Tiga Bentuk Semangat Entrepreneurship Sebagai Inspirasi Pengusaha Indonesia

Sukanto Tanoto Pengusaha Indonesia

Menjadi pengusaha sukses papan atas? Siapa yang tidak menginginkannya. Dalam upaya meraih cita-cita menjadi seorang pengusaha, kuncinya adalah mau untuk terus belajar. Salah satunya, adalah mempelajari kiat-kiat yang telah dilakukan para entrepreneur yang telah berpengalaman di bidangnya. Salah satunya adalah pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto. Kisahnya dalam membangun bisnis dari nol hingga berskala internasional, dapat menjadi inspirasi pengusaha Indonesia.

1. Entrepreneurship for Survival
Hal paling penting dalam fase ini adalah mencapai tujuan yang ditetapkan di awal dan berani mengambil momentum.

Tak ada yang mudah dalam merintis usaha, namun pastikan setiap langkah yang diambil adalah upaya untuk memperbesar dan menjaga agar usaha yang telah dimulai tetap hidup. 

Mulanya Sukanto Tanoto hanya mengelola usaha kecil milik keluarganya. Ia terus menjaganya dengan baik sembari mencari peluang usaha baru. Ketika ada kesempatan untuk terjun ke bidang lain, Sukanto Tanoto berani mengambil momentum. Ia mau membuka usaha di bidang general supplier dan kontraktor meski tidak punya pengalaman sama sekali.

2. Entreprenuership for Growth
Dalam fase ini, model bisnis sudah berjalan dengan baik. Lebih penting adalah pengelolaan usaha yang baik.

Tak hanya mengambil pelajaran dari kesuksesan, Sukanto Tanoto juga belajar dari berbagai kesalahan yang diperolehnya. Ketika salah satu usahanya tidak mengalami kesuksesan, ia mencari tahu penyebabnya, lalu melakukan evaluasi. Saat usahanya telah beroperasi, ia terus berusaha meningkatkan kualitas produknya. Tujuannya adalah menjadikan produknya berbeda dengan produk lain yang beredar di pasar. Hasilnya, kini sejumlah perusahaan yang dipimpinnya berhasil menjadi pemimpin pasar di Indonesia. 

3. Entrepreneurship for New Opportunities
Jenis entrepreneurship ketiga adalah kemampuan mencari peluang usaha baru. Seorang pengusaha andal tidak akan hanya berhenti dalam satu bidang saja. Ia akan terus mencari kesempatan anyar sepanjang hidup.

Dari usaha general supplier, trader, dan kontraktor, bidang usaha Sukanto Tanoto kini menjadi sangat beragam, seperti industri kelapa sawit, pulp and paper, kayu lapis, hingga energi.

Banyak pengusaha yang kadang meragukan, bahwa kesuksesan para pengusaha besar hanya bisa diperoleh jika perusahaan telah berdiri cukup stabil sebelumnya, bukan dimulai dari nol. Nyatanya, Sukanto Tanoto yang telah mempraktikkan 3 jenis entrepreneurship berbeda sejak usia 17 tahun itu berhasil mematahkan keraguan tersebut. Kini ia justru berhasil mengembangkan bisnisnya di berbagai negara dan mempekerjakan lebih dari 50 ribu karyawan.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)