Mengenal Lebih Dekat Tentang Industri Manufaktur

Industri Manufaktur BKPM


Mendengar istilah industri manufaktur, bagi sebagian orang mungkin masih terasa asing atau bahkan belum memahami apa arti istilah tersebut termasuk admin blog miftahfarid.com ini sendiri yang jujur masih kurang familiar dengan sebutan kata manufaktur. 

Untuk membantu anda dalam memahami tentang ini, maka kami berikan sedikit ulasan mengenai hal-hal pokok dan penting terkait industri manufaktur silahkan simak artikelnya dibawah ini.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Industri Manufaktur?
Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan industri manufaktur. Terdiri dari dua kata yaitu industri yang berarti kelompok perusahaan penghasil barang atau jasa serta manufaktur yang memiliki arti sebagai membuat sesuatu dengan bantuan tangan maupun mesin sehingga menghasilkan produk.

Apa Dampak Positif Dari Industri Manufaktur?
Orang-orang yang tidak terkait langsung dengan industri manufaktur, mungkin tidak terlalu merasakan dampak positifnya. Namun, jika dilihat secara luas, keberadaan industri manufaktur dapat memberikan sumbangsih yang cukup besar terhadap pembangunan dan perkembangan suatu negara, termasuk Indonesia sendiri yang saat ini kian giat mengembangkan sektor industri.

Beberapa dampak positif yang bisa diperoleh dari industri manufaktur adalah tersedianya lapangan pekerjaan sehingga mengurangi angka pengangguran, meningkatnya nilai suatu barang dari bahan yang diproduksi serta terbukanya lahan untuk penanaman modal/investasi.

Bagaimana Perkembangan Industri Manufaktur Di Indonesia?
Sejak zaman dulu, tepatnya awal kemerdekaan Indonesia, negara ini telah merintis industrialisasi secara perlahan namun pasti. Hal ini terlihat dari dibangunnya pabrik-pabrik pengolahan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. 

Dari tahun ke tahun, dunia industri semakin berkembang hingga pada era Soeharto, Indonesia mampu memproduksi pesawat sendiri yaitu N250. Sejak saat itu, geliat industri semakin terasa karena banyaknya industri manufaktur yang berdiri.

Jenis Industri Manufaktur Yang Cukup Pesat Perkembangannya?
Dari beberapa jenis industri manufaktur yang ada, beberapa diantaranya mengalami perkembangan yang cukup pesat terutama pada zaman sekarang, meski tidak dapat dipungkiri adapula sebagian industri yang mengalami kemunduran. Contoh industri manufaktur yang cukup pesat perkembangannya adalah industri tekstil, pertambangan, pangan dan pengolahan berbagai perabot rumah tangga.

Semoga ulasan singkat ini dapat menambah wawasan anda khususnya dalam bidang ekonomi terkait industri manufaktur di negara Indonesia. 

1 komentar:

Silahkan Berkomentar :)