Belajar Internet Marketing, Perlu Apa Saja?

Di zaman modern seperti sekarang ini, Anda yang terjun di bidang bisnis mau tak mau harus memanfaatkan internet. Internet akan membuat Anda mampu memasarkan produk maupun jasa Anda dengan lebih efektif, membuat jangkauan Anda jauh lebih luas dibandingkan dengan menggunakan pemasaran biasa. Jika Anda hendak menjadi seorang pebisnis, maka ini adalah saatnya bagi Anda untuk belajar internet marketing.

Apa sebenarnya internet marketing itu sendiri? Pada dasarnya, definisi dari internet marketing sendiri adalah pemasaran maupun periklanan atau promosi dengan menggunakan internet sebagai media Anda, baik itu media utama maupun sampingan. Pemasaran dengan cara ini akan memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan dari bisnis Anda kepada calon konsumen via dunia maya, yang tidak terbatas dengan jarak dan juga waktu.

 
Internet Marketing


Jadi dengan kata lain, internet marketing membuat Anda bisa melakukan pemasaran selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, kepada siapa saja yang bisa mengakses pesan Anda tersebut. Jarak pun tak menjadi masalah karena siapa saja akan bisa mengaksesnya selama memiliki koneksi internet. Anda yang hendak belajar internet marketing memerlukan paling tidak hal-hal berikut ini:

1.    Website online
Anda memerlukan website online yang menjadi tempat rujukan iklan-iklan yang akan Anda sebar kan. Website ini sendiri bisa sederhana saja, berupa laman khusus yang Anda buat sendiri, bisa berupa blog, atau memanfaatkan fitur yang dimiliki media sosial.
2.    Email
Anda wajib untuk memiliki alamat email yang khusus ditujukan untuk bisnis Anda. Dengan adanya email ini, Anda akan bisa menghubungi dan dihubungi oleh kolega bisnis maupun pelanggan, sekaligus mengirimkan newsletter bagi pelanggan-pelanggan Anda.
3.    Akun media sosial
Media sosial memegang peranan penting untuk Anda melakukan promosi, membangun citra bisnis, mengumumkan produk baru dan promo, dan saling berinteraksi dengan pelanggan.
4.    Koneksi internet lancar
Anda juga wajib untuk memiliki koneksi internet yang lancar, yang akan memudahkan Anda untuk dihubungi setiap saat.

Bentuk dari internet marketing yang digunakan untuk mempromosikan bisnis adalah sebagai berikut:

1.    Iklan online
Sering juga disebut sebagai PPC (Pay-per-click) Ads. Iklan semacam ini membuat Anda bisa memasang iklan di mana saja yang menyediakan tempat, dan setiap kali ada yang mengklik iklan, Anda membayar sejumlah fee.
2.     SEO
Atau disebut Search Engine Optimization. Bentuk pemasaran ini akan membuat website Anda lebih mudah ditemukan ketika netizen menggunakan search engine.
3.    Social media marketing
Marketing dengan menggunakan media sosial, seperti yang telah disebutkan di atas, sangat efektif untuk menjangkau massa karena mudahnya akses.
4.    Mobile ads
Sekarang ini adalah zaman di mana pebisnis berfokus ke iklan-iklan online yang dilakukan via aplikasi yang bisa diunduh di ponsel.
5.    Email/newsletter
Marketing via email memberikan kesan lebih personal dan eksklusif, dan membebaskan Anda untuk melakukan kustomisasi tampilan demi memberikan kesan terbaik bagi pelanggan.
6.    Penggunaan aplikasi
Sekarang ini Anda juga bisa membuat aplikasi khusus untuk mempromosikan bisnis Anda, yang akan memudahkan pelanggan untuk membeli maupun memesan dari tempat Anda.

Anda yang ingin belajar internet marketing sebaiknya mengingat bahwa pada dasarnya, marketing untuk internet dan marketing yang konvensional adalah hal yang sama. Hanya saja medianya berbeda. Anda tetap harus bisa menjadi seorang yang persuasif untuk membujuk calon pembeli ke tempat Anda, dan menampilkan kelebihan dari bisnis Anda. Hanya saja, sekarang ini Anda lebih bebas melakukannya dengan adanya internet.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)