Tips Hidup Hemat Bahagia Ala Anak Kost

Sebagai anak kost teladan, saya kadang suka merasa merana tiap kali harus berhemat. Maklum sebagai mahasiswi kampus di Malang, saya sering terpikirkan apakah saya sedang LDR dengan uang orangtua, hehehe. 

Anak Kost
Karena uang hanya datang ketika awal bulan, saya pun mau tidak mau harus berhemat. Ada beberapa cara penghematan ala saya yang bisa teman-teman terapkan. Ini dia beberapa caranya.

Memilih kost yang terjangkau
Terjangkau adalah murah. Jadi sebisa mungkin saya cari kost putri yang murah meriah. Tidak usah kamar mandi dalam, asal saya masih bisa mandi walau harus bergantian, sih, it’s okay. Biasanya kalau kost di dekat kampus harganya lumayan mahal. Bisa setengah kali lipatnya dari kost yang agak jauh dari kampus. Saya lebih memilih yang agak jauh. Meskipun harus jalan kaki, tapi murah sekaligus sehat, kan? Ya, sebenarnya saya lebih sering nebeng teman, sih, hehehe.

Masak sendiri
Memasak sendiri itu jadi kewajiban saya sebagai wanita kost-an. Tinggal cari magic com yang murah, beli beras, masak, dan makan. Lauknya? Bisa beli di warung terdekat atau ya masak lagi. Untung saya anaknya bisa makan apa saja, jadi tahu tempe yang murah meriah pun jadi. Oh, kalau teman saya kadang memasak bareng ibu kost. Dari cuma bantu masak, jadi ikut makan makanan enak. Cerdas juga!

Memilih barang elektronik yang murah
Walaupun anak kost, tetap harus punya barang elektronik, dong. Ehm, meskipun murah, ya. Saya biasanya membeli barang di toko elektronik dekat kost. Harganya lumayan murah dan bisa dicicil, hehehe. Salah satu barang yang saya beli adalah TV murah. Untuk teman-teman yang di Malang, ada beberapa toko yang jual TV murah dan bergaransi di dekat alun-alun. Tapi kalau saya, sih, belinya dekat kost karena supaya bawanya tidak repot.

Cari peluang gratisan
Untuk yang satu ini memang harus muka badak alias tidak tahu malu. Tiap ada acara yang bagi-bagi makanan gratis, pasti selalu hadir. Beberapa kali saya ikut seminar kampus, ternyata diberi makan siang. Lumayan, kan? Bahkan pernah ada seminar keluar kampus yang pulangnya diberi uang saku. Hmm, kapan ya ada lagi seminar itu? 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)