Sayuran Yang Bagus Untuk Ibu Hamil | Susu & Cemilannya

Sayuran Bagus Untuk Ibu Hamil

Cemilan, Susu dan Sayuran Bagus Untuk Ibu Hamil - Masa masa kehamilan adalah masa yang sangat spesial bagi seluruh wanita dan perlu dijaga dengan baik agar kandungannya selalu sehat. Pada masa hamil ini ada sedikit persepsi yang beredar dikalangan calon ibu yakni saat anda hamil anda harus makan layaknya dua orang yakni untuk ibu dan debay yang ada dalam perut. 

Faktanya saat sedang mengandung anda tidak perlu makan terlalu banyak seakan-akan untuk dua orang. Anda cukup menambahkan sekitar 300 kalori tambahan, yaitu kira-kira setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dengan susu rendah lemak. Konsumsilah makanan dalam porsi yang sedikit, tapi dengan intensitas yang lebih sering.

Berikut ini tips makanan yang sehat dan dianjurkan untuk dikonsumsi untuk ibu hamil :

Sayur-sayuran dan buah-buahan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan berbeda tiap hari untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, serta serat. Berikut ini adalah beberapa contoh sayur-sayuran dan buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur:

Avokad, 1 buah ukuran sedang. Kaya dengan asam folat, vitamin C, vitamin B6, potasium, dan serat. Avokad juga kaya dengan asam lemak tidak jenuh tunggal yang dibutuhkan untuk pembentukan sel saraf, mata, dan otak bayi.

Brokoli, 100 gram atau satu gelas. Mengandung asam folat dan kalsium yang berguna untuk perkembangan tulang.

Kacang merah, 200 gram atau satu sendok makan. Kaya dengan zat besi, antioksidan, protein, dan bermanfaat untuk perkembangan kognitif bayi.

Pisang, 1 buah ukuran sedang. Mengandung potasium dan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk kelancaran metabolisme tubuh.

Kacang edamame, sebanyak 2,5 sendok makan. Dapat dikonsumsi sebagai camilan yang kaya dengan asam folat, zat besi, protein, kalsium, vitamin A dan B.

Apel, 1 buah. Kaya dengan vitamin C dan serat yang dapat mencegah sembelit dan membantu menurunkan tingkat kolesterol.

Wortel, 2 buah. Kaya dengan vitamin A untuk pembentukan mata dan tulang bayi.

Cemilan Untuk Ibu Hamil
Ibu yang sedang mengandung sering merasa lapar sepanjang waktu dibanding saat dia tidak hamil. Penting juga untuk memerhatikan cemilan sehat untuk ibu hamil yang Anda konsumsi di sela-sela waktu selain makanan utama. Hindari makanan ringan dengan kadar garam dan gula tinggi yang banyak terdapat dalam makanan kemasan. Salad, ubi manis, kacang mede, roti gandum, jagung, dan pisang rebus adalah contoh kudapan sehat yang bisa dicoba.

Susu Untuk Ibu Hamil
Selama masa kehamilan, Anda disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam sehari. Cairan ini juga bisa didapatkan dari makanan seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, atau susu. Namun perlu diingat bahwa beberapa minuman seperti minuman ringan dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau kenaikan berat badan.

Konsultasikan susu yang cocok dengan kondisi anda dengan dokter yang berkompeten. Sebagai contoh dalam kondisi tertentu ada ibu hamil yang mengalami mual-mual berlebih anda bisa memilih susu khusus yang bisa mengurangi rasa mual tersebut.

1 komentar:

Silahkan Berkomentar :)