Pentingnya Pendidikan Usia Dini Bagi Anak

Pendidikan Anak Usisa Dini Menurut Para Ahli

Anak adalah harta berharga dalam sebuah keluarga. Mendidik dan membimbingnya semaksimal mungkin menjadi sebuah keharusan bagi orang tua. Perlu diketahui jika mendidik anak bukan dimulai saat anak beranjak dewasa melainkan pendidikan itu harus dimulai sejak usia dini. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk senantiasa mendidik, membimbing dan mendampingi anak dalam setiap periode pertumbuhan dan perkembangannya. 

Seperti yang diketahui, kini banyak orang tua yang menghendaki anaknya untuk mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD), langkah ini merupakan langkah tambahan yang dilakukan orang tua untuk anak – anaknya. Jika pun Anda demikian, hal tersebut sangatlah baik sebab pendidikan anak usia dini menurut para ahli memang sangat dianjurkan.

Meskipun begitu, jangan sampai Anda merasa puas dengan cukup mengantarkan anak ke sekolah lalu melihatnya masuk kelas lantas Anda merasa tugas mendidik dan membimbing anak sudah selesai. 

Peran orang tua harus tetap Anda tunaikan. 
Berbicara tentang pendidikan anak usia dini, sepertinya masih ada orang tua yang belum tahu betul tentang hal ini. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami berikan sedikit ulasan mengenai pentingnya pendidikan anak usia dini.

Melahirkan Karakteristik Pada Anak
Pendidikan anak usia dini menurut para ahli menyatakan bahwa pendidikan yang diperuntukkan anak usia dini membantu memunculkan beragam karakteristik pada anak tersebut, tentu saja tergantung usia si anak. 

Di antara karakteristik yang muncul tersebut adalah imajinasi, fantasi, pribadi yang unik, rasa ingin tahu yang besar, dominan egosentris, gold age, tingkat konsentrasi yang relatif pendek dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui karakteristik yang ada pada anak, Anda diharapkan mampu mendampingi anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang positif.

Eksplorasi Tanpa Batas
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pendidikan anak usia dini menurut para ahli dapat mendukung munculnya rasa ingin tahu yang besar pada anak. Nah karena pada usia dini tersebut anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, maka berikan kebebasan bagi anak untuk bereksplorasi terhadap hal – hal yang ada di sekitarnya. 

Selama itu baik, Anda tidak perlu membatasi apa yang anak akan lakukan. Cukup dampingi anak dan biarkan anak melakukan apa – apa saja yang disukainya. Dengan begitu seiring perkembangannya, anak akan mulai menunjukkan potensi apa yang dikuasainya.

Golden Age – Sekali Seumur Hidup
Pendidikan anak usia dini yang notabene berlangsung pada saat memasuki usia golden age ini memang harus dimanfaatkan sebaik – baiknya. Sebab setiap orang hanya akan melalui fase ini sekali seumur hidup, dengan artian masa – masa usia keemasan ini tidak akan pernah terulang kembali nantinya. 

Pada masa ini anak akan lebih mudah menerima dan menyerap segala hal positif yang diberikan pada anak secara tepat, cepat dan hebat. Jadi pastikan Anda tidak akan melewatkan momen berharga ini.

Mengetahui betapa pentingnya pendidikan untuk anak usia dini seperti yang sudah disebutkan di atas, maka diperlukan kerja sama yang baik antara orang tua, keluarga, hingga pihak pendidik atau pengajar di PAUD tempat anak bersekolah. Apabila komponen – komponen tersebut berjalan dengan baik, maka tujuan dari pendidikan anak usia dini akan bisa dicapai dengan mudah. 

1 komentar:

  1. Therefore, it is very important for you to continue to train, guide and help your child in every period of growth and development.

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)