Langkah cerdas dan tips mengajukan pinjaman pribadi


Gobear Briguna

Pinjaman pribadi atau sering juga disebut dengan personal loan sering dijadikan alternatif bagi sebagian orang untuk mendapatkan dana tambahan. Biasanya pinjaman ini akan digunakan untuk kebutuhan pribadi seperti pemenuhan kebutuhan sehari-hari, bisnis, pendidikan, pernikahan dan lainnya. Tentu saja pinjaman seperti ini juga disesuaikan dengan kemampuan anda untuk mengembalikan dalam jangka waktu tertentu.

Ada beberapa pilihan instansi atau unit usaha yang memang memberikan pinjaman seperti ini kepada banyak pihak. Sebut saja Bank BRI dengan produk BRIGuna. Produk ini sangatlah menarik selain pastinya jaminan pengawasan dari pihak OJK. Selengkapnya ikuti tips penting dibawah untuk mempersiapkan anda mengajukan KTA sampai sukses.

Sebelum anda mengajukan KTA atau pinjaman tanpa agunan sebaiknya pertimbangkan beberapa hal. Biasanya hal ini akan menyangkut kemampuan hingga tujuan anda mengajukan pinjaman ini. Apalagi dibutuhkan beberapa pertimbangan untuk membuat pinjaman itu berfungsi sangat maksimal.

Tips sebelum mengajukan pinjaman pribadi
Ada beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman seperti ini. Tentu saja ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan pinjaman dan pengembalian yang sangat baik. Beberapa hal yang harus anda perhitungkan seperti:

1.       Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pinjaman
Anda harus ingat bahwa pinjaman seperti ini harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan anda. Apalagi tujuan anda untuk melakukan pinjaman ini juga memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan anda sendiri. Bila anda memang akan menggunakan pinjaman ini untuk keperluan pribadi sebaiknya pertimbangkan kembali seluruh pemenuhan kebutuhan itu.

Misalnya saja pinjaman yang dibutuhkan untuk acara pernikahan anda. Hal ini tentu saja membutuhkan perhitungan yang matang terhadap jumlah yang akan anda ajukan. Apalagi anda juga harus memiliki kemampuan yang ideal untuk melakukan pengembalian terhadap batas waktu yang diminta. Jangan terlalu berlebihan mengajukan pinjaman seperti ini. Tentu saja ini berkaitan dengan bunga yang akan anda bayarkan.

2.       HItung suku bunga yang ditawarkan
Berbagai badan atau institusi yang menawarkan pinjaman seperti ini tentu saja menawarkan perhitungan suku bunga yang berbeda. Hal ini biasanya akan dipengaruhi juga terhadap jumlah yang anda ajukan. Jangan lupa untuk memilih badan peminjam yang menawarkan suku bunga tetap. Perhitungan seperti ini biasanya memberikan pengaruh terhadap waktu peminjaman yang anda butuhkan.

Keuntungan dari suku bunga tetap biasanya akan memudahkan anda untuk melakukan peminjaman dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, pelajari juga metode perhitungan suka bunga yang menjadi ketentuan dari institusi itu. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda dalam pengembalian pinjaman dalam batas waktu yang cukup lama itu.

3.       Jangan lupa untuk menghitung batas waktu yang diberikan
Batas waktu yang anda ajukan sebenarnya akan mempengaruhi nilai dari pinjaman. Apalagi hal ini juga akan berkaitan dengan pengembalian dari pinjaman yang diajukan. Pilih batas waktu yang tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lama.

Hal ini juga akan disesuaikan dengan kemampuan pengembalian pinjaman anda. Misalnya saja bila anda mengajukan pinjaman untuk kebutuhan pribadi dalam jangka waktu beberapa bulan hal ini akan mempengaruhi nilai suku bunga dan nilai pinjaman itu sendiri. Pelajari lebih lengkap tentang tawaran dari batas waktu hingga nilai suku bunga dari setiap paket pinjaman yang ditawarkan kepada anda.

4.       Konsultasikan dahulu kepada pakar
Sebelum anda melakukan pengajuan pinjaman sebaiknya konsultasikan dahulu kepada para pakar. Konsultan ini bisa anda temui di berbagai institusi. Selain itu, anda juga bisa melakukan konsultasi secara online melalui beberapa situs keuangan. Pelajari lebih lengkap tentang fungsi dari pinjaman seperti ini.

