Tips Packing Untuk Traveling Agar Koper Masuk Kabin Peasawat

Trik Packing Koper Kabin Pesawat

Light packing kini sudah mulai menjadi trend di kalangan para traveler dan backpacker yang kerap bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Selain membutuhkan pesiapan singkat, barang bawaan juga lebih ringkas, utamanya juga untuk menyesuaikan peraturan beberapa maskapai penerbangan yang hanya mengizinkan penumpang membawa satu tas saja ke kabin pesawat.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan hanya membawa satu tas saja saat menggunakan pesawat terbang. Selain hemat waktu saat pemeriksaan, Anda juga tak perlu mengantri lama saat check in maupun setelah tiba di tempat tujuan. Anda akan terbebas dari antrian di conveyor belt sambil menunggu koper Anda muncul.

Terlebih lagi dengan hanya membawa satu tas saja ke dalam kabin pesawat, potensi koper hilang, tertukar dan salah tujuan bisa diminimalisasi. Apalagi banyak kasus pencurian di dalam bagasi pesawat oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Pastikan booking tiket pesawat untuk mendapatkan maskapai penerbangan terpercaya.

Berikut tips packing agar koper, backpack atau tas anda bisa lolos dan dapat dibawa ke dalam kabin pesawat terbang.

1. Pastikan ukuran koper Anda tidak lebih dari ukuran yang ditetapkan. 

Umumnya ukuran yang masih bisa ditoleransi tidak melebihi ukuran 56cm x 36cm x 23cm dengan berat tidak melebihi 7 kilogram. Urusan ukuran, biasanya penerbangan internasional paling ketat dalam hal ini. Jadi, jangan coba-coba untuk melebihi batas yang sudah ditetapkan.

2. Bawa pakaian yang dibutuhkan saja

Untuk pakaian pilih warna yang netral sehingga bisa dipadu padankan dengan warna lainnya. Gunakan zipper bag agar pakaian bisa dipadatkan ukurannya sehingga menghemat ruang. Bisa juga digulung setipis mungkin. Tidak perlu membawa terlalu banyak yang penting cukup. 

Jika memang memungkinkan gunakan pakaian dalam sekali pakai sehingga Anda tidak perlu repot mencuci dan menghabiskan ruang di dalam tas atau koper. Jika harus membawa jaket atau sweater, gunakan rangkap dengan pakaian yang dikenakan. Saat tiba di tempat tujuan Anda bisa kembali melipat dan menyimpannya kembali.

3. Tentukan perlengkapan mandi yang tepat

Salah satu alat mandi yang memungkinkan bisa dibeli di tempat tujuan tak perlu dimasukkan ke dalam koper. Cukup bawalah satu sikat gigi. Biasanya sikat gigi yang disediakan hotel tidak terlalu nyaman untuk digunakan. Jika ingin membawa sabun dan shampoo sendiri, jangan melebihi batas 1 liter untuk semua produk cairan, gel dan spray. Akan lebih baik jika Anda membeli perlangkapan mandi dalam bentuk sachetan. Lebih praktis dan mudah dibawa kemana saja.

4. Periksa kembali di rumah berat koper Anda

Jangan pernah memaksakan untuk membawa koper melebihi batas yang ditentukan. Jika dirasa masih lebih berat melebihi 7 kg, kurangi lagi barang bawaan dan siasati dengan cara lain. Anda bisa menggunakan pakaian rangkap, mengantongi benda-benda kecil. Pastikan semua barang aman dan tidak berpotensi berbahaya saat dibawa ke dalam kabin pesawat terbang.

5. Kosongkan botol air minum

Jika Anda memang membutuhkan air minum, pergunakan zipper bottle yang bisa dikempiskan. Selain menghemat tempat dan bisa dilipat, juga bisa kaitkan sebagai gantungan kunci pada tas. Pastikan isi airnya tidak melebihi 100 mililiter. 

7 komentar:

  1. Kadang pengennya bawa banyak, tapi apalah daya koper sempit, hehe

    BalasHapus
  2. Dulu mah bisa deh ke singapore 3 hari cuma bawa ransel kecil (meski pulangnya nenteng banyak buat oleh-oleh kwkwkw). Sekarang pergi sehari ajah dengan adanya Baby bisa kayak pindahan hihihi

    BalasHapus
  3. biasanya kalau pake koper sih banyak duit bro buat bayar bagasi.,
    pisahkan aja dengan ransel yg bisa di bawa kepesawat,

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)