Cara Maksimalkan Potensi Anak yang Memiliki Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan Kinestik

Setiap anak terlahir hebat dan cerdas. Meski teori kecerdasan ini bermacam – macam, namun istimewanya tetap sama. Sama halnya ketika anak kita adalah anak yang memiliki kecerdasan kinestetik. Sebagai orang tua, kita harus mendukung dan memfasilitasi anak agar kecerdasan ini bisa dikembangkan dengan baik.

Jangan menilai yang bukan – bukan apabila anak selalu aktif dan tidak bisa diam. Ketahuilah, ini adalah pertanda bahwa anak kita mempunyai kecerdasan kinestetik. Sayangnya, belum semua orang tua mengetahui akan ciri – ciri ini. Sehingga mereka lebih sering melarang anak untuk melakukan sesuatu yang disukai. Semisal menari, berenang dan kegiatan yang melibatkan motorik anak lainnya.
Berikut adalah beberapa strategi atau cara yang bisa kita terapkan pada anak dengan kecerdasan kinestetik.

Arahkan Anak Sesuai Minat dan Bakat
Anak dengan kecerdasan kinestetik biasanya mempunyai ketertarikan terhadap aktivitas yang lebih banyak melibatkan organ gerak. Untuk itu, agar aktivitas ini lebih terarah, sebaiknya kita memfasilitasi anak namun tetap mengawasinya. Misalnya ketika anak menyukai kegiatan berenang atau menari, kita bisa memasukkan anak ke klub renang atau sanggar tari.

Dukung Kreativitas Anak
Mempunyai anak dengan kecerdasan kinestetik memang menuntut kita untuk turut aktif dalam mendampingi setiap proses tumbuh kembangnya. Untuk itu, usahakan untuk mendukung anak bisa memaksimalkan daya kreativitas yang dimiliki. Berikan permainan edukatif yang di dalamnya bisa memfasilitasi anak untuk bisa mengeksplor kreativitasnya.

Jangan Larang Anak untuk Aktif
Sebagai orang tua, tak jarang kita merasa cemas saat anak terlalu aktif. Meski begitu, usahakan untuk tidak melarang anak untuk bergerak aktif. Selama gerakan yang dilakukan tidak membahayakannya, biarkan dan beri kebebasan pada anak untuk berekspresi. Sebab, semua anak dengan kecerdasan kinestetik memang sulit untuk diam, karena itulah peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa anak berada dalam pengawasan dan kontrol orangtua. Tidak perlu khawatir, karena anak akan diam dengan sendirinya saat lelah.

Temani Anak Berolahraga
Anak dengan kecerdasan kinestetik memiliki kecenderungan menyukai hal – hal yang berkaitan dengan motorik. Jadi jangan heran apabila anak kita pun sangat hobi olahraga. Wajar saja, karena dalam olahraga banyak aktivitas gerak fisik yang bisa menjadi salah satu bentuk ekspresi anak. Oleh karena itu, pastikan kita meluangkan waktu untuk menemani anak berolahraga. Terlebih ketika anak mengajak kita untuk olahraga bersama, jangan sampai kita kalah semangat dengan anak ya.

Itulah beberapa cara atau strategi yang bisa dilakukan untuk mendukung daya tumbuh kembang anak yang mempunyai kecerdasan kinestetik. Beruntunglah, karena anak dengan kecerdasan kinesretik ini biasanya mempunyai fisik yang kuat dan sehat. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan atau kecenderungan anak untuk terus bergerak dan umumnya akan diam ketika anak merasa lelah.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)