Perbedaan matcha asli buatan jepang dengan buatan negara lain

Matcha Jepang

Matcha dikenal sebagai teh hijau berbentuk bubuk. Jenis matcha Jepang memiliki kualitas berbeda dari yang pada umumnya ditemui di pasaran karena kualitasnya. Matcha sendiri merupakan teh hijau Jepang yang premium. Teh ini secara tradisional dipakai sebagai upacara tradisional minum teh. Warna tehnya  lebih hijau karena dilah dengan cara budidaya double shading yang membuat the hijau ini tinggi akan kandungan klorofil. 

Matcha dari Jepang dalam proses pengolahannya tidak memerlukan banyak jumlahnya Pakai sedikit saja sudah cukup yaitu sekitar 4 gr. Berbeda dengan matcha buatan negara Cina yang hanya memerlukan 8 gram untuk membuat makanan atau minuman. Untuk pengolahan matcha Jepang, Ratna sempat menunjukkan caranya.

Lain halnya apabila Anda mencoba teh hijau dari Jepang. Rasanya memang sangat pahit, tetapi ada sedikit rasa yang lembut. Begitu pula saat anda mencoba teh hijau asal negara Inggris, yang rasa pahitnya yang jelas tidak dominan.

perbedaan the tersebut berasal dari pengolahan yang berbeda juga. Teh hijau asal tanah air diolah melalui serangkaian proses fisik dan mekanisme tanpa mengalami proses oksimatis pada daun teh. 
Pada proses pengolahan teh Indonesia, daun teh yang kering hanya perlu melewati tahap panning atau sangrai. Secara umum teh ini diolah melalui proses pelayuan, penggulungan, pengeringan, pemilihan, dan di grading.

Pengolahan yang dilakukan teh hijau Jepang seperti matcha jelas jauh berbeda. Setelah dipanen, daun teh melalui tahapan pengepulan. Kemudian dikeringkan, dan penggilingan menggunakan penggilingan yang terbuat dari batu. Penggilingan dilakukan supaya tidak menghilangkan kandungan vitamin dan mineral pada the yang bermanffat untuk tubuh.

Proses ini yang dapat menciptakan rasa teh yang manis, wangi, lembut, dan tidak begitu pahit dana sepat.

Sedangkan merk teh asal Inggris yaitu Twinings sendiri memiliki lahan di negara Srilanka. Dalam pengolahan daun the itu sendiri yang sudah dibungkus kemudian disortir sesuai dengan ukuran, bentuk, dan warnanya.

Teh Inggris memiliki ukuran daun yang menentukan cara penyeduhan teh. Teh yang paling baik memiliki ukuran yang sama. Teh asal Inggris lebih asam dan tidak pahit atau sepat.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)