6 Cara Ini Efektif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestik Anak

Ada berbagai aspek yang dapat dilihat untuk mengetahui kecerdasan seorang anak. Karena setiap anak unik, maka sudah tentu ia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula halnya dalam hal kecerdasan. Ada anak yang lebih menonjol dalam kecerdasan motorik, namun adapula yang unggul dalam hal kecerdasan kinestik anak.

kecerdasan kinestik anak

Salah satu tanda bahwa seorang anak memiliki kecerdasan kinestik adalah perilakunya yang aktif. Mungkin, bagi sebagian orang yang tidak tahu, akan mengatakan bahwa anak aktif susah diatur, padahal tidak demikian adanya. Jika orang tua dapat mengarahkan dan menerapkan metode belajar yang tepat, justru akan sangat bermanfaat bagi anak. Berikut ada beberapa cara yang cukup efektif untuk meningkatkan kecerdasan kinestik anak dan tentunya bisa anda coba.

1.   Perbanyak Aktivitas Olah Fisik

Seorang anak yang aktif sudah pasti senang melakukan berbagai kegiatan, anda bisa mengajaknya serta dalam melakukan pekerjaan rumah seperti merapikan tempat tidur, menyapu dan mencuci. Jika anak bosan, anda dapat mencoba untuk melakukan olahraga bersama, melempar bola, jogging, berenang serta senam ringan adalah jenis olahraga yang biasanya digemari anak-anak.

2.   Memperkenalkan Aneka Benda Melalui Gerakan

Pada awal mula tumbuh kembang anak, dimana pengetahuannya masih sangat terbatas, orang tua perlu aktif memperkenalkan berbagai objek agar bertambah pengetahuannya. Mengenalkan aneka benda dapat dilakukan mulai dari hal-hal yang dekat dan ada disekitar, misalnya tentang anggota tubuh. Memperkenalkan sebuah objek baru kepada anak dengan kecerdasan kinestik akan lebih mudah dipahami jika diiringi dengan gerakan, bisa dengan cara menunjukkan dengan jari atau menggerakkan tangan.

3.   Mengikuti Irama Musik

Untuk seorang anak aktif yang suka mendengarkan musik, orang tua bisa mengarahkannya dengan cara menyediakan alat musik yang ia gemari atau jika ia senang menari, ajaklah sesekali si buah hati untuk mengikuti irama dan bergoyang bersama.

4.   Ajak Ke Tempat Yang Baru

Pada saat liburan atau akhir pekan, ada baiknya mengajak anak pergi ke tempat baru. Rekreasi bersama keluarga tidak hanya dapat mengusir kebosanan dan membuat segar pikiran, tetapi juga bermanfaat untuk anak dalam hal mengenalkannya pada lingkungan baru. Taman bermain, kebun binatang dan pantai merupakan pilihan tempat yang baik guna mengeksplorasi gerak fisik anak.

5.   Lakukan Permainan Edukatif

Selain 4 cara yang sudah disebutkan di atas, metode dalam mengembangkan kecerdasan kinestik anak juga dapat dilakukan sambil bermain. Permainan yang memerlukan kemampuan memperbaiki atau menyusun dan melibatkan anggota tubuh seperti susun balok, mengolah bentuk, melipat kertas adalah jenis permainan anak yang sangat baik untuk perkembangan otak dan fisik.

6.   Kembangkan Minat & Bakat

Mengapa sangat penting untuk mengetahui minat dan bakat anak sejak dini? Salah satu alasannya adalah agar orang tua dapat mengarahkannya dan memberikan metode penyaluran atas minat anak dengan tepat, agar nantinya kelak anak juga dapat berprestasi sesuai bidang yang ia sukai. Pada anak yang memiliki kecerdasan kinestik, umumnya gemar dalam bidang olahraga dan seni.

Semoga ulasan tadi bermanfaat ya…terutama untuk para orang tua yang masih dalam tahap belajar dalam mendidik anak. Salam!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)