3 Penyebab Polusi Air yang Perlu Dihindari

Dewasa ini terjadinya polusi air, udara, dan segala elemen penting di lingkungan sekitar semakin terasa dampaknya. Memiliki dan melihat pemandangan lingkungan yang sehat bagi masyarakat perkotaan merupakan hal yang sangat langka. Padatnya penduduk yang saling berusaha untuk mencukupi kebutuhan harian membuat produksi limbah semakin besar. Apabila tidak diimbangi dengan pemahaman mengolah limbah tersebut maka polusi menjadi hal yang tidak terhindarkan.

sungai banjarmasin
Sungai Banjarmasin penuh sampah kayu


Apalagi untuk polusi kebersihan air yang merupakan salah satu unsur penting dalam menjaga kehidupan makhluk hidup. Tanpa air maka setiap makhluk bernyawa akan mudah mati, adapun penyebab polusi unsur air adalah:

1. Limbah pabrik yang tidak dikelola dengan baik kemudian dibuang di area sungai, sehingga mencemari kondisi air di sekitarnya.
2. Membuang sampah di sepanjang aliran sungai yang menyebabkan sungai terkontaminasi sampah dan akhirnya menjadi keruh dan kotor, bahkan berbau.
3. Banyaknya asap kendaraan bermotor yang membuat uap air mengandung limbah kendaraan tersebut dan akhirnya mencemari kondisi air sungai dan laut.

Air yang menjadi sumber penghidupan Kita sebaiknya dijaga dengan baik, mulailah dari diri sendiri yang semoga bisa menginspirasi. Tidak sulit menjaga kebersihan air, yang sulit adalah memperbaiki kondisi air yang sudah rusak untuk kembali normal. Anda bisa mulai dengan menjaga kebersihan rumah dan mengelola sampah dengan bijak. Hasilnya polusi air maupun polusi unsur lingkungan lain dapat dicegah atau diminimalisir.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)