Mengenal Jenis Startup Fintech yang Berkembang di Indonesia

Bisnis Start Up

Startup berbasis fintech (financial technology) tengah berkembang pesat di Indonesia. Sebab generasi muda terus berkreasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga banyak sekali startup yang muncul dengan kreativitas yang menarik dan mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Mungkin masih banyak dari kita yang belum terlalu familiar dengan istilah startup berbasis fintech. Padahal startup tersebut sudah akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Beberapa jenis startup fintech berikut ini merupakan startup yang populer dan siap mememnuhi kebutuhan kita :

Situs Pembanding Keuangan
Ada banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan situs pembanding keuangan. Ketika kita akan memilih kartu kredit, hendak memiliki asuransi, atau membeli sesuatu, situs pembanding keuangan akan membantu kita. Tak sekadar membantu menemukan harga termurah, kita juga akan disuguhi oleh keunggulan dan kekurangan suatu produk keuangan. Pertimbangan memilih pun bisa kita lakukan secara matang dan sesuai kebutuhan.

Layanan Pembayaran
Semua orang pasti setuju bahwa jenis startup fintech yang satu ini sangat memudahkan aktivitas kita. Membayar tagihan listrik, internet, telepon, membeli produk, atau mengurus e-money bisa dilakukan secara cepat dan praktis. Layanan pembayaran dari startup fintech di tanah air kini semakin variatif. Kita bisa memilih yang prosesnya paling praktis dan aman untuk mendukung segala aktivitas yang berhubungan dengan keuangan.

Bukan hanya untuk menyelesaikan tagihan, transfer dan kebutuhan pembayaran lainnya juga semakin mudah. Kita bisa melakukan transaksi online dalam jumlah besar tanpa harus mengkhawatirkan celah keamanan transaksi tersebut.

Startup Berbasis Peer to Peer
Startup berbasis peer to peer mungkin masih terasa asing bagi sebagian besar orang. Jenis startup yang satu ini mengusung konsep fintech lending atau peminjaman dana. Melalui sistem peer to peer ini, calon penerima pinjaman dana akan diseleksi secara ketat. Sehingga dana yang berasal dari investor bisa disalurkan kepada pihak yang tepat dan dapat dipercaya. 

Sistem peer to peer inilah yang diusung oleh Mekar.id untuk memudahkan investor sekaligus mendukung pengembangan UKM di Indonesia. Prosedur peer to peer yang praktis dan aman membuat kita tak perlu repot-repot jika ingin berinvestasi atau meminjam tambahan modal. Semua prosedur yang ditetapkan Mekar.id akan memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi atau membutuhkan tambahan modal.

Di antara ketiga jenis startup fintech tersebut, manakah yang paling familiar?
Untuk memudahkan segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan, tak ada salahnya jika kita mulai memanfaatkan beragam jasa dari startup tersebut. Aktivitas akan lancar jika kemudahan ada di genggaman tangan kita. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)