Bikin Lebih Awet & Bersih, Ini Tips & Trik Merawat Kulkas di Rumah Anda

Kulkas memiliki banyak fungsi dan kegunaan untuk setiap rumah, yaitu selain untuk membuat makanan lebih awet dan tetap segar, tapi juga untuk menyimpan obat-obatan hingga kosmetik. Oleh karena itu, kulkas bukan lagi merupakan kebutuhan sekunder, namun sudah merupakan kebutuhan primer untuk sebagian besar orang yang memiliki aktivitas padat dan tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja bahan makanan setiap hari. Kulkas pun sangat membantu untuk menjaga agar bahan makanan untuk tetap segar dan lebih awet hingga saat dimasak. 

Merawat Kulkas


Oleh karena itu, kulkas pun juga harus dirawat agar tetap optimal untuk menjaga bahan makanan untuk tetap segar dan lebih awet. Simak beberapa tips berikut ini untuk merawat kulkas untuk tetap bersih dan lebih awet. 

Bersihkan Secara Berkala  

Anda tidak harus menunggu kulkas anda untuk menimbulkan bau tidak sedap dan penuh dengan kerak untuk membersihkannya. Gunakanlah air hangat dan sabun cuci piring untuk membersihkan bagian dalam kulkas dan gunakan juga spons lembut untuk membilas bagian dalam kulkas di rumah anda. Jangan lupa untuk membersihkan kondensor dibagian belakang kulkas. Bersihkan kondensor dan bagian belakang kulkas dari debu dan kotoran sehingga kondensor bisa lebih mudah melepas panas.
 
Jangan isi kulkas hingga penuh  
Mungkin belanja bulanan lebih hemat waktu dan hemat pengeluaran anda, namun menjejalkan semua bahan makanan yang sudah anda beli di kulkas kecil anda membuat kulkas anda cepat rusak. Kulkas anda dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk mendinginkan lebih banyak bahan makanan. Jika anda ingin kulkas anda lebih awet, maka isi kulkas anda secukupnya mulai dari sekarang.
 
Jangan membuka kulkas terlalu lama   
Tips berikutnya yang juga berguna untuk merawat kulkas adalah jangan membuka kulkas terlalu lama. Jika anda sedang bingung akan masak apa hari ini dan duduk didepan kulkas sambil memilih-milih bahan makanan, maka anda memaksa kulkas anda untuk bekerja lebih keras saat pintu ditutup. Hal ini karena udara dingin dari dalam kulkas akan banyak keluar dan memaksa mesin untuk bekerja lebih keras untuk mendinginkan kembali saat pintu ditutup. Oleh karena itu, hindari membuka kulkas terlalu lama dan ketika menutup kulkas, pastikan kulkas tertutup rapat untuk menghemat listrik.
 
Jangan menyimpan makanan panas langsung ke dalam kulkas  
Jika anda sedang membuat makanan atau minuman yang harus disimpan terlebih dulu didalam kulkas sebelum di sajikan, maka hindari menyimpan langsung makanan atau minuman yang masih panas atau hangat ke dalam kulkas. Tunggulah selama beberapa waktu agar suhu makanan atau minuman tersebut menjadi suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
 
Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan  
Memang kulkas dengan suhu terendah membuat makanan yang anda simpan menjadi lebih cepat dingin. Namun hal ini mengakibatkan boros listrik. Oleh karena itu, aturlah suhu kulkas sesuai kebutuhan anda. Atur suhu kulkas satu level diatas garis tengah sehingga kulkas anda tidak bekerja terlalu keras, dan juga tidak boros listrik.
 
Atur jarak kulkas dari dinding dan benda sumber panas 
 Agar kulkas anda bisa lebih awet, aturlah jarak atau ruang antara kulkas dan dinding. Jarak atau ruang yang disarankan adalah antara 15-20 cm. Hal ini agar udara panas dari kulkas tidak terperangkap di kondensor. Anda juga harus memerhatikan jarak kulkas dengan benda sumber panas, seperti kompor.
 
Nah, itulah beberapa tips dan trik dalam merawat kulkas untuk menjaga kulkas anda lebih awet dan hemat listrik juga bersih. Jika anda sedang mencari kulkas baru untuk rumah anda dengan fitur terkini, maka anda bisa berbelanja produk Kulkas di ES.id. Disini, anda bisa menemukan beragam pilihan Kulkas yang sesuai dengan kebutuhan anda dan tentunya kantong anda. ES.id banyak menawarkan promosi menarik yang pastinya bikin anda makin hemat untuk beli kulkas baru untuk rumah anda. Di tanggal 14 Maret ini, ada Promo White Day yang bikin anda makin untung untuk belanja kulkas dan produk elektronik lainnya karena Promo White Day ini menawarkan berbagai Voucher menarik untuk anda dan harga spesial Rp 143.017 khusus untuk merayakan Promo White Day ini. 

Anda bisa belanja kulkas dan produk elektronik lainnya di ES.id dengan harga makin miring dengan promo diskon khusus di perayaan White Day ini. Jadi, tunggu apalagi? Langsung serbu ES.id dan belanja kulkas dan produk elektroniknya cuma di ES.id harganya miring banget! Promo ini cuma sampai tanggal 17 Maret lho. Yuk, buruan cek disini.

1 komentar:

Silahkan Berkomentar :)