Wajib Tahu! Kesalahan Ini Menyebabkan Ban Mobil Mudah Pecah di Jalan

Asuransi Mobil Futuready


Risiko kecelakaan mobil di jalan raya memang tidak dapat diduga-duga. Namun setidaknya risiko tersebut dapat diminimalkan jika kita sudah memilih produk asuransi mobil terbaik. Karena asuransi akan melindungi mobil kita dari risiko kecelakaan, kerusakan, atau pencurian sesuai dengan kesepakatan pada polis. 

Selain menyiapkan asuransi mobil, kita juga harus lebih waspada dengan cara menjaga kondisi mobil secara cermat. Bagian mobil yang rentan menyebabkan kecelakaan seperti ban harus dirawat secara teratur. Kita wajib mengetahui beberapa penyebab ban mobil mudah pecah berikut ini agar bisa mengantisipasinya dengan benar : 

Ban Pernah Ditambal Sembarangan
Menambal ban mobil di tukang tambal ban pinggir jalan memang wajar. Apalagi bila ban mobil kita bocor dalam kondisi darurat. Alangkah lebih baik jika kita kembali memeriksakan kondisi ban ke bengkel resmi. Karena bengkel resmi memiliki peralatan dan standar servis yang lebih memadai. Penambalan ban yang dilakukan sembarangan hanya akan meningkatkan risiko kerusakan ban. 

Tidak Pernah Membersihkan Sela-Sela Ban
Jangan menganggap remeh bagian sela-sela ban yang jarang dibersihkan. Justru proses pembersihan sela-sela ban sangat penting untuk mencegah kerikil tajam menempel di sekitarnya. Kerikil-kerikil tajam yang dibiarkan begitu saja berisiko menimbulkan ban pecah. Oleh sebab itu, kita mesti lebih rajin membersihkan sela-sela ban. Gunakan benda-benda tumpul dalam proses pembersihan agar tidak tersangkut di permukaan ban mobil. 

Ukuran Ban Tidak Sesuai dengan Velg
Ukuran ban yang tidak sesuai dengan velg rupanya akan membebani kinerja ban ketika kita mengendarai mobil. Bagian dinding ban akan lebih mudah sobek dan pecah karena bentuknya tidak setara dengan velg yang kita gunakan. Inilah yang membuat penggunaan velg modifikasi harus dilakukan secara hati-hati. Kita wajib memastikan kalau ukuran velg pilihan kita sudah sesuasi dengan ban mobil. Sehingga tak ada kendala besar yang kita hadapi sewaktu mengendarai mobil. 

Sering Menghantam Jalanan Berlubang
Sebaiknya kita lebih cermat menghindari jalanan berlubang ketika mengendarai mobil. Karena jika mobil kita sering menghantam jalanan berlubang, ban mobil akan lebih cepat rusak. Gesekan-gesekan kasar dengan tekstur jalanan berlubang akan memperbesar risiko ban pecah. Kita mesti lebih berhati-hati memilih jalan. Karena melewati jalanan mulus akan menambah umur ban mobil kita.

Punya pengalaman dengan ban mobil yang tiba-tiba pecah saat berkendara?
Jangan sampai kita mengalaminya lagi di lain hari. Rawatlah ban mobil semaksimal mungkin untuk mendukung keselamatan berkendara setiap saat.  

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)