Hal lain yang harus anda pertimbangkan adalah dengan proses pengajuan dan penawaran dari jumlah pinjaman. Jangan sampai anda menemukan kendala setelah mendapatkan pinjaman atau proses pengembalian. Hal ini akan menyulitkan anda dan berdampak buruk bagi BI checking secara prosedural.

Beberapa langkah cerdas untuk memulai pinjaman pribadi
Pengajuan pinjaman seperti ini memang membutuhkan persyaratan yang berbeda. Ada beberapa langkah penting yang harus anda lakukan agar proses pinjaman juga berlangsung dengan sangat lancar. Apalagi hal ini juga akan berkaitan dengan jumlah pinjaman yang anda ajukan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Masing-masing badan atau institusi yang menawarkan pinjaman seperti ini biasanya memiliki kebijakan yang sangat berbeda. Berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan, seperti:

1.       Melakukan survey terhadap badan penyedia pinjaman
Saat ini ada banyak institusi atau badan penyedia pinjaman yang berbentuk konvensional atau termasuk dalam fintech. Masing-masing dari penyedia pinjaman ini memiliki kebijakan dan ketentuan yang berbeda. Anda harus melakukan perbandingan terhadap seluruh penawaran dan kebijakan yang ditawarkan. Ini akan berkaitan dengan jumlah pinjaman yang anda dapatkan hingga proses pengajuan yang cukup mudah.

Bahkan, beberapa situs jasa keuangan juga semakin sering memberikan review atau perbandingan dari penyedia pinjaman yang sudah banyak beredar. Salah satunya adalah GoBear. Pilih badan atau institusi penyedia pinjaman yang menawarkan suku bunga rendah dan tidak mematok persyaratan terlalu rumit. Anda juga harus mendapatkan penyedia yang memiliki kantor pelayanan di daerah anda.

2.       Penuhi seluruh persyaratan yang diminta
Untuk memudahkan proses pengajuan pinjaman sebaiknya perhatikan seluruh persyaratan yang diminta. Apalagi beberapa institusi penyedia jasa pinjaman seperti ini menerapkan kebijakan persyaratan administrasi yang berbeda. Sesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki untuk memenuhi seluruh persyaratan itu.

Bila perlu tanyakan langsung kepada customer service dari setiap institusi pada bagian persyaratan yang belum anda mengerti. Seluruh dokumen yang dibutuhkan biasanya memang akan memberikan pengaruh terhadap proses pengajuan. Jangan pernah melakukan manipulasi terhadap dokumen penting yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman ini.

3.       Pilih badan penyedia pinjaman yang terdaftar di OJK
Hal penting lainnya yang harus anda pertimbangkan adalah sebaiknya pilih badan atau penyedia pinjaman yang sudah terdaftar di OJK. Anda bisa membuka situs resmi dari OJK lalu perhatikan seluruh institusi yang sudah terdaftar di sana. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan atau hal lain yang akan merugikan anda saat mengajukan pinjaman.

Anda juga bisa meminta penjelasan langsung kepada institusi untuk mendapatkan informasi tentang pelayanan atau penawaran produk pinjaman yang sudah terdaftar secara resmi.

4.       Gunakan batas pinjaman yang telah ditentukan
Beberapa institusi yang menawarkan pinjaman seperti ini tentu saja memberikan pilihan batas waktu yang berbeda. Bila anda ingin menggunakan pinjaman ini untuk kebutuhan pribadi sebaiknya perhitungkan batas waktu pengembalian sesuai dengan kemampuan anda.

Hal ini justru akan memudahkan anda untuk mendapatkan persetujuan pinjaman dengan cepat. Jangan memilih batas waktu yang terlalu lama karena hal itu akan mempengaruhi nilai suku bunga dan pengembalian pinjaman.

5.       Pertimbangan seluruh perhitungan dari pinjaman ini
Jumlah pinjaman yang anda ajukan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Ini untuk menghindari kelebihan pinjaman yang justru akan membuat anda sulit untuk melakukan perhitungan suku bunga dan batas pengembalian. Hitung secara rinci jumlah pinjaman terhadap suku bunga dari penawaran. Anda juga bisa melakukan perhitungan ini kepada konsultan dari setiap badan atau jasa penyedia pinjaman.

Di Indonesia, kini hadir GoBear, dimana menyediakan perbandingan setiap produk KTA yang ditampilkan sekaligus. Sangat cocok untuk kamu gunakan sebagai alat pembanding antara setiap produk. Kamu bisa membandingkan suku bunga, kurun tenor, sampai biaya administrasi dengan sangat detail. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda, semoga sukses!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)