkembang sesuai potensi yang mereka miliki. Hanya saja, mereka harus tetap berkembang sesuai dengan 4 pilar pedoman yaitu lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan  kewirausahaan.

Memperbaiki Lingkungan
Lingkungan hidup yang bersih dan nyaman tentu saja akan membuat penghuninya merasa betah. Kampung Sui Jawi mulai memperbaiki diri setelah bergabung dengan Astra. Kita bisa lihat sekarang bahwa lingkungan di kampung Sui Jawi menjadi semakin indah dan asri. Pemandangan di kampung Sui Jawi menjadi jauh lebih nikmat untuk dipandang tak seperti biasa.

Bisa kita lihat dari dinding-dinding yang ada di lingkungan kampung. Di sana dinding yang kosong kemudian dihiasi dengan mural yang sangat indah dan terlihat nyata. Selain itu, Astra juga telah menyediakan banyak paku jika dibutuhkan oleh warga ketika akan menggantung sesuatu di dinding untuk memperindah pemandangan dinding di kampung Sui Jawi ini.

Tak lupa, untuk memberikan nuansa hijau dan udara yang sehat, Astra juga menghadirkan sebuahlokasi kebun dengan beragam jenis tanaman. Warga dan Astra bekerja sama untuk membuat sebuah lingkungan kampung yang asri dan menyehatkan. Caranya adalah dengan menanam pohon-pohon dan memenuhi kebun rumah masing-masing dengan beragam jenis tanaman yang bagus.

Kesehatan dan Kemandirian Warga
Bukan bagian dari KBA jika warganya tidak bisa mandiri dengan usahanya sendiri. Salah satu pilar yang ada pada CSR untuk program KBA ini adalah kewirusahaan. Astra berusaha memberikan dukungan terbaik agar warga bisa mandiri secara finansial dan bisa meningkatkan taraf hidup mereka. Bentuk kemandirian warga kampung Sui Jawi yaitu membuat kerupuk opak, khas warga Pontianak.

Selain kewirausahaan, pilar kesehatan dari KBA juga harus diperhatikan dengan baik. Astra menyediakan fasilitas pembinaan untuk kader posyandu. Selain itu, ada program posyandu peduli bangsa dimana tim akan memberikan vitamin gratis kepada anak-anak yang berada di sekitar lokasi kampung. Ini menjadi wujud nyata kepedulian Astra terhadap kesehatan warga Indonesia apalagi anak-anak.

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan campur tangan dari Astra, kampung Sui Jawi bisa berkembang menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Kampung ini bisa memperbaiki kondisi lingkungannya yang awalnya tidak begitu baik menjadi begitu bagus dan luas. Namun, semua ini tidak sepenuhnya merupakan peran dari Astra karena ada peran masyarakat di dalamnya.

Kerjasama antara warga dengan Astra menjadi sebuah perpaduan yang sangat baik dan kuat. Demi mewujudkan lingkungan yang lebih baik, meningkatkan taraf hidup warga, dan menyediakan fasilitas pendidikan serta kesehatan yang baik, warga dan tim Astra telah bekerja begitu keras. Ke depannya nanti, diharapkan kampung Sui Jawi ini bisa terus berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)