Wow! Penggunaan AC Jadi Super Hemat dengan Cara Ini!



Pendingin Ruangan AC


Tinggal di negeri tropis seperti Indonesia membuat kebanyakan dari kita jadi ketergantungan dengan pendingin ruangan (AC). Untuk itu, pendingin ruangan menjadi salah satu item penting di setiap rumah, khususnya untuk kamu yang tidak terbiasa dengan kondisi udara panas. Namun, tidak sedikit dari kita yang merasa kewalahan dengan tagihan listrik mahal akibat penggunaan pendingin ruangan. Nggak usah khawatir, berikut ini tips sederhana dalam memilih pendingin ruangan yang hemat. Yuk, simak ulasannya!

1. Pilih Jenis Pendingin Ruangan Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli pendingin ruangan, kamu perlu mengerti bahwa AC memiliki jenis yang berbeda-beda. Sebagai contohnya, untuk kebutuhan rumah tangga kamu bisa memilih jenis AC Split. AC Split adalah pendingin ruangan yang memilih komponen kompresor  terpisah sehingga instalasinya jauh lebih mudah dan dapat dilakukan di mana saja tanpa harus melubangi dinding rumah. AC Split bisa dipasang di langit-langit ruangan dekat lampu. Jenis pendingin ruangan ini umumnya juga lebih hemat listrik jika dibandingan dengan tipe AC Central yang kompresornya sangat besar. Biasanya AC Central digunakan untuk ruangan besar seperti gedung perkantoran dan mal.

2. Pilih PK Sesuai dengan Luas Ruangan

Ini dia kunci utama dalam memilih pendingin ruangan yang hemat listrik. Sebelum membeli AC, sebaiknya kamu mencari tahu lebih dulu luas ruangan yang akan dipasangkan pendingin ruangan. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan tersebut. Misalnya untuk ruangan berukuran 10 m2 kamu bisa memilih AC ½ PK, 14 m2 dengan ¾ PK, 18 m2 dengan 1 PK, 24 m2  dengan 1 ½ PK, dna 36 m2  dengan 2 PK. Nah, jika luas ruanganmu melebihi 36 m2, kamu disarankan untuk memasang lebih dari satu pendingin ruangan, ya.

3. Perhatikan Ketersediaan Garansi

Ketersediaan garansi merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan ketika membeli pendingin ruangan.  Lalu, kenapa sih garansi sangatlah penting? Jika pendingin ruangan tersebut memiliki garansi, kamu tidak perlu khawatir akan pengeluaran besar ketika AC tersebut rusak. Kamu hanya perlu mengajukan garansi kepada pemilik toko dan pendingin ruangan pun akan langsung diperbaiki.

4. Cari Merek AC dengan Harga Terjangkau

Siapa bilang  kamu perlu menyiapkan bujet besar untuk membeli pendingin ruangan? Kamu bisa kok mendapatkan merek AC berkualitas dengan harga murah. Untuk itu, sebelum membeli pendingin ruangan, kamu bisa melakukan research dengan cara membandingkan harga dari satu toko dengan lainnya.  Oh iya, biasanya harga AC yang dijual di toko online lebih murah dibandingkan dengan di toko, lho! Nah, kamu bisa membeli pendingin ruangan dengan harga murah melalui Shopee

5. Pilih Fitur Pendingin Ruangan Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli pendingin ruangan kamu perlu memastikan fitur yang dibutuhkan. Sebagai contoh, jika kamu memiliki anak kecil di rumah, coba beli pendingin ruangan merek Sharp yang memiliki fitur Plasmacluster. Fitur Plasmacluster dapat membersihkan udara dan menghancurkan bakteri serta jamur yang menyebar di dalam rumah. Namun, jika kamu lebih mengutamakan harga murah,  pilihlah fitur pendingin ruangan yang hemat listrik. 

6. Pilih Merek Pendingin Ruangan Terpercaya

Banyaknya pilihan merek pendingin ruangan memang sering kali membingungkan. Namun, pastikan kamu memilih brand AC yang tepercaya, ya! Tidak dapat dimungkiri, merek yang kamu pilih dapat menjamin kualitas pendingin ruangan. Tentu saja kamu tidak mau AC barumu gampang rusak, bukan? Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih merek Sharp, Panasonic, Samsung, LG, dan Midea.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar penggunaan pendingin ruangan jadi super hemat. Semoga artikel ini membantu, ya!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)