Cara Membentuk Sambungan Pipa Paralon dengan Mudah

Dalam pemasangan paralon tidak boleh sembarangan, karena proses pemasangan merupakan yang terpenting untuk menjamin bahwa pipa tersebut nantinya dapat mengalirkan air dengan baik. Sambungan yang bagus adalah sambungan yang tidak menyebabkan kebocoran saat nanti saluran airnya berjalan. Biasanya sambungan pipa paralon dibantu dengan beberapa alat sambungan yang seperti umum yang biasa anda temukan di beberapa toko. Sambungan tersebut diantaranya hanya Letter T, L, yang lurus dan juga yang silang. Namun yang sering jadi masalah adalah terkadang kita butuh sambungan lain dimana alat sambungannya tidak tersedia di sambungan standar. Untuk itu kita butuh cara untuk membentuk sambungan pipa paralon tersebut. 

Bagaimana caranya? Langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat sambungan pipa tersebut. Sambungan pipa paralon dapat kita buat sendiri karena paralon memiliki tekstur yang lentur sehingga dapat dibengkokkan tanpa patah dengan bantuan api. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat bahan yang akan membentuk paralon yang dapat kita buat dengan menggunakan bahan kayu atau bahan lain. Buatlah bentuk bulat atau setengahnya dengan pinggirannya berbentuk cekung.  

Sambungan Pipa

Jika pembentuknya sudah dibuat, maka tinggal anda nyalakan api di dekat paralon hingga paralonnya dapat dibengkokkan dan melengkung. Jangan lupa juga untuk menutup bagian ujungnya untuk mencegah agar paralon tidak gepeng saat di panaskan. Apa yang digunakan bisa saja menggunakan lilin atau benda lainnya yang sejenis. Jika anda tidak mau membuat papan kayu untuk pembentuknya, sebenarnya proses pembengkokan paralon ini juga tetap bisa dilakukan, namun mungkin hasilnya tidak akan sebagus saat anda menggunakan cetakan kayu tersebut. Kurang lebih begitulah cara yang bisa anda gunakan untuk membuat sambungan pada pipa paralon.  

Untuk bentuk lainnya, seperti silang tiga, bisa anda lakukan dengan bantuan alat penyambung standar yang biasanya telah tersedia di toko-toko material. Pemasangan sambungan ini biasanya tergantung dari kondisi rumah yang akan anda pasangi, jadi wajar saja bila kebutuhan tiap rumah untuk sambungan pipa ini berbeda-beda. Seperti yang kita ketahui juga bahwa air merupakan sumber kehidupan dimana setiap hari kita membutuhkan adanya air bersih untuk beraktivitas. Dengan lancarnya saluran air, maka kebutuhan pun akan lebih mudah terpenuhi.  

Jika anda tidak bisa melakukan pemasangan pipa sendiri, sebaiknya anda meminta bantuan pada orang yang lebih ahli. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya kebocoran yang terjadi akibat pemasangan pipa yang kurang benar. Jika bocor sudah melanda, maka yang kan repot tentunya seluruh isi rumah. Tidak tersedianya air merupakan masalah besar dimana hampir semua aktivitas memerlukan air. Mulai dari mandi, mencuci baju, mencuci piring, cuci muka, cuci tangan, memasak, dan masih banyak lagi. 

Perlu diingat juga bahwa untuk menunjang pemasangan sambungan pipa yang benar, anda juga harus bisa memilih produk pipa paralon  yang berkualitas agar saluran air nada dapat lebih awet dan tahan lama. Selain masalah penyambungan pipa, jangan lupa untuk mengoleskan lem pipa saat anda hendak menyambungkan kran air. jika tidak menggunakan lem, anda juga bisa menggunakan TBA yang dililit pada bagian dratnya. Jika semuanya telah terpasang, periksa lagi di bagian sambungan untuk memastikan bahwa sambungannya sudah erat dan tidak akan mengalami kebocoran saat tengah digunakan. Itulah sedikit informasi mengenai bagaimana membentuk sambungan pipa, semoga informasinya berguna bagi kita semua.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)